Pilih Siapa?

321 14 11
                                    

"Aii senangnya dalam hati, kalau beristri dua. Seperti dunia, ane yang punya. Kepada istri tua, kanda sayang padamu. Oh kepada isteri muda i say i love you. Istri tua merajuk, balik ke rumah istri muda. Kalau dua-dua merajuk, ane kawin tiga."

Suara lagu mengalun merdu dari bibir seorang lelaki yang sedang asyik rebahan di kamarnya. Lelaki itu, Gue!

"Bujang, bagun! Udah siang enih. Molor aje kerjaannya."

Terdengar suara teriakan dari dapur. Gue mengucap istigfar dan segera bangun. Bisa gawat kalau sampai nada alarm ini berbunyi.

"Iye, Mak."

Gue berlari menuju dapur. Baru juga mau rebahan, udah dipanggil aje.

"Lu anak laki males banget, sih. Jam segini belum bangun juga. Bantuin emak kek dari tadi. Malah nyanyi-nyanyi."

"Ya namanya juga anak muda, Mak. Pengen nyantai dikit. Napa, sih? Emak sirik dah."

"Lu bantuin Emak dulu. Ini lagi rempong bener."

"Bantuin apaan?"

"Marut kelapa, noh. Ada empat biji."

Eh buset, banyak amat. Ini Emak mau masak apa sebenarnya?

"Buat apaan dah?"

"Emak mau bikin rendang. Pan lu suka. Lu lahap bener makannya kalau emak masak itu. Tapi entar pas pulang kerja aja lu baru makannya. Pagi ini sarapan telor ceplok aje sama kecap."

Hah, Rendang? Asyik kesukaan gue banget, nih!

"Beli jengkol berapa kilo, Mak?"

"Tiga kilo. Biar lu puas makannye. Biar kate emak kagak beli gincu juga demi perut lu, Emak rela."

Ya Allah, kalau udah begini gue jadi terharu banget. Emak gue emang cerewet, bawelnya gak ketulungan. Tapi hati Emak baek. Masakannya juga enak. Gue rela dengerin emak ngomel tiap hari. Asalkan pas bangun tidur udah ada makanan di meja.

"Ih, Emak emang baek sedunia."

"Udah, lu gak usah ngegombalin Emak sendiri. Mending lu gombalin ntu cewek-cewek di tempat lu kerja. Kali aje dapet jodoh. Emak udah bosen ngurusin elu."

"Emak tega bener. Udah gak sayang lagi apa ama anaknya?"

"Yaudah cepetan sana. Udah siang. Entar lu telat kerja."

"Iye."

Gue ambil parutan sama baskom. Tangan gue yang mulus ini rela jadi korban tajamnya ntu parutan. Demi makanan kesukaan gue, rendang jengkol.

Emak pun berlalu, pergi ke belakang rumah. Entah apa lagi yang mau dia kerjain. Emak gue emang gak bisa diem orangnya. Selain mulutnya yang super aktif, tenaganya juga.

Pas gue tanya, Emak cuma bilang: mending emak bawa kerja, daripada kepikiran almarhum Bapak lu terus. Lah, kalau udah begini pan gue jadi ikutan sedih.

Eh, dari tadi gue cerita tapi belum ngenalin diri. Nama gue Bujang. Gue cowok paling cakep dan idaman para cewek di kampung. Yang tadi ntu, yang teriak-teriak suaranya kenceng banget ngalahin suara sound system dangdutan. Itu Emak gue tersayang.

* * *

"Aii senangnya dalam hati, kalau beristri dua. Seperti dunia, ane yang punya. Kepada istri tua, kanda sayang padamu. Oh kepada isteri muda i say i love you. Istri tua merajuk, balik ke rumah istri muda. Kalau dua-dua merajuk, ane kawin tiga."

Sambil bersiul-siul gue nyanyi. Emang gue suka banget lagu ini. Siapa juga yang bakalan gak suka. Punya bini dua cuy. Punya bini satu aja udah seneng banget. Apalagi dua. Ya, gak?

Short StoriesTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang