Aku pernah baca buku, judulnya The Power of Spirituality karya Dr. Faqih Syarif,H., M.Si beliau seorang motivator spiritual nasional sekaligus seorang dosen.
Pada suatu bab dalam bukunya, dia memaparkan tentang tubuh manusia yang merupakan sebuah karya cipta yang luar biasa.
Mulai dari mata, setiap mata manusia itu mengandung 130 juta penerima cahaya yang dapat menerima paling sedikit lima foton per detik. Mata juga dapat mendeteksi lebih dari 10 juta warna yang berbeda secara instan. Cern laboratory di Switzerland memperkirakan diperlukan alat senilai US $68.000.000 untuk membuat duplikat satu mata. Keren.
Manusia juga memiliki jantung yang berdetak 100 ribu kali sehari secara otomatis dan memompa 1.500 galon darah setiap harinya melalui pembuluh darah, jika diurutkan dari ujung awal hingga ujung akhir panjangnya cukup untuk mengelilingi bumi pada garis ekuator sebanyak dua kali.
Sementara itu, darah yang mengalir di seluruh tubuh manusia mengandung 22 triliun sel darah dan setiap sel darah terdapat jutaan molekul, dan di dalam setiap molekul terdapat sebuah atom yang bergerak harmonik secara periodik (berosilasi) dengan kecepatan 10 juta kali per detik.
Begitu juga di setiap telinga manusia. Di dalamnya terkandung 24.000 serabut yang mampu mendeteksi getaran molekul udara dalam kisaran yang sangat besar dan perbedaan yang sangat samar.
Sistem penciuman kita juga ga kalah hebat karena dapat mengenali bau kimiawi suatu benda dalam satu per triliun bagian udara. Setidaknya, terdapat 500.000 sensor peraba dan 500.000 sensor temperatur di seluruh tubuh kita.
Lalu mulut kita, yang merupakan laboratorium kimia tercanggih yang pernah ada. Dengan mengombinasikan sensasi rasa manis, asin, asam, dan pahit, serta mulut dapat membedakan miliaran rasa yang berbeda.
Kita juga memiliki otot, yang apabila semuanya bekerja secara bersama-sama, akan memiliki kekuatan daya tarik setara dengan 25 ton. Untuk memberdayakan gerakan, daya gerak, kepekaan lingkungan tubuh, kita memiliki 200 tulang dengan arsitektur yang rumit, 500 otot yang terkoordinasi dan 10 kilometer serabut saraf.
Selain itu, kita memiliki otak dengan 100 miliar sel aktif yang saling membentuk koneksi belajar dengan kecepatan 3 miliar koneksi per detik. Artinya, dalam satu detik otak kita mampu membuat koneksi lebih banyak dari pada koneksi yang dibuat oleh pengguna internet di seluruh dunia dalam 3 hari.
Uniknya lagi, otak hanya membutuhkan daya listrik setara dengan yang dibutuhkan untuk menyalakan lampu 10 watt.
Riset semakin menunjukan bahwa kreativitas dan ingatan adalah tanpa batas. Subhaanallah, masih pantas ga kita buat alasan untuk mengatakan bahwa kita ini tidak luar biasa?
Allah SWT juga berfirman:
"Sesungguhnya kami telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya."
(QS. At-Tiin [95]: 4)Jadi kita itu harus bersyukur terlahir dengan sempurna dan jangan lupa jaga kesehatan yaa!
~~~
Rabu, 12 Februari 2020
9.17 PM
KAMU SEDANG MEMBACA
KESEHATAN
Non-FictionMemuat berbagai informasi tentang kesehatan yang dibalut dengan pengetahuan, fakta unik, dan wawasan terkait ilmu medis.