Kenapa makan pelan bikin cepat kenyang?Secara singkat, makan pelan dapat meningkatkan hormon antilapar. Pasalnya, otak jadi mempunyai waktu untuk menerima serangkaian sinyal dari hormon. Hormon ini termasuk kolesitokinin yang dikeluarkan oleh usus untuk merespons makanan dalam usus dan hormon leptin yang memperkuat sinyal rasa kenyang.
Kenapa pria juga mempunyai payudara dan puting?
Penyebabnya sedikit mengejutkan. Semua janin manusia pada awalnya mempunyai kecenderungan menjadi perempuan.
Penentuan jenis kelamin baru terjadi pada minggu keenam. Saat itu, perlengkapan biologis seperti penis dan testis serta ovarium dan vagina terbentuk.
Akan tetapi, puting dan payudara sudah berkembang sebelum organ kelamin terbentuk. Akibatnya, entah perempuan atau laki-laki, semua mempunyai puting.
Kenapa bulu manusia tak selebat kera?
Hingga kini, para ahli masih kebingungan untuk menjelaskan mengapa manusia modern (Homo sapiens) tidak ditumbuhi bulu di seluruh tubuhnya, seperti Homo erectus.
Sebuah studi yang dipublikasikan dalam jurnal Cell Biology memberi petunjuk bahwa hal itu disebabkan oleh protein Dickkopf 2 atau Dkk2.
Kelebihan protein itu membuat bulu tumbuh di sekujur tubuh, seperti pada beruang kutub, sedangkan kekurangannya mengakibatkan bulu tumbuh pada bagian terbatas.
Wah ga kebayang aja yak wkwk
Kenapa kekenyangan bikin mengantuk?
Fenomena mengantuk setelah makan dikenal secara medis sebagai postprandial somnolen. Hal ini terjadi karena proses penyerapan zat gizi makanan oleh tubuh.
Sebagian besar zat memang diolah menjadi energi yang dipakai otot untuk bergerak, tetapi sisanya dipakai tubuh untuk memproduksi dan mengatur berbagai hormon.
Hormon yang diproduksi adalah kolesistokinin dan glukagon yang memicu rasa kenyang serta serotonin dan melatonin yang merangsang kantuk. Jadilah kita kenyang dan mengantuk setelah makan.
Kenapa tubuh merinding saat pipis?
Ada dua macam penjelasan.
Pertama, saat kita pipis, urine yang relatif hangat keluar dari tubuh sehingga suhu tubuh menurun. Perubahan suhu ini yang membuat kita merinding sebagai upaya tubuh untuk kembali hangat.
Kedua, terkait sistem saraf. Saat otak memerintahkan tubuh mengosongkan kandung kemih, tubuh pun otomatis menurunkan tekanan darah. Penurunan ini memicu pelepasan hormon katekolamin yang membuat tubuh merinding.
Kenapa menahan BAB bikin keringat dingin?
Menahan buang air besar (BAB) ibarat mendorong mobil yang sedang mogok. Keduanya sama-sama butuh tenaga ekstra.
Saat menahan BAB, saraf vagus yang membentang pada organ-organ perut dan pencernaan berkontraksi untuk menahan feses. Jika terlalu lama bekerja, saraf vagus ini bisa merangsang keluarnya keringat yang membuat tubuh jadi menggigil.
Kenapa jari bisa bunyi “kretek” kalau ditarik?
Bunyi “kretek” disebabkan oleh adanya perubahan pada sendi otot jari. Saat kondisi normal, permukaan sendi otot metakarpal-falanges padat. Namun, saat jari ditarik dengan kuat, permukaan sendi ini bisa mengembang dan tekanan pada cairan sendi meningkat. Proses ini mengakibatkan retakan atau ruang udara kecil pada sendi yang kerap disebut “gelembung”.
Para ahli masih belum bisa memutuskan apakah bunyi “kretek” terjadi ketika gelembung terbentuk atau malah ketika gelembung pecah. Namun, yang pasti diketahui adalah bunyi tersebut terjadi karena adanya gelembung dalam cairan sendi.
Kenapa kuku tangan lebih cepat tumbuh daripada kuku kaki?
Kuku tangan tumbuh tiga kali lebih cepat dibandingkan kuku kaki. Hal ini mungkin terjadi karena jari-jari tangan lebih sering digunakan sehingga pertumbuhannya pun terpicu menjadi lebih cepat.
Namun, ada pendapat lain yang menyebutkan bahwa alasannya adalah jarak kuku tangan ke jantung yang lebih dekat daripada kuku kaki ke jantung. Sirkulasi darah yang lebih cepat di tangan membuat pertumbuhan kuku juga lebih cepat.
Sumber: https://vik.kompas.com/misteri-tubuh-manusia-vol-1/
-
Semoga bermanfaat:)
22.03.2020
11.27 AM
KAMU SEDANG MEMBACA
KESEHATAN
No FicciónMemuat berbagai informasi tentang kesehatan yang dibalut dengan pengetahuan, fakta unik, dan wawasan terkait ilmu medis.