Kenapa kita sering ingat wajah tetapi lupa nama?
Jadi otak mempunyai daerah yang bertugas untuk mengenali wajah, yakni fusiform face area. Namun, otak tidak memiliki bagian khusus yang bertugas untuk mengingat nama.
Otak memang memiliki bagian untuk mengingat kata-kata, tetapi nama bukan kata-kata yang digunakan untuk menyusun kalimat. Alhasil, kita lebih sering mengingat wajah, tetapi melupakan nama.
Aku sering nih inget wajah tapi lupa nama wkwk
Bagaimana cara otak mengingat nomor telepon?
Pertanyaan sederhana ini ternyata belum ada jawaban pastinya. Ilmuwan mengetahui bahwa nomor telepon disimpan dalam memori kerja otak, tetapi belum mengetahui persis mekanismenya.
Ada yang bilang bahwa informasi disimpan selama neuron terus-menerus menembak, dan menghilang ketika neuron berhenti menembak.
Namun, ada juga yang bilang, neuron menembak secara singkat dan terkoordinasi untuk mengingat informasi, sambil berkomunikasi dengan jaringan yang terlibat dalam memori jangka panjang.
Hayo ngaku lebih inget mana nomor ortu atau nomor doi?
Kenapa ada orang yang hilang ingatan setelah mabuk alkohol?
Kondisi hilang ingatan atau blackout biasanya terjadi ketika kadar alkohol dalam darah mencapai lebih dari 14 persen. Kadar alkohol yang tinggi mengganggu pengaturan ingatan jangka panjang dan pendek dalam otak. Akibatnya, kamu tidak bisa memasukkan hal-hal baru ke dalam ingatan. Otak baru kembali bekerja normal ketika efek alkohol menghilang dan Anda sadar.
Kenapa kulit menjadi keriput saat tua?
Ketika kita menua, massa otot dan ketebalan kulit menurun. Lapisan epidermis dan stratum corneum (bagian kulit paling luar) mengalami dehidrasi. Plus, kolagen menurun.
Kombinasi ketiganya menyebabkan munculnya keriput. Kulit keriput bisa kasar ataupun halus. Kasar biasa terjadi pada dahi dan sudut mata, sedangkan halus pada bagian atas bibir.
Ini normal ya, coba kalau masih muda udah keriputan, pasti ada yang salah nih hehe.
Kenapa kita cegukan?
Hal ini ada hubungannya dengan mekanisme diafragma ketika kita bernapas.
Diafragma tertarik ke bawah agar udara bisa masuk ke paru-paru dan kembali rileks sehingga udara bisa keluar dari paru-paru. Nah, saat kita cegukan, diafragma kejang dan memaksa laring yang berisi pita suara untuk berkontraksi. Ketika pita suara tertutup, muncullah bunyi "hik" yang khas.
Benarkah kelelahan bikin ngiler saat tidur?
Pertama, harus ditegaskan bahwa ngiler saat tidur adalah sesuatu yang wajar. Sekadar memasuki tahap REM saat tidur saja bisa membuat otot-otot tubuh rileks, termasuk di area mulut. Nah, ketika air liur yang terus-menerus diproduksi tidak bisa lagi ditampung oleh mulut, yang terjadi adalah ngiler.
Itulah sebabnya ngiler tidak melulu disebabkan oleh kelelahan, meskipun orang yang kelelahan memang lebih sering mengalaminya karena membuka mulut saat tidur bisa jadi pertanda kamu sedang butuh lebih banyak oksigen.
Hayo siapa yang tidurnya sering ileran? Wkwk
Kenapa kaki dan tangan bisa kesemutan?
Kesemutan terjadi ketika tangan atau kaki mendapat tekanan cukup lama. Saat tangan atau kaki mendapat tekanan, sarafnya terjepit dan otak kekurangan informasi dari bagian saraf itu.
Tekanan terlalu lama juga mengimpit pembuluh darah yang menyokong kerja saraf. Akibatnya, pesan sensorik saraf menjadi terblokir dan tubuh yang mengalami tekanan jadi "mati rasa".
Jadi tangan sama kakinya jangan dipaksa kerja terus ya, dikasih istirahat juga, biar dia ga kesemutan.
Sumber: https://vik.kompas.com/misteri-tubuh-manusia-vol-1/
-
Jaga kesehatan;)
Semoga bermanfaat:)
22.03.2020
11.11 AM
KAMU SEDANG MEMBACA
KESEHATAN
Non-FictionMemuat berbagai informasi tentang kesehatan yang dibalut dengan pengetahuan, fakta unik, dan wawasan terkait ilmu medis.