Misteri Tubuh Manusia vol.3

925 77 19
                                    

Kenapa makan pedas bikin hidung meler?

Meler karena makan pedas merupakan bentuk perlindungan tubuh. Makanan pedas yang masuk ke dalam merangsang mulut, tenggorokan, perut, dan usus untuk mengeluarkan lendir.

Lendir ini digunakan oleh tubuh untuk membersihkan bagian kotor yang dianggap asing. Sayangnya, kebanyakan lendir bisa membuat hidung meler, bahkan diare.

Kenapa sisi kiri wajah lebih bagus buat selfie?

Rupanya ini berkaitan dengan persepsi. Ada fenomena bernama “left-side bias” atau bias sisi kiri, berkaitan dengan cara otak memproses emosi. 

Sisi kiri wajah dikendalikan otak bagian kanan yang bertanggung jawab pada emosi seseorang. Saat melihat sisi kiri wajah, manusia cenderung menggunakan emosinya, merasa sisi itu lebih baik.

Kenapa menguap bisa menular?

Kecenderungan kita meniru untuk menguap ini berkaitan dengan aktivitas di bagian otak yang bertanggung jawab atas fungsi motorik.

Semakin banyak aktivitas di daerah tersebut, maka kecenderungan seseorang untuk ikut menguap semakin meningkat.

Namun, jangan sengaja menolak untuk menguap. Sebab, studi menemukan bahwa itu malah akan memperkuat dorongan untuk menguap.

Kenapa kotoran telinga bentuknya berbeda-beda?

Kering atau basah? Kotoran telinga tergantung pada gen ABCC11 dan bisa menandakan kampung halaman pemiliknya.

Kotoran telinga basah biasanya dimiliki oleh orang kulit putih dan Afrika, sedangkan kotoran telinga kering dan bersepih biasanya dimiliki oleh orang Asia Timur.

Bagaimana dengan Indonesia? Seperti kalangan etnis Kepulauan Pasifik, Asia Tengah, Asia Kecil, dan suku asli Amerika serta Inuit, orang Indonesia mempunyai kotoran telinga antara kering dan basah.

Kenapa ada orang yang mempunyai lesung pipi?

Banyak orang menganggap lesung pipi sebagai kelebihan, tetapi tahukah Anda bahwa fitur ini muncul karena adanya kelainan wajah?

Lesung pipi bisa disebabkan oleh otot wajah bernama zygomaticus major yang terbelah dua dan berukuran lebih pendek dibanding otot normal. Kondisi ini membuat kulit wajah menjadi tertarik ketika orang yang memilikinya tersenyum atau berbicara.

Selain itu, lesung pipi juga bisa disebabkan oleh timbunan lemak yang berlebih. Namun, lesung pipi jenis ini bersifat sementara saja dan bisa hilang ketika lemak di pipi luruh.

Kenapa kita menutup mata saat bersin?

Bersin dengan mata terbuka memang tidak mustahil, tetapi dibutuhkan upaya besar untuk menghentikan refleks ini. Sebab, bersin membuat otak memerintahkan banyak otot berkontraksi sekaligus, termasuk otot kelopak mata.

Menurut ahli, refleks ini terjadi karena bersin melontarkan banyak partikel halus atau materi asing yang bisa membuat mata iritasi atau alergi. Dengan menutup kelopak mata, kemungkinan partikel untuk masuk dan menyentuh bola mata pun menjadi lebih kecil.

Kenapa kita tertawa saat geli?

Sebenarnya, geli adalah upaya pertahanan tubuh. Saat tertawa geli, hipotalamus atau bagian otak yang mengatur respons terhadap antisipasi rasa sakit menjadi aktif.

Itulah sebabnya kita tidak tertawa geli ketika menggelitik diri sendiri, tetapi sentuhan ringan dari orang lain yang tidak diduga membuat kita meliuk-liuk geli.

Kenapa payudara manusia perempuan besar permanen?

Lebih dari 5.000 mamalia di Bumi ini mempunyai payudara, tetapi hanya manusia perempuan yang payudaranya besar permanen, bahkan saat tidak menyusui. Hal ini berhubungan dengan evolusi.

Ketika nenek moyang kita mulai berjalan tegak, organ seksual tidak lagi jelas terlihat dan membingungkan lawan jenisnya.

Pada primata, kematangan seksual ditandai dengan pantat yang membesar. Nah, pada manusia, peran pantat ini digantikan dengan payudara yang besar permanen.

Sumber: https://vik.kompas.com/misteri-tubuh-manusia-vol-1/

-

Semoga bermanfaat:')

Semoga bermanfaat:')

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.

24.03.2020
14.55

KESEHATANTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang