Makan Atau Mandi Dulu?

1.1K 85 20
                                    

Kata orang, mandi setelah makan berbahaya bagi tubuh karena bisa menghambat saluran pencernaan. Bukannya ini adalah hal yang rutin dilakukan oleh banyak orang? So, ayo kita bahas! Cekidot

Beberapa orang terbiasa langsung mandi setelah bangun tidur di pagi hari karena membuat tubuh terasa lebih segar. Di sisi lain, ga sedikit pula yang lebih memilih untuk sarapan terlebih dahulu agar tubuh memiliki energi untuk beraktivitas. Meski keduanya sama-sama bermanfaat, mana yang lebih baik dilakukan saat bangun pagi, makan pagi atau mandi terlebih dulu?

Sarapan adalah bagian terpenting dari rutinitas pagi, sebab dari sinilah kita memperoleh energi optimal untuk menjalani aktivitas sehari-hari. Tak hanya itu, sarapan juga dapat mengisi kembali cadangan energi yang terpakai saat tidur.

Sarapan secara rutin bahkan memberikan manfaat yang lebih banyak lagi. Di antaranya meningkatkan level energi, meningkatkan penyerapan nutrisi, menjaga kadar gula darah, dan mencegah kita makan lebih banyak pada sisa hari tersebut.

Tanpa sarapan, tubuh kita berganti mode untuk menghemat energi. Proses ini turut menurunkan kinerja otak dan dapat memengaruhi performa kerja. Sarapan dapat meningkatkan konsentrasi, perhatian, daya ingat, dan kecerdasan secara keseluruhan.

Jika merasa bingung harus memilih makan atau mandi dulu setelah bangun tidur, coba pahami kembali kebutuhan tubuh kita. Bagi orang-orang yang dengan kegiatan yang banyak menghabiskan energi, makan pagi terlebih dulu mungkin menjadi pilihan yang tepat.

Kendati demikian, perhatikan kapan kita sarapan. Waktu ideal untuk sarapan adalah satu jam setelah bangun tidur. Lewat dari batas tersebut, kemungkinan untuk makan berlebihan sepanjang sisa hari tersebut menjadi lebih besar.

Pastikan pula kita memilih makanan bergizi seimbang yang mengandung karbohidrat, protein, dan lemak sehat. Hindari mengonsumsi makanan yang telah melalui proses pengolahan atau tinggi gula seperti pastry, sereal manis, dan donat.

Lalu, apa boleh kalau mandi setelah bangun tidur?

Kalau masih bingung memilih antara mandi atau makan dulu, coba pertimbangkan fakta unik yang satu ini. Selain membersihkan kotoran dan keringat pada tubuh, mandi ternyata akan memberikan informasi pada otak untuk segera memulai hari.

Otak mengatur jam biologis kita. Jika kita terbiasa mandi pada pagi hari, otak akan mengartikan ini sebagai tanda bahwa pagi hari telah tiba. Otak menjadi lebih sigap, begitupun dengan seluruh tubuh dan indra kita.

Inilah sebabnya banyak orang merasa segar setelah mandi pagi. Saat dihadapkan pada pilihan untuk makan atau mandi dulu setelah bangun tidur, orang-orang memilih mandi karena efek menyegarkan yang ditimbulkan lebih besar dibandingkan makan.

Akan tetapi, kita juga perlu cermat mengatur suhu air. Alih-alih memberikan rasa segar, mandi dengan air hangat justru membuat tubuh menjadi rileks sehingga bisa kembali mengantuk. Agar tubuh tetap segar, cobalah untuk membilas tubuh dengan air suam-suam kuku setelah mandi air hangat.

Kita juga perlu mengetahui waktu yang tepat jika ingin memulai rutinitas pagi dengan mandi. Jangan langsung beranjak untuk mandi begitu membuka mata pada pagi hari. Bangun secara mendadak bisa menyebabkan kondisi yang disebut hipotensi ortostatik.

Hipotensi ortostatik adalah tekanan darah rendah yang dipicu oleh perubahan posisi tubuh secara tiba-tiba, misalnya dari berbaring menjadi berdiri. Kondisi ini dapat mengakibatkan sakit kepala, stroke, dan kematian pada kasus yang parah.

Apakah benar mandi setelah makan berbahaya?

Mandi adalah salah satu aktivitas rutin sehari-hari, yang berhubungan langsung dengan kondisi fisik luar tubuh. Mandi itu sendiri pun tidak memiliki efek samping atau komplikasi yang membahayakan diri kita. Di sisi lain, makan merupakan aktivitas harian yang terutama berhubungan langsung dengan fungsi organ-organ dalam tubuh.

Itu sebabnya, mandi dan makan tidak saling berhubungan. Makanan yang kita makan akan masuk ke saluran pencernaan, sedangkan mandi hanya membersihkan kulit tubuh dari kotoran dan membuat kamu merasa lebih segar. Jadi mitos mandi setelah makan berbahaya tidak perlu lagi kita percayai dan khawatirkan dampaknya. Mandi setelah makan tidak membahayakan tubuh dalam cara apapun.

Makan atau mandi dulu, pilihannya tergantung rutinitas dan kebutuhan kita. Makan akan memberikan energi bagi tubuh, sedangkan mandi akan menyegarkan tubuh dan pikiran sehingga kita lebih bersemangat menjalani aktivitas.

Bagaimana dengan berenang? Bolehkah langsung berenang setelah makan?

Begitupun dengan halnya larangan berenang setelah makan yang hanya berdasarkan mitos belaka. Boleh saja berenang setelah makan. Tapi memang, melakukan aktivitas fisik yang menguras tenaga setelah makan, seperti berenang atau lari, dapat membuat perut kram yang mungkin berbahaya bila kita jadi tenggelam.

Perut bisa kram selama berenang karena segera setelah makan, sebagian aliran darah akan terfokus ke organ-organ pencernaan. Sedangkan ketika kita berlari atau berenang, otot-otot kita pun butuh peningkatan aliran darah. Kompetisi antara kedua sistem tubuh inilah yang bisa membuat kram, bukan karena tubuh terkena air setelah makan, baik saat mandi maupun berenang. Tapi kram saat berenang merupakan hal umum yang dapat dengan mudah dicegah dan ditangani sebelum terlambat.

Hal-hal yang tidak boleh dilakukan setelah makan

Ada banyak hal yang orang lain katakan kepada kita apa yang harus kita lakukan dan tidak boleh dilakukan setelah kita makan. Memang ada beberapa hal yang benar, tetapi ada juga yang salah. Berikut adalah beberapa hal yang tidak boleh kita lakukan setelah kita makan.

1. Langsung pergi tidur

Banyak orang yang makan larut malam dan langsung pergi tidur setelahnya. Ini dapat mengakibatkan makanan yang masih dicerna di lambung untuk naik lagi ke kerongkongan. Terutama bagi mereka yang asam lambungnya sering naik, tidur pun menjadi tidak nyaman karena kita merasa dada dan perut kita seperti terbakar.

2. Merokok setelah makan

Mungkin terasa sangat ideal untuk merokok setelah kita makan. Merokok itu sendiri sudah tidak baik untuk kesehatan. Namun efek buruknya bisa berlipat ganda terlebih jika kita mengidap gastritis, kolitis, dan irritable bowel syndrome.

__________________________________

Sumber: https://hellosehat.com/hidup-sehat/fakta-unik/mitos-mandi-setelah-makan-berbahaya/
__________________________________

Semoga bermanfaat;)
__________________________________

Ga kerasa puasa tinggal beberapa hari lagi, semangat ya!
__________________________________

Ga kerasa puasa tinggal beberapa hari lagi, semangat ya!__________________________________

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.

21.05.2020
08.43

KESEHATANTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang