Penyebab Gigi Susu Belum Tanggal Saat Dewasa dan Cara Menanganinya

253 14 6
                                    

Penyebab Gigi Susu Belum Tanggal Saat Dewasa dan Cara Menanganinya

Pada sebagian orang, gigi susu belum tanggal meski sudah dewasa. Padahal, gigi susu umumnya tanggal dan digantikan dengan gigi permanen di usia 6 atau 7 tahun. Ketahui apa saja penyebabnya dan bagaimana cara menanganinya.

Kondisi gigi susu yang tidak kunjung tanggal hingga usia dewasa dikenal dengan istilah persistensi gigi sulung. Pada umumnya, persistensi gigi sulung lebih sering terjadi pada gigi taring, gigi geraham kedua, dan gigi seri samping.

Penyebab Gigi Susu Belum Tanggal Saat Dewasa

Penyebab utama persistensi gigi sulung adalah tidak adanya gigi permanenkan atau gigi tetap yang akan menggantikan gigi susu. Kondisi ini merupakan kelainan genetik pada gigi yang disebut dengan hipodonsia.

Selain karena tidak adanya gigi permanen, ada sejumlah faktor lain yang membuat gigi susu menetap di rahang, antara lain:

- Ankilosis atau kondisi menempelnya akar gigi dengan tulang penyangga

- Hiperodonsia atau jumlah gigi susu berlebih

- Impaksi gigi atau kondisi gigi permanen tidak dapat tumbuh dengan sempurna

- Peradangan gusi

- Trauma dan infeksi mulut

Tak hanya itu, persistensi gigi sulung juga bisa terjadi akibat gangguan pada kelenjar endokrin, misalnya pada kondisi hipotiroid atau menurunnya produksi hormon tiroid, sehingga pertumbuhan gigi permanen pun menjadi terlambat.

Cara Menangani Gigi Susu Belum Tanggal Saat Dewasa

Untuk menangani gigi susu yang tidak kunjung tanggal, dibutuhkan pemeriksaan terlebih dahulu oleh dokter gigi. Pemeriksaan ini bertujuan untuk menentukan diagnosis, penyebab, dan rencana penanganan yang tepat sesuai dengan kondisi persistensi gigi sulung yang dialami pasien.

Berikut ini adalah beberapa tindakan penanganan terhadap gigi susu yang tak kunjung tanggal:

1. Pemasangan crown gigi

Gigi susu yang menetap hingga usia dewasa akan terlihat lebih kecil bila dibandingkan dengan gigi permanen

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.

Gigi susu yang menetap hingga usia dewasa akan terlihat lebih kecil bila dibandingkan dengan gigi permanen. Hal ini bisa membuat penampilan dan rasa percaya diri seseorang menjadi terganggu, apalagi jika persistensi gigi sulung terjadi di gigi bagian depan.

Salah satu penanganan untuk mengatasi persistensi gigi sulung adalah pemasangan crown gigi yang bertujuan untuk melindungi dan memperbaiki tampilan gigi susu.

KESEHATANTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang