Mengapa Tulisan di Situs Ini Tidak Dilengkapi Tarjih dan Kajian Haditsnya?
Sat 13 June 2015| Hadits > Status Hadits
Pertanyaan :
Assalamu'alaykum
Afwan ust, saya sangat tertarik sekali dengan kajian fiqih yang disajikan dalam RFI ini. Namun, disebagian tulisan (tidak semua) pada setiap rubrik, ketika selesai membaca hingga akhir tulisan saya belum terpuaskan (tdk sampai "klimaks") dikarenakan 2 hal :
1. Pada setiap tulisan hanya membedah berbagai pendapat ulama madzhab dari kitab-kitab mereka masing2 tanpa mencantumkan dalil pijakan masing2 pendapat tersebut.
2. Tidak dipadukan dengan kajian hadits yang dijadikan dasar pada masing madzhab tersebut dari sisi validasi atas kuat dan lemahnya (shahih, dhoif, dll).
Saya sependapat, bahwa level kita hanya nyampe pada level "awam" yang hanya pantas untuk 'memilih' dari sekian pendapat Ulama madzhab yang ada dan tidak punya kapasitas untuk mentarjih apalagi berijtihad, tapi alangkah lebih mudahnya bagi kita untuk menimbang-nimbang dan menentukan pilihan jika kita mengetahui juga kekuatan Dalil mereka. Jazakumullah...
Wassalamu'alaykum
Jawaban :
Assalamu 'alaikum warahmatullahi wabarakatuh,
Buat sebagian orang yang terbiasa bertaqlid buta dalam masalah agama, membaca tulisan di www.rumahfiqih.com memang akan serasa ada yang kurang. Salah satunya, kenapa setelah diuraikan panjang lebar pendapat para ulama, tiba-tiba langsung selesai begitu saja, tanpa ada tarjih manakah pendapat yang benar dan mana pula pendapat yang salah.
Pertanyaan seperti yang Antum sampaikan bukan cuma satu dua kami terima. Sebagian sewot dan protes,"Kalau begini caranya, bukankah sama saja dengan seolah-olah kita meninggalkan umat 'di tengah kegelapan'?, begitu keluh kesah sebagian pembaca.
Pertanyaan semacam ini harus disikapi dengan bijak. Memang wajar dan masuk akal kalau ada kalangan yang berpikiran seperti itu. Namanya juga pertanyaan orang yang ingin menambaha wawasan, kita tanggapi dengan positif semoga ilmunya bertambah.
Dan tentu saja terdapat cukup banyak argumen masuk akal dan teramat kuat, yang akan menjawab mengapa tulisan-tulisan kami tidak mencantumkan pendapat mana yang rajih dan mana yang tidak rajih. Jawabannya sebagai berikut :
1. Bukan Untuk Pemula
Perlu diketahui bahwa kebanyakan tulisan disini memang bukan tidak diperuntukkan bagi para pemula. Buat para pemula tentu ada banyak situs fiqih yang lebih praktis dan panduan ibadah yang mudah dicerna dengan menampilkan hanya satu mazhab saja, agar tidak membingungkan. Kalau baru belajar ilmu fiqih, silahkan pilih web untuk para pemula terlebih dahulu.Yang penting jangan lantas menyalahkan pendapat lain, pakai saja untuk diri sendiri, sementara pendapat lain tinggalkan tanpa harus menyalahkan.
Sementara kajian di situs ini kebanyakan memang diperuntukkan bagi kalangan mereka yang sudah mengerti ilmu perbandingan mazhab, seperti para masyaikh, kyai, ajengan, tuan guru, ustadz, murabbi dan penceramah, malah lebih di atas mereka.
Ibaranya mobil, mobil ini bukan angkot atau mobil biasa, tetapi jenis mobil kelas tertentu. Mobil balap Formula 1 yang keren dan bisa berlari dengan kecepatan 300 km / jam ternyata malah tidak dilengkapi dengan motor stater otomatis. Kalau mau membunyikan mesinnya, perlu didorong oleh beberapa orang. Apakah mobil balap F-1 termasuk mobil jelek?
Tentu saja tidak, justru mobil itu mobil super yang hanya dipakai oleh para pembalap profesional. Harganya pun tidak masuk akal. Sebuah unit McLaren F1 pernah dijual dengan harga melebihi 3,4 juta Poundsterling atau setara Rp 53,5 miliar. Jelas mobil ini bukan untuk orang awam. Dan orang awam seperti kita memang agak kesulitan mengemudikannya.
KAMU SEDANG MEMBACA
مختصر لمادة؛ علوم الحديث | Ringkasan Pembahasan Ilmu Hadist ✓
Духовныеبِسْــــــــــــــــمِ ﷲِالرَّحْمَنِ الرَّحِيم الحمدلله وكفى، وسلام على عباده الذين اصطفى. وبعد... Alhamdulillah, segala puji hanya milik Allah SWT. Salawat dan salam kepada nabi Muhammad Saw. Untuk memudahkan mempelajari Sebuah Hadist, maka ditunt...