Hidup seseorang seperti menaiki anak tangga, setapak demi setapak kita naiki, terkadang kita capek dan berhenti beristirahat sejenak, terkadang saking enaknya beristirahat kita lupa kalo masi harus menaiki tangga tersebut. seperti halnya manusia dari kecil kita di besarkan, duduk di bangku sd, smp,sma, beberapa melanjutkan kuliah atau kerja, ada yang menjadi wirausaha, ada yang hanya jadi pegawai , terkadang kerja seadanya walau itu bukan pekerjaan sesuai keinginan kita, banyak dari kita yang takut berganti pekerjaan dan hanya tinggal di satu perusahaan selama beberapa tahun, mempunyai suatu cita-cita tapi bingung dari mana harus memulainya, bertahun-tahun menjalani kehidupan yang sama karena kita sudah terlalu nyaman dan enggan mencoba hidup yang baru.
Terkadang kita berada di "Zona Nyaman" terlalu lama hingga lupa bahwa di luar sana masih ada banyak kegiatan, yang jauh lebih bagus yang belum kita rasakan, sehari hari menjalani hidup monotone, hingga kadang lupa diri bahwa kita sudah melewati masa remaja, sudah bukan saatnya bermain-main dan menghabiskan hari dengan hal-hal yang tidak bermutu seperti nongkrong atau belanja barang yang tidak bermanfaat.
Masih memakai pakaian layaknya remaja padahal sudah lama melewati masa itu, semua orang tumbuh dewasa begitu juga barang kita, saat duduk di bangku sd kita tidak lagi membutuhkan mainan kita saat TK, begitu juga saat kuliah, apakah juga masih tetap menyimpan baju seragam putih abu- abu? hal itu hanya akan membuat kita mengenang masa lalu dan sulit untuk move on .
Waktu dulu sebelum aku mengurangi barangku, sehari hari hanya menjalani hidup tanpa arah, belanja, kuliner, mencoba makanan baru, jalan-jalan ke mall, menghabiskan sehari demi sehari seperti hari minggu, janjian besok hendak kemana, foto-foto, mencoba baju baru, memang saat belanja dan beli baju pada waktu itu menyenangkan, tapi lama-lama aku pun merasa bosan, terlebih lagi hobi ini hanya menguras tabungan, juga kamarku penuh dengan barang.
Ingatlah bahwa setiap orang menjalani perubahan dalam hidup, misalnya kita mempunyai kakak atau adik, atau teman baik , yang mana sehari-hari kemana-mana selalu bersama, makan bersama, keluar bersama, kadang selalu curhat satu sama lain. Pada suatu hari mereka pun juga mempunyai keluarga mereka sendiri, dan pada waktu kita menyadarinya bahwa waktu mereka lebih penting buat keluarganya daripada bersama kita, disana kadang kita baru merasa sepi. baru merasakan kekosongan hidup, jangan biarkan hal itu terjadi dalam hidup ini.
Apalagi untuk kita yang punya teman baik yang mana selalu meghabiskan waktu bersama, akan terasa jika salah salah satu mengakiri masa lajangnya lebih dulu, mulai berkeluarga dan harus mengurus anak, akan jarang ada waktu bersama kita, sehari-hari tidak akan terasa sama, dan mau tidak mau kita harus beradaptasi dengan itu, carilah bahagia kita sendiri, karena semua itu come and goes, teman masa kecil dan masa sekarang pun berubah, jadi sebaiknya kita juga bisa menyesuaikan diri dimanapun kita berada.
Kitapun berhak mempunyai hidup yang bahagia, memang kita tidak bisa memilih dimana kita di lahirkan, tapi kita dapat memilih hidup yang kita jalani sekarang, apakah sekarang adalah kehidupan yang kita inginkan?
Apa yang kita lakukan saat ini lah yang akan menentukan masa depan kita nanti, lebih baik berjalan ke depan meskipun lamban, daripada duduk diam dan tidak melakukan apapun, jika kita berusaha untuk yang lebih baik, pasti ada jalan untuk kita. If it doesn't challenge you , It doesn't change you, sesuatu yang tidak menantang tidak akan merubah kita. Jika kita terus berada di Zona Aman tanpa melakukan sesuatu yang baru, rasanya hidup kita juga akan seperti ini beberapa tahun ke depan. dan menurutku saat ini lebih berharga daripada kita harus terus menunggu kapan saat yang tepat akan tiba, karena terkadang saat yang tepat itu akan datang tanpa kita sadari di antara kehidupan sehari-hari.mau kita siap atau tidak untuk menerimanya. karena kadang jika kita melepaskannya kesempatan itu belum tentu dalam waktu dekat kesempatan kedua akan datang.
Memang sesuatu itu lebih mudah di katakan daripada dilakukan, jadi apa yang sebaiknya dilakukan sekarang? menurutku cara paling mudah sekarang yang bisa kita lakukan adalah membersihkan kamar kita, tempat dimana kita berada di Zona Aman, kurangi barang-barang kita yang ada di kamar, dan bersihkan seluruh isi kamar, tata dan sortir kembali barang kita, buang yang sudah jarang dipakai, buatlah suatu perubahan pada kamar kita, perubahan yang tidak pernah kita rasakan sebelumnya.
Just one step outside your comfort zone, you will find everything you have ever wanted. cobalah keluar selangkah dari Zona Aman, belajar memulai hidup minimalis, karena kita akan merasakan sesuatu yang baru setelah kamar kita bersih dari segala barang yang sudah tidak lagi kita perlukan, pikiran akan jadi lebih jernih, because by creating space in your lives, you make room for something new to enter into our lives.
#Please Vote and Voment nya 😄🍋🙏🏻
KAMU SEDANG MEMBACA
minimalist me
Non-Fictionhidup lebih bermakna dengan sedikit barang, langkah langkah yang aku jalani saat aku memulai ingin hidup lebih sederhana dengan mungurangi dengan extreme barang barangku yang sudah jarang aku pakai, pakaian, buku hingga koleksi barang yang hanya mem...