rumah kita terutama kamar tidur adalah tempat dimana kita mengistirahatkan tubuh dan pikiran setelah seharian bekerja di luar, tapi jika rumah kita berantakan dan penuh barang, rasa lelah dari luar tidak akan hilang malah akan membuat kita tambah stress. tidak heran jika banyak dari kita setelah bekerja hingga lelah di luar sana dan saat pulang rumah sering kali marah marah dengan keluarga sendiri. jika rumah dan sekeliling kita bersih dan rapi maka suasana di rumah pun jadi nyaman hangat dan tenteram.
beberapa tahun sudah aku di kelilingi banyak barang di kamarku baik itu pakaian,buku, benda benda lain seperti dvd,cemilan, sepatu yang masih baru dan banyak lagi. bisa kalian bayangkan sendiri seperti apa kamarku saat itu. setiap kali aku balik rumah aku selalu merasa sesak dengan semua barang yang ada di sekelilingku, tapi aku tidak tau apa yang harus aku lakukan dengan barang barang tersebut karena barang itu semua masih tergolong bagus. tapi aku sadar bahwa aku harus melakukan sesuatu demi masa depanku nanti. aku tak ingin kehidupanku hanya seperti ini setiap harinya, dikelilingi banyak barang yang tidak berguna. dulu aku hanya punya satu rak buku tapi karena hobby ku beli buku, rak bukuku beranak dari satu hingga dua , aku selalu membeli banyak buku setiap kali aku ke toko buku, mencari buku dari komik hingga pengembangan diri, aku ingin menemukan apa yang harus kita lakukan untuk memiliki hidup yang lebih bermakna, membeli setiap buku yang keliatannya bagus tapi dari semua yang aku baca aku tak kunjung menemukan jawapan dari pertanyaanku itu. hingga pada suatu hari aku menemukan buku tentang membereskan barang dan membuang semua yang sekiranya tak kita gunakan lagi.
aku akui tidak mudah memilih kembali dan membuang barang barang ku karena semua itu masih dalam keadaan bagus. membuang barang memang terlihat mudah tapi jika memilihnya satu persatu kembali dan menimbang ninbang apakah barang ini masih berguna dan layak disimpan kah yang kadang membuatku stress, tapi setelah barang yang ada di kamarku berkurang, aku merasa ada sesuatu baru entah seperti perasaan lega dan tidak terbebani lagi.
dulu meja belajarku begitu penuh dengan barang seperti buku,majalah,foto, sisir, air minum, kotak pensil, kertas kertas dan masih bnyak lagi. setiap kali aku melihat meja di kamarku aku merasa malas mengerjakan sesuatu disana. aku lebih memilih keluar kamar dan mengerjakannya di luar. tak heran banyak dari kita yang suka belajar di luar daripada di rumah. starbuck, kafe atau rumah makan yang memberikan wifi gratis selalu ramai pengunjung. berjam jam mereka duduk disana main laptop atau mengerjakan tugas atau pekerjaan mereka di luar daripada di rumah. mungkin rumah mereka pun juga banyak barang sehingga mereka ingin mencari suasana baru yang lebih rapi dan nyaman.
duduk dan lihatlah kembali sekeliling kamarmu apakah ada barang yang sekiranya sudah tak kamu perlukan lagi, atau barang yang berserakan di lantai. pertama bersihkan dulu barang yang berserakan di lantai, ini adalah yang terpenting sebelum memulai memilih dan membuang barang yang sudah tersimpan di dalam lemari, setelah itu barulah mulai ke tempat lain seperti lemari baju, rak buku,meja belajardan laci meja.meja harus lah rapih dengan sedikit benda yang ada di atas sana. sebaiknya yang ada di meja kita adalah handphone, bolpen, dan air minum atau satu laptop boleh lagi satu foto. barang lain seperti buku komik alat make up atau kertas kertas sebaiknya tidak berada disana. barang barang tersebut hanya akan mengganggu konsentrasi kita saat mengerjakan sesuatu di sana. pikiran kita akan lari kemana mana saat melihat barang barang itu. ini aku alami sendiri waktu dulu aku menaruh banyak barang di atas mejaku. saat aku belajar aku berkonsentrasi menjawap pertanyaan di buku tapi pikiranku lari kemana mana saat aku melihat barang barang yang unik disana, seperti handphone aku mulai membuka dan memainkan hp pintarku lalu majalah atau komik aku berhenti sejenak dan malah mulai membaca. hingga larut malam tak selesai juga. maka dari itu banyak dari kita sekarang yang sering ke starbuck atau kafe kafe di luar sana selain untuk nongkrong juga untuk mengerjakan tugas. tapi kebiasaan itu kadang malah menyita banyak waktu dan uang, bayangkan saja satu cangkir atau satu minuman saja pasti harganya lebih dari 30 sampai 60 ribu.. hanya untuk duduk paling lama 2 jam, trus perjalanan yang kita tempuh kesana pulang pergi juga menyita banyak waktu dan tenaga. maka aku pikir kenapa tidak di rumah saja lebih hemat dan lebih nyaman.
jika rumah kita bersih pasti semua yang tinggal disana pun juga merasa betah tinggal di rumah. jadi yang pertama sebaiknya kita kakukan adalah membereskan kamar kita terlebih dahulu sebelum beralih ke ruang tamu, kamar mandi, dapur dan seisi rumah.
KAMU SEDANG MEMBACA
minimalist me
Nonfiksihidup lebih bermakna dengan sedikit barang, langkah langkah yang aku jalani saat aku memulai ingin hidup lebih sederhana dengan mungurangi dengan extreme barang barangku yang sudah jarang aku pakai, pakaian, buku hingga koleksi barang yang hanya mem...