Save money for more important things

19 3 0
                                    

         Pernahkah kita merasa bahwa sesuatu yang belum kita miliki begitu berharga, tetapi setelah itu jadi milik kita, rasanya sesuatu itu menjadi biasa saja, dan kita mulai menginginkan sesuatu yang lain, yang belum menjadi milik kita. karena itulah penjual selalu mengeluarkan produk baru. dan menciptakan yang namanya "trend" yang selalu berubah setiap waktunya. seorang minimalis tidak perna mengikuti trend yang sepertinya tidak ada habisnya.

Toko toko di mall selalu mengeluarkan produk baru, dimana yang lama menjadi tidak bagus lagi, barang yang tidak terjual di kembalikan ke pabrik kadang di buang atau musnakan padahal masih layak dipakai, kita sering memakai barang yang hanya sekali pakai, misalnya seperti plastik, kita memakai hanya sekali saat berbelanja kebutuhan sehari-hari, dan sekarang trend belanja online yang memakai dus, bubble wrap sekali pakai, hanya makin menambah sampah lingkungan..lama-lama bumi ini semakin tua, lihat saja iklim yang selalu berubah-ubah, banjir dan tanah longsor di berbagai dunia, dan sekarang sepertinya kita sudah mulai merasakan akibat nya.

          Pernahkah kita berfikir setiap sampah plastik yang kita pakai sekali, berapa lama waktu yang di butuhkan untuk hancur dan tidak mengotori bumi ini, tapi meskipun kita tahu akan hal itu kita masih selalu memakai plastik sekali pakai setiap berbelanja. Rasanya seperti rugi kalau tidak di kasih plastik, ya paling tidak kita hisa memakainya kembali sebelum di buang, atau kita bisa memulai hal kecil seperti membawa kantong plastik sendiri saat belanja di supermarket.

           Seorang minimalis tidak akan terpengaruh sama yang namanya trend, atau sekarang yang namanya sedang Viral, karena semua itu tidak akan ada habisnya, iklan di social media hanya akan menambah keinginan kita untuk mencoba produk baru, membeli, mengkoleksi semua barang itu hanya kesenangan sesaat saat kita membuka barang tersebut..itulah yang aku alami setiap kali aku membeli barang baru online..sekarang setiap aku melihat barang yang kubeli aku hanya berfikir kenapa aku membelinya apakah barang ini akan mempermudah hidupku? Hanya penyesalan yang aku dapatkan saat aku melihat begitu banyak barang yang kubeli tapi tidak di pakai, jadi menurutku lebih baik kita gunakan uang kita untuk sesuatu yang lebih berharga daripada untuk membeli barang murah tapi tidak berguna.

              Saat ini meskipun sedang PPKM dimana traveling kesana kemari semakin sulit, tapi tidak dengan belanja, karena sekarang toko seperti ada di genggaman tangan, tinggal klik dan barang tersebut di kirim langsung depan rumah kita..saat seperti ini sebaiknya daripada buat belanja online lebih baik kita gunakan untuk mengerjakan sesuatu seperti hobby yang sebelum Pandemi ini selalu tidak ada waktu untuk kita luangkan..kadang menyesal aku setelah beli ini dan itu tanpa tahu manfaatnya..

            Sebaiknya daripada bingung di rumah mau ngapain, waktu ini bisa kita gunakan untuk menyortir ulang barang di rumah kita, dan terpenting adalah kamar tidur kita, jangan malah menambah dengan barang barang yang tidak berguna, dengan begitu kita bisa memberikan cukup ruang untuk sesuatu yang baru yang akan hadir dalam hidup kita.

            Sehari jadi seminggu, seminggu jadi sebulan tak disangka Pandemi ini sudah hampir dua tahun, rasanya waktu yang berharga terasa hilang begitu saja jika kita tidak melalukan sesuatu yang berguna bagi masa depan kita. Padahal waktu dulu masih sekolah sehari kita belajar banyak sekali. Setelah keluar dari bangku sekolah sepertinya tidak ada yang mengingatkan kita untuk belajar, padahal pelajaran di luar sekolah masih amat sangat banyak sekali yang perlu kita pelajari untuk bekal di kemudian hari, dan masa sekarang adalah yang terbaik untuk kita belajar semua itu, misalnya masak, photography, bahasa, music, dan masi banyak lagi..

           Pernah aku berfikir saat aku masih Remaja aku pikir masa Remaja masih panjang, masih ada banyak waktu untuk mengejar mimpi, tapi pernahkan kita berfikir bahwa masa muda kita sangatlah berharga, dan waktu begitu cepat sekali berlalu tau tau sudah menginjak usia dewasa,kadang hanya penyesalan yang di rasakan kebanyakan orang yang sudah menginjak usia senja, tubuh sudah tidak sekuat dan sesehat sekarang, jadi daripada membuang waktu untuk hal hal yang meaningless lebih baik kita melakukan sesuatu yang nantinya kita di masa depan akan berterima  kasih.. karena masa muda hanya akan lewat tanpa kita menyadarinya.

           

Kamu telah mencapai bab terakhir yang dipublikasikan.

⏰ Terakhir diperbarui: Sep 30, 2021 ⏰

Tambahkan cerita ini ke Perpustakaan untuk mendapatkan notifikasi saat ada bab baru!

minimalist meTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang