Barang yang berharga di kehidupan kita bukanlah barang, tetapi malah sesuatu yang kurang kita hargai keberadaannya, seperti keluarga, waktu, teman, karena kita merasa mereka selalu ada di sekitar kita. dan saat kita sadar kadang sesuatu itu sudah jauh. time waits for no man, karena waktu tidak menunggu siapapun.. setahun demi setahun berlalu begitu cepat, kadang kita yang di sibukkan oleh pekerjaan, lupa bahwa yang lebih penting sedang menunggu kita di rumah. seorang ayah atau ibu yang bekerja di luar seharian, anaknya yang masih kecil menunggu di rumah tanpa kasih sayang orang tua, tau-tau sudah besar dan tak akan kembali kecil lagi.
Waktu yang kita habiskan seharian di luar seperti nge-mall atau belanja, alangkah baiknya jika di gunakan untuk hal-hal yang lain yang bisa menambah pengalaman, seperti belajar sesuatu yang baru..untuk kaum cewek, kita bisa belajar memasak, atau baking kue-kue, karena hobby ini terkadang bisa menjadi pekerjaan sampingan.. dan penting saat sudah bekeluarga, daripada di buat beli baju yang kita sudah punya banyak. untuk para cowok, bisa nge-gym, menekuni hobby seperti fotografi atau desain, daripada koleksi barang yang bukan-bukan seperti kaos-kaos atau jam tangan.
Sekarang dunia sudah serba digital, kita bisa belajar apapun dari internet atau youtube, karena itu jangan dijadikan alasan jika kita tak bisa belajar ini itu karena tak ada guru, kita belajar bukan berhenti waktu lulus sekolah, malahan habis lulus sekolah kita punya lebih banyak waktu dan pilihan untuk menekuni apa yang kita suka.
Masa depan kita di tentukan oleh apa yang kita lakukan saat ini, mulailah dari bawah, meskipun tahap awal hasilnya kurang memuaskan, dengan ketekunan pasti suatu hari akan membuahkan hasil.
Kita bisa belajar sesuatu apapun dengan mudah di era digital ini, tak perlu harus mahal, kita bisa mencari "guru" di internet tanpa harus bayar, dan kembali lagi, kamar kita adalah tempat yang penting, ciptakan suasana yang nyaman saat kita belajar, jangan belajar di meja yang penuh barang karena barang-barang ini yang akan mengganggu konsentrasi, sebentar fokus saat di menit berikutnya kita melihat sesuatu di atas meja, kadang pikiran kita bubar dan mulai pegang-pegang benda tersebut.
maka dari itu meja belajar kita sebisa mungkin minim barang.
Pengalaman baru bersama teman lebih berharga daripada berbelanja dan membeli barang, karena masa muda hanya datang sekali di setiap kehidupan seseorang, masa muda adalah masa dimana badan kita paling sehat dan selalu ingin mencari dan mencoba pengalaman baru, travelling lebih berharga daripada nge-mall, atau shopping, dengan travelling kita akan kaya pengalaman, dan ketemu banyak orang baru.
Lebih baik menabung untuk travelling dan mencari pengalaman baru daripada kita buat belanja barang yang bukan-bukan. banyak dari kita yang punya tas lebih dari satu, selalu gonta ganti tas saat berpergian, "mereka bilang fashion" tapi sebenarnya waktu yang kita gunakan untuk berdandan lebih baik di pakai untuk hal yang lebih penting. seperti pendiri facebook, bajunya itu-itu aja..
Kita yang masih remaja kadang berpikir bahwa kita akan muda terus, setahun demi satahun eh sudah di awal 20an, saat itu kita masih merasa muda, tapi tahun demi tahun begitu cepat, dan bagi kalian yang melihat se isi kamar, barang-barang yang sudah "out of date" sebaiknya jangan terus di simpan di kamar, buku-buku sd seusai ke naik kan kelas, sebaiknya segera di sumbangkan atau di berikan ke adik kelas, buku masa smp,sma, kuliah, jika sudah tidak di pakai, hendaklah di jual atau di sumbangkan saja, karena semua yang harus kita pelajari di dalam buku itu seharusnya di pelajari saat kita masih duduk di sekolah atau masa kuliah.
karena jika terus menyimpannya malah bukan ilmu yang di dapat malah debu yang menumpuk di kamar
KAMU SEDANG MEMBACA
minimalist me
غير روائيhidup lebih bermakna dengan sedikit barang, langkah langkah yang aku jalani saat aku memulai ingin hidup lebih sederhana dengan mungurangi dengan extreme barang barangku yang sudah jarang aku pakai, pakaian, buku hingga koleksi barang yang hanya mem...