Live your live with a purpose

107 9 0
                                    

        Awal  tahun , baru aja datang, dan jangan biarkan hari berganti hari,bulan berganti bulan dan lewat setahun lagi, mulailah dari sekarang, dan ini belum terlambat berapapun usia kita. Jangan hidup di dalam " Time capsule" tiap tahun hendaklah lebih baik daripada tahun sebelumnya. saat kita masih SD tiap tahun naik kelas, begitu juga SMP, SMA tiap tahun kita lebih baik dari tahun sebelumnya. tapi setelah keluar dari  kehidupan sekolah, tidak ada lagi yang mengingatkan kita, semua tergantung dari diri kita sendiri, dan itu yang berbahaya, karena manusia kebanyakan makhluk yang malas, kalo kita sudah berada di "safe zone" atau Zona nyaman pasti sudah tidak mau bergerak dan berfikir lebih maju.
      Kadang kita bingung,ingin berubah tapi mulai dari mana? dan pada akhirnya setiap hari hanya di habiskan untuk jalan-jalan ke mall,nonton, sekarang banyak tempat ngopi, ya ngopi lah bareng teman, ngobrol ngalor ngidul tanpa berpikir untuk maju.
untuk para cewek yang stress paling ya belanja, beli baju,shopping, ke salon,nonton, ya itu semua hanya kesenangan sesaat. dan saat hari petang kembali lagi ke kamar kita, kalo banyak barang pasti akan tambah stress, uring-uringan dan berantem sama sodara sendiri atau roomate kita kalo di kos., mood kita sering tidak bisa di tebak, dan semua ini menurutku dari barang yang ada di kamar. Kamar kita hendaknya tertata rapi dengan sedikit barang, dengan begitu pikiran kita akan lebih memikirkan sesuatu yang lebih penting.
     Waktu muda di usia remaja sampai dewasa adalah waktu untuk belajar dan mencari pengalaman, sebanyak-banyaknya. daripada bingung ngapain. Dalam hidup minimalis kita masih bisa melakukan banyak hal seperti , belajar bahasa, memasak, bikin kue, bersepeda, berenang, jogging, Yoga , main basket, sepak bola, memancing, naik gunung, photography,travelling, ngeblog, , dan semua aktivitas ini akan berguna bagi masa depan kita. dan beberapa malah gratis.
    Sekarang di dunia yang semua serba digital, kita bisa belajar apapun tanpa mencari guru dan membayar mahal, Google dan Youtube lah yang bisa di bilang guru kita. dulu waktu jamanku,masih SD Handphone adalah barang mahal, dan tidak semua bisa memilikinya, sekarang Smartphone dimana-mana dan semua juga memilikinya, kita dapat belajar banyak hal dari sana.memasak,bikin kue, belajar make up..bahkan sekarang aku sudah jarang sekali ke toko buku, karena menurutku harga buku sekarang mahal, sudah cukup buku yang aku miliki sekarang, aku tidak ingin menambah koleksi buku lagi karena hanya penuh-penuhi kamar tidurku.
Jika aku ingin baca, Whattap malah punya koleksi buku jauh lebih banyak daripada toko buku, dan yang paling penting Gratis dan tidak memenuhi tempat.
     Kalo bisa meminjam lebih baik meminjam daripada harus membeli, karena beberapa dari kita belum tentu akan menyukai hobi itu, kalo kita sudah mantap benar-benar inginmenekuninya barulah membeli alat itu seperti kamera, atau laptop, karena sekarang dengan Handphone pun semua bisa dilakukan. Setiap ingin membeli sesuatu pikirkan matang-matang apakah kalian benar-benar memerlukannya.
      Jangan sesali masa lalu karena itu tak akan kembali lagi, mulailah hidup lebih baik untuk masa depan kita. Setahun demi setahun begitu cepat berlalu, tak sangka ini sudah awal tahun lagi.
     Bagaimana cara memulainya, menurutku adalah dari kamar tidur kita, bersihkan semua barang yang ada di dalam kamar kita, semua barang yang menumpuk, kertas, kresek, sampah, botol plastik, hendaknya di buang dan jangan di biarkan berserakan, barang yang ada di rak enak di keluarkan dan mulai di sortir lagi, lemari baju, di lap semua permukaan rak buku, meja,lemari, barang yang ada dobel dibuang atau segera habiskan,dan jangan beli lagi sebelum yg satu habis,
   Semua barang yang sudah berdebu, atau jarang dipakai hendaknya di keluarkan dari kamar, jangan menyimpan barang yang jarang dipakai di dalam kamar, mulai sekarang hanya belanja barang yang bisa di konsumsi, atau bisa habis, seperti makanan, atau sabun, odol. dan membelinya jangan lebih dari satu, karena daripada di simpan di kamar kita untuk stok, lebih baik di titipkan di toko karena saat kita memerlukannya barang itu akan selalu baru, dan tidak makan tempat.
     Mulailah hidup minimalis dari sekarang, karena dengan mengeluarkan semua yang tidak penting dan tidak berguna lagi dalam hidup kita, itu akan memberikan ruang kosong, untuk sesuatu yang baru yang akan hadir dalam hidup kita. hati dan pikiran akan jadi lebih nyaman, dan bersih-bersih jangan hanya sekali, tapi biasakan pola hidup bersih ini setiap harinya.

  

minimalist meTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang