Manusia adalah makhluk kebiasaan, baik itu kebiasaan baik atau kebiasaan buruk, dan kebiasaan inilah yang akan membawa kita ke masa depan yang lebih cerah atau masa depan suram, kebiassan baik harus di pupuk sejak dini, sejak kita masih kecil sekolah lah yang mengajarkan kita berbagai macam kebiasaan baik, tapi sayangnya saat selesai sekolah , kita seperti lebih gampang mengikuti kebiasaan buruk di luar sana.
Berhenti sejenak dan pikirkan keseharian kita sekarang, apakah yang kita lakukan setiap hari akan merubah hidup kita di masa mendatang, kalo setiap hari hanya bermalas-malasan, atau menjalankan kehidupan monotone, pastilah lima sampai sepuluh tahun yang akan datang kehidupan kita hanya akan sama saja. mimpi kita di masa muda hanya akan terlewatkan bagai mimpi di siang bolong. Mulai sekarang renungkan kembali kebiasaan kita sehari-hari, apakah yang kita lakukan akan membawa kita mewujudkan mimpi kita.
Orang yang sukses di luar sana pun mempunyai banyak kebiasaan baik dalam kehidupan mereka sehari-hari, karena kesuksesan yang mereka raih pun tidak semudah membalikkan talapak tangan, bahkan perlu waktu yang lama untuk membangun dan mengembangkan suatu usaha, dan semua itu di awali dari usaha dan kerja keras setiap hari.
Mulailah mengkoreksi kebiasaan kita sehari-hari, meskipun terlihat sepele, sebaiknya yang kita lakukan membawa kita mewujudkan mimpi kita meskipun sepertinya membutuhkan waktu yang lama, because a journey of a thousand miles begin with a single step. misalnya jika kita bercita-cita ingin menjadi chef, daripada setiap hari hanya bermimpi, kapan suatu hari itu akan datang, lebih baik mulai belajar memasak, atau magang di restoran meskipun mulai dari waiter atau waitress, belajar dari bawah naik level menjadi manager restoran, kemudian mencoba menjadi koki, hingga suatu hari punya restoran sendiri.
Memang segala sesuatu lebih mudah di katakan daripada di jalankan, seperti misalnya setiap tahun kita punya New Year Resolution, misalnya mulai rajin berolahraga seminggu 3 kali, atau makan makanan sehat setiap hari, waktu awal-awal masih semangat-semangatnya, tapi kadang ini hanya bertahan dua minggu hingga sebulan lamanya, kemudian kita malas dan sampai penghujung tahun kita tidak melakukan apa-apa. kembali lagi ke kehidupan monotone yang tidak membawa kita kemana-mana, tidak perlu menunggu tahun baru untuk merubah kebiasaan buruk kita, mulailah dari sekarang, catat semua yang hendak kita lakukan, tapi yang terpenting adalah " set a reasonable goal" dan mulai dari sana lakukanlah sesuai jadwal yang kita tentukan, lama kelamaan hal ini akan menjadi kebiasaan baik tanpa harus ada yang mengingatkan kita.
Sebaiknya untuk merubah suatu kebiasaan itu harus dengan kemauan dan tekad yang kuat, dan tidak perlu di rubah secara drastis, misalnya mulai dari berolah raga seminggu sekali, setelah kebiasaan ini di lakukan selama sebulan, baru kita menambah misalnya menjadi seminggu dua hingga tiga kali, daripada merubahnya secara drastis, kita akan bosan dan pada akhirnya tidak melakukannya sama sekali. begitu juga dengan pekerjaan, jangan forsir tubuh kita untuk melakukan sesuatu pekerjaan dalam sehari penuh, beristirahatlah seperti berjalan-jalan atau menghirup udara segar, dengan begitu kita tidak akan cepat merasa bosan.
Kebiasaan sehari-hari yang bisa kita lakukan antara lain seperti ,setiap pagi setelah bangun tidur, untuk langsung merapikan tempat tidur kita, menyapu dan mengepel kamar dan rumah, mencuci pakaian, kemudian langsung mandi, ganti baju yang bersih dan memulai hari kita yang baru, daripada bangun siang dan malas-malasan. meskipun ini terlihat sepele tapi kebiasaan inilah yang akan membantu kita mempunyai kedisiplinan untuk diri kita sendiri.karena musuh terutama manusia adalah diri kita sendiri.
Kebiasaan kita di masa mudalah yang akan mempengaruhi kehidupan kita mendatang, seperti misalnya di masa muda sering merokok, minum-minum, tidak pernah berolahraga, memang saat masi muda semua itu belum di rasakan pengaruh buruknya bagi kesehatan, tapi saat menginjak usia 40 baru sering sakit, badan tidak fit, cepat lelah. padahal orang jaman dulu sudah usia lanjut saja masih bisa naik turun gunung. Hal sepele seperti cara berjalan, dan saat duduk pun juga akan mempengaruhi kesehatan kita, orang jaman sekarang yang bekerja di kantoran setiap hari pasti duduk berjam-jam lamanya, contoh lain sekarang banyak pekerjaan yang harus mengemudi dalam waktu yang lama, kadang hal sepele ini lah yang suatu hari akan menyebabkan backache, atau sakit pinggang, karena tulang punggung kita adalah tulang pennyangga paling berat, jadi sebaiknya jangan duduk terlalu lama.
Daripada setiap hari bengong dan bingung ngapain, lebih baik mengeluarkan barang yang tidak lagi kita pakai, semakin sedikit barang di kamar kita, semakin sedikit pula waktu yang kita gunakan untuk bersih-bersih. karena kamar yang bersih akan membuat tidur kita nyenyak, karena cukup tidur adalah hal terpenting bagi kesehatan. Gaya hodup minimalis dengan sedikit barang inilah yang akan membantu kita menjalankan rutinitas sehari-hari dengan lebih mudah,bahkan lebih memudahkan kita untuk menambahkan suatu kebiasaan baru.
#please vote and vomment nya 🙏🏻🙏🏻
KAMU SEDANG MEMBACA
minimalist me
Saggisticahidup lebih bermakna dengan sedikit barang, langkah langkah yang aku jalani saat aku memulai ingin hidup lebih sederhana dengan mungurangi dengan extreme barang barangku yang sudah jarang aku pakai, pakaian, buku hingga koleksi barang yang hanya mem...