Masa Orientasi CPNS

76 1 0
                                    

Jumat, 25 Januari 2019

Lewat WA, panitia udah ngasih tau kalo registrasi ulang CASN dilaksanakan di hari Senin, 28 Januari 2019 yang jadwal awal jam 10 diganti jam 1 siang. Bahkan di pengumuman itu, dibagi pula NIP masing-masing CPNS. Yang lebih mengherankan lagi, urutan peserta CPNS sesuai abjad. Anehnya buatku sih, nama sesuai urutan abjad ini kalau berjumlah 10 ato 13 balik lagi dari awal.

Aku liat kelompok pertama urutan pertama Choirul Anam sampe abjad terakhir. Total untuk nama dari Choirul Anam sampe nama abjad terakhir kelompok pertama jumlahnya 10 orang. Habis itu kelompok 2 balik lagi abjad awal dari Mubarok sampe abjad terakhir ada 13 orang. Habis itu kelompok 3 disini namaku ada di kelompok 3.

Habis aku urutin sesuai alokasi formasi Kemenkumham wilayah Jateng, kelompok 1 kemungkinan ditempatkan di Lapas Kelas IIB Plantungan, Kendal; kelompok 2 di Lapas Nusakambangan dan kelompok 3 di Rudenim Semarang. Semoga dugaanku nggak salah.

Aku buka sorenya di gmail, ternyata artikelku dikembaliin sama koran Kompas. Itu critanya kemarin kamis aku ngirim judulnya "Membangun Paradigma Berpikir Positif tentang Tuhan". Alasannya karena analisisku kurang dalem. Aku perlu belajar nulis lagi nih biar bisa jadi penulis buku. Amiin.

Senin, 28 Januari 2019

Registrasi CPNS, pengarahan dari Kepala Divisi Administrasi dan pengumuman penempatan buat CPNS formasi SMA dan D3/S1 di Kanwil Jateng. Acaranya dimulai jam 1 siang. Tempatnya di aula lantai 3. Aku brangkat dari rumah mendung. Aku sempet khawatir kalo di perjalanan hujan. Ternyata nggak.

Buat semua CPNS dari lulusan SMA hadir semua. Buat formasi sarjana nggak semuanya hadir dari Jawa Tengah. Ada juga yang dari Medan. Mereka yang dari Jateng ditempatkan di Jateng, kata Pak Susilo selaku Kepala Divisi Administrasi waktu pengarahan, adalah orang-orang yang rangkingnya 1 sampe 26.

Dalam pengarahan juga disampein jadwal kami buat orientasi. Dimulai dari hari pertama tanggal 1 Februari, pengambilan sumpah PNS karena hari itu kami semua orientasi pertama bersamaan dengan pengangkatan PNS angkatan 2017. Tempatnya di Kanwil Jateng. Tahun kemarin 2017, jumlah CPNS yang dikirim ada 724 orang. Hari kedua 4 Februari sampe hari ke-5 tanggal 8 Februari. Semuanya orientasi dilaksanakan di Kanwil.

Habis itu, dilanjutin pengumuman penempatan oleh Bu Mutia kepada seluruh CPNS formasi D3/S1 dan SMA. Alhamdulillah, aku ditempatkan di Rudenim Semarang. Ini sesuai sama harapanku. Setidaknya aku berharap, disini aku bisa maksimalin potensiku dalam bahasa asing. Aku sendiri sekarang ya baru bisa 3 bahasa asing yang udah sampe tingkat lanjut: Inggris, Belanda, dan Jerman. 2 bahasa lain Perancis sama Arab masih tingkat dasar. Habis itu aku pengen bisa kuliah lagi S1, syukur-syukur bisa S2 sampe S3. Selain itu, aku bisa sering nyetak banyak buku kalo waktu luang.

Rabu, 30 Januari 2019

Perkembangan dunia industri memang cukup pesat akhir-akhir ini. Kita telah menyaksikan berbagai penemuan-penemuan di bidang teknologi yang mutakhir. Saat ini, kita sedang menghadapi Revolusi Industri keempat.

Revolusi Industri pertama menggunakan air dan mesin uap untuk mekanisme produksi. Revolusi Industri kedua menggunakan tenaga yang bersifat elektrik demi menciptakan produksi massal. Revolusi Industri ketiga telah menggunakan teknologi berbasis informasi dan elektronik. Sedangkan Revolusi Industri keempat menggunakan teknologi digital dimana ia telah mensamarkan batas antara lapisan fisik, digital, dan biologis. Jadi revolusi Industri ini lebih merupakan kepanjangan dari Revolusi Industri ketiga. Kini, semua orang dapat terhubung melalui internet yang aksesnya sungguh tak terbatas. Di lapangan, kita saksikan berbagai kemunculan teknologi seperti robot, kendaraan otomatis, dan bioteknologi.

Sang Kupu-KupuTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang