PROLOGUE

21.9K 624 11
                                    

Asap rokok mengepul memenuhi ruangan.

Seorang bocah lelaki berdiri di antara kerumunan orang yang membentuk lingkaran. Di antara kedua kakinya, terdapat kuda anyam yang tergolek lunglai.

Sesaat, sunyi. Hanya terdengar desau angin yang memekik. Lantas gamelanpun mulai berdenting. Makin keras. Makin keras.

Si bocah lelaki mulai menari, gerakan tangannya gemulai seirama alunan kendang dan kenong. Kepalanya menggedik seirama gong yang ditabuh kencang.

Salompret melengking. Seruling memekik. Kuda anyam perlahan mengayun. Si bocah lelaki berputar dan kian larut dalam Tari Jathilan.




catatan;

salompret: semacam seruling panjang yang ujungnya seperti bentuk kumis, biasa digunakan untuk mengiringi tarian reog bersama kenong, kempul dan gong.

jathilan: nama lainnya tarian jaran kepang. merupakan bagian dari pertunjukan tari reog. biasanya ditarikan oleh wanita. tapi pada jaman dulu, penari jathilan adalah lelaki.




cerita ini udah w periksa n tak perbaiki, biar bacanya lebih nyaman. beri suara pada cerita ini kalau kamu suka! ngan lupa uga ikuti akun ini, mwehehehe.

cerita lanang (atau dalam bahasa indonesia berarti lelaki) ini w unggah kembali, btw  w dapet cerita ini dari internet  :v

gem.blak (1) /gêmblak/
1. n jw, penari (ronggeng) laki-laki
2. n jw, ronggeng laki-laki yang menjadi piaraan laki-laki lain

warok (n jw,) pendekar atau jagoan yang disegani di daerah ponorogo dan sekitarnya, biasanya menjadi pimpinan perkumpulan reog

baca sampe abis ya.
salam, yukap!

LANANGTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang