16

560 51 7
                                    

"anak udah dua, belum sadar juga?"

"lo tuh dosen, udah dosen pak! udah tua!"

"gak pantes lo kaya gitu ke mahasiswi!"

jaemin menggertakkan rahangnya yang sudah sangat keras karena emosi, "gua gak main-main lagi na."

nana tertawa mengejek, "oh terus lo pengen gue bilang 'oh yaa kan lo ganteng makanya mahasiswi jadi ganjen, maaf ya..' gitu?!"

jaemin berdiri lalu menatap tajam ke arah nana kemudian ia keluar kamar untuk beristirahat di ruangan yang lebih tenang baginya, tak lupa ia mengatakan bahwa nana harus pergi bekerja sekarang namun dengan kata-kata yang sedikit kasar dalam artian mengusir.

yang membuat nana naik darah malam ini adalah perlakuan jaemin terhadap mahasiswi nya saat bimbingan di luar kampus.

nana akui bahwa jaemin saat ini masih terlihat segar dan muda, ditambah ia masih ber-umur 36 tahun. namun tidak seharusnya seorang dosen menyubit gemas pipi mahasiswi nya kan?

nana takut, tapi bukan takut sakit hatinya terulang lagi. namun takut jika glen dan jeje harus menerima kenyataan bahwa ternyata ayah yang mereka banggakan selama ini nyatanya seperti ini, apalagi jika mereka tau kalau nana bukanlah bunda kandungnya.

manusia memang sukar untuk berubah menjadi lebih baik, bahkan memerbaiki dirinya saja sudah merasa seperti hamba yang beban melebihi kemampuannya.

nana kembali teringat dengan ucapan kak minhyun sebelum ia menikah dengan jaemin, "kalo gak kuat bilang, nanti kita jemput. jaemin itu jaemin, gak akan berubah walaupun dia udah punya segalanya."

sekeras apapun dia marahin jaemin, rasanya sia-sia.

nana gak pengen anak-anak tau mereka marahan, tapi jaemin malah milih buat pisah kamar.

nana juga gak pengen glen yang suka pulang malem tau kalo jaemin nyatanya sering pulang malem, tapi nyatanya malah jaemin lebih suka di luar daripada di rumah.

niat jaemin buat bimbing mahasiswa nya itu baik, nana ngerhagain itu. tapi kalo udah kaya gini, bukannya serius buat wisuda malah serius main-main. kasian mahasiswa nya.

"dibilang gak main-main." gerutu jaemin di dalam kamar. dia hari ini cape banget karena abis koreksi ujian mahasiswa yang jawabannya pada sotoy semua. dan makin hari, mahasiswa yang minta bimbingan juga makin banyak. rata-rata pada minta di luar kampus, karena jaemin ngerasa waktunya luang akhirnya nge-iyain aja.

sejujurnya di dalam diri jaemin, dia emang ngerasa bosen sama nana.

tapi dia masih sadar kalo gak sepantasnya dia ngelakuin hal bodoh kaya dulu, jadi cuma bercanda aja sama mahasiswa nya biar gak canggung. tapi dia gak tau kalo ternyata nana tau kelakuannya ini, ntah siapa yang cepu atau emang mahasiswa nya aja yang kurang mantep kalo cari tempat.

jaemin ngelakuin ini semua bukan tanpa alasan, meskipun alasannya emang gak patut dimaklumi. jadi jaemin sama nana udah sempet mau nambah keturunan, tapi sampe sekarang belum dikasih sama Tuhan.

sebenernya mereka berdua tau kalo ini cuma masalah kecil dan dua-duanya juga ngerasa ada yang salah di dirinya masing-masing, tapi tetep aja nana gengsi mulai pembicaraan.

pas tau glen sama jeje nyadar kalo orang tuanya berantem, tentunya mereka makin bingung dan mau gak mau harus baikan dalam waktu dekat. tapi mereka gak selalu punya waktu lama pas ketemu di rumah.

"masih berantem sama jaemin?" tanya xiyeon. nana mengangguk, "ya gimana yeon mau baikan tuh selalu adaa aja penghalangnya."

"iya kan secara lo berdua jarang ketemu na, tapi lagian juga gengsi lo kegedean."

"coba lo sampingin dulu gengsinya, pas ada jaemin di rumah langsung ajak bicara aja. sekali-kali na ngalah dong, biar anak-anak lega."

nana mendongak kemudian menatap xiyeon, "sekali-kali?"

"lo bilang sekali-kali? yeon, denger ya. gue udah ngalah dari anak-anak belum lahir, gue sama sekali gak setuju jaemin nikah sama rena. tapi apa? jaemin maksa gue buat terima keputusan dia! gue udah ngalah dari dulu yeon! terus, lo gak tau kan kenyataannya bahwa jaemin itu nganggep gue sebagai penggantinya rena? gue sebenernya mau ninggalin jaemin dari situ tapi apa?! gue kasian sama anaknya! punya bapak gak becus kaya jaemin, gue gak tega! lagi juga gue sebenernya mau bilang ke anak-anak kalo gue ini bukan mama kandungnya tapi gue kasian, apalagi sama jeje. kasian gue sama mentalnya. jujur, gue muak sama jaemin."

xiyeon cuma diem pas denger kata-kata itu keluar dari mulut nana, xiyeon juga tau kalo nana daridulu udah ngorbanin segalanya buat jaemin. tapi jaemin itu egois. jaemin itu ayah yang baik tapi bukan suami yang baik.

nana udah relain masa sma-nya dan relain bayi pertamanya. setelah kejadian waktu itu yang bikin mereka menikah, ternyata nana gak pregnant. nana seneng ternyata dia bisa lanjut sekolah walaupun dengan aib yang tanpa jaminan gak bakal bocor. nana harus nerima keputusan jaemin buat menikah sama rena, "nana gak hamil kamu nikahin jae, kenapa aku nggak?! kamu lupa ya kalo nana itu cuma selingan kamu dari aku?!"

"na tolong ya ngertiin aku kali ini.."

sampe akhirnya waktu kelas 12, jaemin ngelakuin itu dan berakhir nana pregnant.

usia kandungan nana 1 bulan pas angkatannya lagi sibuk ujian, nana gak perhatiin kandungannya sama sekali sampe akhirnya dia harus kehilangan bayi pertamanya. dan setelah kelulusan, rena positif hamil.

nana nangis pas rena meninggal, karena dia udah bisa anggep rena sebagai temennya sendiri. kalo rena gak ada, jaemin gak bisa nyakitin siapapun kecuali nana. karena disini, jaemin cuma punya nana.

"gue akui, jaemin itu ayah yang baik." kata nana.

"nana.. jadi, lo mau gimana?" sela xiyeon. "gue bingung yeon, kalo gue boleh egois, gue mau pisah."

[2] Baby -  Na JaeminTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang