Hari ini adalah hari Jumat, sekitar jam setengah dua siang. Seperti yang sudah dijadwalkan, setiap Jumat siang, aku akan mengikuti ekskul PMR. Aku sudah cukup lama berada di ekskul ini, dan sudah lumayan mahir di bidang ku. Aku juga sudah cukup akrab dengan anggota dan dewan di ekskul ini.
Siang ini Elisa tidak dapat hadir di ekskul, karena sedang ada urusan. Oleh sebab itu, di ekskul aku hanya bertiga dengan Arriz dan Aldi.
Semua anggota ekskul sudah memasuki ruangan kelas yang biasa digunakan untuk kumpul dan latihan, semua anggota duduk di bangku siswa, sedangkan Dewan berdiri di depan. Mbak Widya yang merupakan ketua dari ekskul ini, sepertinya ingin mengumumkan sesuatu.
“ assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh “ salam dari mbak Widya.
“ Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh “ jawab seisi ruangan.
“ mbak akan mengumumkan sesuatu yang sangat penting untuk kita semua“ ujar mbak Widya.
“ pengumuman apa ya? “ arriz bertanya seakan pada dirinya sendiri, dan hanya mampu didengar oleh orang-orang sekitarnya saja.
“ tidak lama lagi, PMR SMA kita ini, akan mengikuti lomba Ke-palangmerahan se-Jabar DKI dan Banten “ lanjutnya “ lomba tersebut akan diadakan di SMA unggulan Indramayu “ ( itu bukan nama sekolah yang sebenarnya)
Seketika seisi ruangan menjadi riuh mendengar pengumuman tersebut. Tak terkecuali aku, Arriz, dan Aldi. Mengingat ini adalah Event besar-besaran dan diadakan di SMA terfavorit Se-Indramayu.
“ tenang-tenang “ mbak Widya menginstruksikan para anggota untuk diam, dan mendengarkan pengumuman nya yang belum usai “lomba tersebut akan diadakan pada bulan Januari mendatang, jadi kalian masih punya banyak waktu untuk berlatih dan mempersiapkan diri, agar bisa mengikuti lomba ini “
Setelah itu, aku melihat mbak Widya berdiskusi dengan dewan yang lainnya. beberapa saat kemudian, mbak widya kembali membuka suaranya. “ Ok, sekarang kita mulai latihan, latihannya per bidang, dan di tempat yang sudah ditentukan “ ujar mbak Widya “ sekarang, ayo kita ke tempat bidang masing-masing “
Setelah itu, satu-persatu manusia yang berada di ruangan ini pun mulai berhamburan keluar, dan pergi ke tempat-tempat yang sudah ditentukan.
*****
Sebelum lanjut, ada sedikit informasi yang ingin aku sampaikan. Yaitu, tentang bidang-bidang yang ada di ekskul PMR. Ada 4 bidang utama yang dipelajari di PMR, yaitu: pertolongan pertama, perawatan keluarga, Olimpiade kepalangmerahan, dan tandu darurat. Namun, biasanya pada lomba akan ada cabang lomba yang lain, seperti: drama mini kepalangmerahan, menggambar poster donor darah, seminar kesehatan, peduli lingkungan, dan sebagainya.
Aku akan mengulas sedikit tentang bidang-bidang yang ada di ekskul PMR ini.
Yang pertama adalah pertolongan pertama, atau biasa disebut PP. Pertolongan pertama adalah pemberian pertolongan segera kepada penderita sakit atau cedera / kecelakaan yang memerlukan penanganan medis dasar. Tindakan perawatan berdasarkan ilmu kedokteran yang dapat dimiliki oleh awam atau awam terlatih secara khusus. Batasnya adalah sesuai dengan sertifikat yang dimiliki oleh pelaku pertolongan pertama. Intinya, penanganan dasar yang sekiranya dapat dilakukan pada orang yang sedang sakit, cedera, atau kecelakaan.
Yang kedua adalah perawatan keluarga, atau biasa disebut PK. Perawatan keluarga adalah tindakan perawatan yang dapat dilakukan oleh anggota keluarga kepada anggota keluarga lain yang sedang sakit. Pada umumnya mereka yang sakit, senang bila berada di rumah, ditengah-tengah keluarga, daripada berbaring di rumah sakit dan dirawat oleh orang yang belum ia kenal. Selain itu, perawatan keluarga juga dapat menghemat waktu dan biaya.
KAMU SEDANG MEMBACA
LOMBA
RomanceCerita ini merupakan bagian kedua dari cinta anorganik. Setelah mendaur ulang cintaku, aku mendapatkan tantangan baru yaitu mengikuti lomba PMR yang diadakan di SMA paling favorit di Indramayu. Namun, kompetisi sebenarnya bukanlah lomba tersebut...