"Ini beneran Re, pengajian yang lo maksud?" tanya Nana
"Iyaa Na, udah yuk duduk" ucapku
"Cewe semua?" tanya Nana
"Kan kajian muslimah" ucapku, sembari meminta Nana untuk memperhatikan karena kajian akan dimulai.
"Assalamualaikum warrahmatullahi wabarakatuh, Alhamdulillaahi robbil ‘alamiin, wassolaatu wassalaamu’alaa asrofil anbiyaa ii wal mursaliin Sayyidina Muhammadin, wa’ala alihi wa’ashohbihi ajma’in, Robbis shrohli shodri wa ya shirli amri wahlul uqdatammil lisaani yafkohu kauli, amma ba’du.
Puji syukur kehadirat Allah swt. yang telah melimpahkan rahmat, taufiq, hidayah dan inayah-Nya kepada kita semua sehingga kita dapat berkumpul bersama dalam acara pengajian ini dalam keadaan sehat tanpa halangan suatu apapun.
Tak lupa sholawat serta salam kita junjungkan kepada kita Nabi Besar Muhammad saw, beserta keluarga dan para sahabatnya. Mudah-mudahan kita semua mendapatkan syafaatnya pula di Yaumul Akhir nanti.
Baiklah untuk mempersingkat waktu, marilah kita buka kajian Pra nikah ini dengan bacaan Basmallah."Kajian pra nikah?" ucapku dan Nana bersamaan. Untungnya suara kami pelan, jadi tidak mengganggu yang lain
"Tuh kan Re, gue curiga lo salah ikutan, ini yang buat mau nikah Re" ucap Nana
"Udah Na gapapa deh, jangan panik, udah rame banget, susah juga buat keluar, dengerin aja deh siapa tau bermanfaat" ucapku akhirnya
"Yaa udah deh gimana lagi" ucap Nana.
"langsung aja ya, kita persilahkan kepada ustadzah Dian untuk memberikan tausiyahnya" ucap MC
Bismillahirrahmaanirrahiim.
Dalam kesempatan diskusi kali ini, saya akan membahas beberapa hal terkait pernikahan.
Dalam pengertian fiqih, nikah adalah akad yang mengandung kebolehan melakukan hubungan suami istri dengan lafal nikah/kawin.Selain itu, menurut kompilasi hukum Islam, perkawinan adalah akad yang kuat atau mistaqon gholidhon untuk menaati perintah Allah dan melaksanakannya adalah ibadah.
tujuan pernikahan dalam Islam adalah membangun keluarga sakinah, mawaddah, wa rahmah. Hal ini tertuang dalam Quran surat Ar Ruum ayat 21وَمِنْ اٰيٰتِهٖٓ اَنْ خَلَقَ لَكُمْ مِّنْ اَنْفُسِكُمْ اَزْوَاجًا لِّتَسْكُنُوْٓا اِلَيْهَا
وَجَعَلَ بَيْنَكُمْ مَّوَدَّةً وَّرَحْمَةً ۗاِنَّ فِيْ ذٰلِكَ لَاٰيٰتٍ لِّقَوْمٍ يَّتَفَكَّرُوْنَ
Artinya: Dan di antara tanda-tanda (kebesaran)-Nya ialah Dia menciptakan pasangan-pasangan untukmu dari jenismu sendiri, agar kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan Dia menjadikan di antaramu rasa kasih dan sayang. Sungguh, pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi kaum yang berpikir.
Hadits riwayat Bukhari dan Muslim menjelaskan bahwa menikah juga bertujuan menjaga diri dari perbuatan zina. Hal ini juga yang menjadi dasar hukum pernikahan dalam Islam.
Rasulullah SAW bersabda, "Wahai para pemuda, barang siapa dari kamu telah mampu memikul tanggung jawab keluarga, hendaknya segera menikah, karena dengan pernikahan engkau lebih mampu untuk menundukkan pandangan dan menjaga kemaluanmu."
Selain itu, menikah juga menjadi salah satu cara memperkuat ibadah. Hal ini sesuai dengan hadits tentang pernikahan yang diriwayatkan oleh Baihaqi, Rasulullah SAW bersabda, "Apabila seorang hamba menikah, maka telah sempurna separuh agamanya. Maka takut lah kepada Allah SWT untuk separuh sisanya."
Pernikahan dapat terjadi bila mana syarat-syarat di bawah ini bisa terpenuhi
-Wanita yang akan dinikahi adalah halal baginya dan bukan haram untuk sementara maupun selamanya.
-Akad harus dihadiri oleh minimal dua orang saksi di mana mereka harus baligh dan berakal dan mendengar ucapan ijab qabul secara jelas.
-Adanya wali yang memiliki kekuasaan untuk menikahkan seorang perempuan di bawah perwaliannya.
-Calon suami harus laki-laki, beragama Islam, mampu (fisik dan psikologis), dan memiliki kerelaan diri untuk menikah.Aku mendengarkan dengan sungguh-sungguh, sementara Nana ia tengah menguap berkali-kali, mencoba untuk memfokuskan diri. Hingga akhirnya materipun selesai diberikan oleh Ustadzah Dian.
"Baik teman-teman, mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan, semoga di Awal pertemuan kajian Pra nikah ini bisa memberikan teman-teman sedikit gambaran tentang pernikahan, dan samapai bertemu lagi di minggu berikutnya. Saya akhiri Wassalamualaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh."
"Na bangun, udah selesai, malu gue diliatin" ucapku pada Nana yang bersender dibahuku.
"Oh udah selesai ya, yuk pulang Re" ucap Nana dengan nyawa yang masih belum ngumpul
"Melek, buka dulu mata lo, masih rame gitu, udah duduk dulu aja, minum nih" ucapku sembari menyodorkan botol minuman ke arahnya, lalu Nanapun meminumnya.
"Permisi kak, sudah isi Daftar hadir yang di depan?" tanya seorang perempuan yang menghampiri kami.
"Belum mbak" ucapku
"Nanti diisi ya kak, kalau sudah 10 kali datang kajian pra nikah, bonus kami fasilitasi taaruf" ucap perempuan itu, aku mengangguk, lalu perempuan itupun pergi meninggalkan kami.
"Yaampun niat banget menjemput jodoh itu mah" ucap Nana
"Udah yuk pulang" ajakku pada Nana
"Apa yang lo dapet tadi Re?" tanya Nana, saat perjalanan pulang
"Banyak sih yang gue catet, tapi satu yang terngiang dipikiran gue, menikah bisa mencegah dari berbuat zina" ucapku
"Terus, lo jadi tertarik buat nikah? " ucap Nana
"Ya siapa sih yang gak mau nikah" ucapku
"Nikah muda maksud gue" ucap Nana
"Ya liat aja deh, gue siap atau belum, kalo ilmu gue cukup ya mungkin bisa dipertimbangkan, ilmu agama aja gue kurang banget" ucapku
"Iya sih, perlu belajar dulu" ucap Nana
"Iya belajar tapi jangan sambil tidur" ucapku sambil meledek Nana
"Ya abis gue ngantuk banget Re, masjidnya adem, suara ustadzahnya juga adem, bikin gue ngantuk kan" ucap Nana
"Itu godaan setan Na" ucapku
"Iya deh iya" ucap Nana, tak terasa kami pun sudah sampai didepan rumahku, Nana langsung pamit.
Aku pun membuka pintu, perasaan pintu sudah ku kunci, tapi pas aku pulang pintunya gak terkunci, dan benar saja dugaanku, sudah ada perempuan anggun yang sangat aku rindukan, aku pun berlari memeluknya.
------------------------------------------------------------------------
Siapa hayo yang dateng?Jangan lupa voment yaa, semoga bermanfaat kajian pra nikahnya, walaupun cuma sedikit hehe:)
KAMU SEDANG MEMBACA
SETELAH PUTUS
RomansaKalau kamu pikir setelah putus hidupmu gak akan bahagia, Aku pastikan kamu salah Kalau kamu pikir setelah putus kamu tidak akan bisa melupakannya, Aku pastikan kamu salah Kalau kamu pikir putus adalah jalan terbaik, Kamu benar Segala sesuatu yang di...