Selepasnya Raka pulang kerumah dan Raden yang pada akhirnya pulang karena sang papah Jack tiba tiba mengajaknya pergi ke Palembang untuk makan empek-empek disana. Santai, abis makan mereka langsung balik rumah pake pesawat pribadi. Memang terlalu random keluarga ini.
Pintu kamar rayhan tiba-tiba ada yang mengetuk, ketika pintu itu dibuka, alangkah terkejutnya Rayhan dan Arya ketika sesosok Esa berdiri disana dengan senyum yang dipaksakan.“Ray, Gue di rumah lo dulu boleh? Tadinya gue mau ke basecamp, tapi Raden kayanya lagi ngga di rumah, jadi gue kesini, gapapa kan. Gue lagi pusing banget”
“ Iya lo disini aja, duduk di kasur gue dulu, gue mau ke bawah bentar” pinta Rayhan
“tenangin dulu diri lo Sa, gue tau lo lagi ngga baik baik aja, jadi jangan bilang lo baik baik aja dengan keadaan kaya gini” Arya berucap sambil mengelus punggung Esa untuk menenangkannya, Dia tahu temannya yang satu ini rapuh, namun Esa akan selalu berlindung dengan ‘aku ngga papa kok’ alih alih menceritakan apa yang menjadi bebannya.
Rayhan kembali ke kamarnya dengan membawa satu gelas susu dan semangkuk sup untuk Esa.
“Gue ngga mau lu nolak apa yang gue bawa, lu belum makan kan. Jadi ini dimakan atau se-enggaknya susu nya diminum, oke” titah Rayhan sambil menempatkan bawaannya di nakas dekat ranjang.
Esa hanya diam, dengan pandangan kosong, dan tiba-tiba setetes dua tetes air mata jatuh dari mata Esa, Esa berbisik ‘Esa sakit, kayanya lebih baik Esa menghilang daripada Esa hidup kaya gini, Esa pengen bebas’ namun bisikan itu masih bisa terdengar oleh kedua temannya dan sontak mereka kaget tak percaya kata kata itu keluar dari mulut Esa. Mereka tak tahu kalau Esa se-menderita ini.
“SA APA APAAN SIH JANGAN ANEH ANEH YA LO! LO MASIH PUNYA KITA, TAPI KENAPA LO NGOMONG KEK GITU SA”
“RAYHAN! Ikut gue bentar” Arya menarik Rayhan untuk sedikit menjauh dari Esa setelah Rayhan meninggikan nada bicaranya barusan.
“Ray, plis Esa jangan dibentak. Dia lagi kalut”
“Sorry gue terlalu kaget tadi. Esa bisa ngomong kaya gitu”
“oke, abis ini bicarain pelan pelan, siapa tau dia mau cerita apa yang jadi beban dia”
“ iya maaf banget gue tadi ga sengaja” dan dibalas anggukan oleh Arya. Mereka kembali ke tempat Esa berada. Keterkejutan mereka ternyata belum selesai sampai disitu, mereka kembali dikejutkan ketika Esa sudah mengarahkan cutter ke arah pergelangan tangannya.
“Ajir, Sa lu jangan nekat astagaa! Ray tolongg bantu gue rebut cutternya, gue yang pegang tangannya”
“LEPASINNN!!! BIARIN ESA MATI AJAAA LEPASIN!!!” ( drama banget kayanya cerita ini, tapi gapapa. gass sajaa)
Mendengar ada sesuatu yang tidak beres di kamar anaknya, Wendy berlari menuju kesana. Ketika membuka pintu dan mendapat penjelasan melalui isyarat dari anaknya. Wendy bergegas menghampiri Esa dan menenangkannya. Esa menangis sejadi jadinya di pelukan Wendy.
Setelah dirasa tenang Wendy melepaskan pelukannya, dan pengusap kepala Esa
.
“Mama Wen ngga tau apa yang bikin kamu kaya gini sekarang, tapi pegang omongan mama wen. Besok kamu akan menemukan kebahagiaanmu ya sayang. Jangan kaya gitu lagi ya.” Esa hanya mengangguk pelan tanda mengerti. Wendy tersenyum menunggu Esa tenang kemudian melepas pelukan dan berjalan keluar kamar anaknya sambil memberi isyarat kepada rayhan untuk memperhatikan Esa untuk malam ini.
Rayhan menyerahkan segelas air putih dan duduk disebelah Esa disusul oleh Arya. Esa untuk beberapa saat hanya diam sambil menenangkan dirinya“Emangnya seburuk itu ya kalo gue cari orang tua kandung gue, apa gue emang ngga diizinin buat ketemu sama orang tua kandung gue? Kenapa? Setiap mamah tau gue nyari mereka, mamah bakalan ngebentak gue, dibilang gue ngga perlu nyari orang yang pernah nyia nyiain gue dan berharap gue ga terlahir di dunia ini”
Yang menjadi telinga hanya diam saja, membiarkan Esa mengeluarkan apa yang menjadi keluh kesahnya selama ini. Raka juga pernah cerita kalau Esa dulunya tidak seceria dan sepenurut itu, bisa dibilang Esa akan selalu diam dan tiba tiba menangis sendirian.
“kalian mau tau bagian terlucu di hidup gue? Haha gue baru tau kalau gue anak pungut ketika gue masuk SMA. Makanya Raka kaget waktu itu ngeliat gue yang murah senyum. Ketika gue mau ke panti, papah sama mamah angkat gue akan selalu ngelarang gue, ketika bang Jeff bantu gue, ngga lama dia pergi ke Jerman”
“gue selalu sendirian, gue selalu diawasin sama bawahan papah. gue kaya tahanan. Gue bukan anak kandung mereka tapi mereka se overprotektif ke gue, bang Jeff aja ga pernah diawasin, Cuma gue yang diginiin, harus nurut, gaboleh ini gaboleh itu. Gue muak. Gue kabur dari rumah, gue sempet cekcok sama mamah dan dia nampar gue sekali. Katanya gue ngecewain mamah yang udah ngebesarin gue dari kecil” suara itu perlahan memudar karena Esa sedang menahan tangisnya yang hampir meledak. Dia cukup tertekan dengan sifat overprotektif dari orang tua angkatnya. Rayhan mengusap punggung Esa berusaha menenangkannya. Arya melihat ke langit langit kamar Rayhan. Arya tersadar jika kasih sayang orang tua itu tidak boleh terlalu sedikit maupun terlalu banyak karena bisa aja si anak akan tertekan bahkan kasih sayang anak kepada orang tua perlahan menghilang digantikan dengab rasa benci.
“Esa, bukannya gue mau memihak sama orang tua angkat lo maupun lo, gue di posisi netral untuk saat ini. Gue Cuma mau bilang kalau orang tua akan selalu melakukan tindakan dengan alasan yang menurut mereka bener ya walaupun di mata orang lain itu salah bahkan sangat salah. Contoh aja dewana, dia ngebenci kala karena bunda pergi abis ngelahirin kala, karena itu dewana menganggap kala yang bikin bunda gaada. Tapi semenjak gue tonjok dia, tapi jangan lu tonjok mamah lu ya, gue nonjok Dewana karena dia pantas buat ditonjok sih. Ditambah dia baca surat dari kala, dewana mulai sadar. Mungkin Mamah lu ngelakuin itu juga karena ada alasannya. Jadi lu bisa bicarain baik baik sama mamah lo, kalo perlu bantuan lu bisa hubungin anak anak pandawa yang lain, kita siap bantu. Kita juga siap sedia bantu buat ikut nyari orang tua kandung lo. And sorry kalo bicara gue kaga pas di ati lo” dari sekian kata yang terlontar dari mulut arya hanya dibalas anggukan kecil dari Esa. Tapi tak apa yang penting Esa sudah mau mendengarkan dan merespon.
“lo kalo emang ngga suka, terus terang aja ngga suka. Kalo lo lagi terluka, bilang aja. Jangan sembunyi dibalik kata ‘nggak papa’ lo boleh bangkang orang tua jika yang disuruh orang tua lo itu hal yang ngga terpuji dan menurut lo hal itu bakal ngerugiin lo, tapi jangan jadi anak durhaka kek Arya”
“kok jadi guee!!!” protes Arya
“tapi bener kan, udahlah gausah bacot lo!” sewot Rayhan
“iya sih, dan dipikir pikir kita bertiga disini orang yang pernah punya masalah sama orang tua kita masing masing, takdir emang selucu itu mempertemukan kita”
“hmmm iya. Dahhhhh sekarang Esa mandi dulu gih, lo nanti pake baju papa gue aja, karena gue yakin kalo lo pake baju gue kaga bakalan muat. Gausah ngelakuin hal aneh aneh kaya tadi. Nanti lo tidur di kasur, gue di sofa, dan Arya nanti di lantai ”
“lahhhh kok gue di lantai njeng!!!!” protes Arya karena titah sang tuan rumah, dirinya harus tidur di lantai.
“gue belum selesai ngomongnya lu keburu protes anjir, lu di lantai, nanti gue ambilin kasur lipet. Kalo protes lagi lu mending tidur dalem kolam renang aja deh sana”
“hehehe ampun kanjeng, gue tidur lantai sajaa” Arya cengengesan. Esa masih diam saja namun dia berjalan menuju kamar mandi yang berarti dia melaksanakan titah sang tuan rumah.
TBC
KAMU SEDANG MEMBACA
Pandawa [NCT 00L] END ✔️
Фанфіки'kalo ada masalah ya diselesaiin. kalo ngga ada masalah ya jangan cari masalah.' "ngga usah sok pake bahasa inggris, kalo pake 'Pandawa' aja kita udah bisa ngubah pertemanan jadi persaudaraan" Ucapan Rayhan yang disetujui oleh empat temannya, Esa...