Ian
Seberapa sering lo mikir untuk bisa balik lagi jadi anak kecil?
Makan tinggal makan, tidur tinggal tidur, lari-larian pake kutang sama kolor aja tapi tetep santai. Mau makan belepotan juga, kalau tangan kotor tinggal di lap di tembok atau baju Nyokap. Hidup gak mikir tanpa masalah dan gampang ngedapetin apa yang kita mau adalah cita-cita hampir setiap orang. Tapi ternyata hidup dan tumbuh dewasa adalah hal yang paling nyebelin dan gak setiap orang bisa "survive" ngejalanin apa yang dia pengen. Makanya gue selalu hati-hati banget untuk ngejalanin pilihan hidup. Karena gue tau, kerja keras untuk sesuatu yang kita gak suka adalah stress sedangkan kerja keras untuk sesuatu yang kita cinta itu namanya passion. Jujur aja, gue selalu berusaha untuk tetap bisa ngelakuin hal yang gue seneng dan gue punya hati di situ.
"Pengen kembali kecil" Selalu jadi wacana ketika gue lagi ada di posisi "rock bottom"
Dan ada pada posisi "terpuruk" dalam hidup itu enggak melulu harus soal gak punya uang, atau pun karena gak punya kerjaan. Mempertanyakan "value" lo sebagai manusia justru adalah hal yang paling "ganggu" dalam buah pikir kita sebelum kita tidur. Dan "value-value" tersebut juga beda-beda buat setiap orang. Gue sendiri karena kebiasaan punya "ukuran" pencapaian seorang da Vinci atau paling nggak Steve Jobs, jadinya sering banget mikir kalo gue masih banyak "utang" buat dunia ini. Gue malu kalo mau sombong. Malu juga kadang kalo masih males dan gampang nyerah.
Masalah dalam hidup ini emang dateng tiap hari kaya gak ada abisnya. Gue dulu mikirnya kalo gue udah ada di "posisi" yang gue pengen, paling gak masalah akan berkurang, atau bahkan gue udah nggak perlu kerja keras lagi dan bisa nyantai ongkang-ongkang kaki. Tapi pas gue ngeliat orang yg kayanya banget-bangetan dan ngeliat rekening Bank dia, terus dia masih kerja keras banget melebihi jam kerja gue. Di situ gue malu. Malu banget.
Dari situ gue gak pernah mikir lagi untuk gak kerja keras dan berpikir masalah akan berhenti kalau kita tambah pinter atau tambah kaya. Pada dasarnya masalah itu akan terus ada, dia akan terus ter-upgrade sebagaimana lo yang juga udah meng-upgrade diri lo sendiri. Gue ibaratin sesimpel masalah orang yang punya duit 1 juta memang akan beda sama orang yang punya duit 1 Triliun. Tapi masalah ya akan tetep ada.
Makanya kita pengen balik lagi jadi anak kecil yang kayaknya nggak mikirin apa-apa dan hidup semua terasa mudah. Lo inget gak dulu pas kita kecil, banyak hal yang susah-susah, dengan gampangnya kita bisa lakuin. Contohnya kita bisa jalan, naik sepeda, ataupun main game. Kita ga pernah denger apa kata orang. Kita fun dan punya semangat karena kita seneng ngejalaninnya. Level main game yang makin susah juga nemu aja jalan keluarnya dan permainan pun bisa selesai sampai kita juga bisa banyak ngelakuin hal yang baru dalam hidup.
Ada anggepan kalau anak kecil itu katanya emang jauh lebih cepet "bisa" ngelakuin sesuatu dibandingin orang dewasa. Tapi apa bener?
Kalo gue sih gak percaya. Karena menurut gue, itu semua cuma mindset dan gimana cara kita mau ngejalaninnya aja. Karena logikanya kaya gini, pengalaman kita sebagai manusia dewasa membuat kita lebih "mengenal" diri kita dibandingkan dengan anak kecil yang masih nyoba mengenal motorik dan "otaknya".
Gue udah pernah buktiin sendiri kemarin pas belajar main Snowboard awal tahun ini. Waktu gue belajar Snowboard, gue belajar barengan sama banyak anak-anak kecil yg jatoh-jatoh juga terus nangis karena takut. Kemudian pertanyaannya, apa ketakutan dan ketidakbisaan itu kemudian tidak dimiliki juga oleh orang dewasa? Gak juga, levelnya ya sama aja. Tapi pada akhirnya dari grup belajar Snowboard itu, gue bisa duluan tuh dibandingin sama anak-anak kecil itu. Karena apa? Karena gue punya mindset yang sama dengan mereka. Gue gak peduli kalo gue harus jatoh-jatoh, atau kedinginan. Karena gue emang pengen bisa main Snowboard dan gue seneng ngejalaninnya.
KAMU SEDANG MEMBACA
La Familia
General FictionHome is where Umi and Abi is. Jika lelah, pulang lagi pada percaya. Karena orang rumah akan selalu merayakan kepulanganmu.