Bab 366: Sebenarnya, menjualnya cukup hemat biaya.
Xiao Qinghe ingin sekali merawat istrinya, tetapi dia tidak bisa…
Rasa sakit di dalam hatinya berdenyut, tetapi dia tidak punya hak untuk mengatakan apa pun.
Ketika Su Qingyue melihat ketiga pria itu seperti ini, dia tahu mereka juga sedang menyakitinya. Dia merasa bahwa tidak peduli seberapa sulit atau melelahkannya, itu sepadan. “Jangan khawatir, aku benar-benar tidak akan menjual pakis goreng lagi di masa depan. Aku menjual resep pakis goreng ke Kedai Sumber Kaya, dan aku juga berjanji kepada mereka bahwa aku tidak akan menjual pakis goreng lagi,” katanya.
“Apa?” Xiao Yuchuan terkejut.
Su Qingyue bertanya dengan bingung, “Saudara ketiga, apakah kamu tidak senang? Bukankah kamu mengatakan bahwa penjualannya bagus?”
“Istriku, alasan mengapa pakis gorengmu begitu mahal adalah karena pakis yang dibuat orang lain rasanya pahit, tetapi pakis buatanmu lezat. Kamu bisa menjualnya seharga empat sen per jin! Di masa depan, jika kamu tidak menjualnya, dan ketika saudara kedua dan aku sudah pulih sepenuhnya, kami bisa pergi ke gunung untuk memetik pakis untuk dijual. Dan kamu menjual resep pakis gorengmu hanya seharga lima atau enam tael perak…” Dia melihat masih ada beberapa tas kecil dan kaleng bumbu yang tertinggal di kereta sapi tadi, yang tidak akan menghabiskan banyak biaya.
Su Qingyue duduk di tepi tempat tidur, menoleh ke arah saudara laki-laki kedua, “Saudara laki-laki kedua, kamu adalah kepala rumah tangga. Menurutmu, berapa harga jual resep tumis pakis agar layak dijual?”
“Sepuluh tael mungkin…”
“Apa yang dipikirkan saudara ketiga?”
“Setidaknya lima belas tael.”
Su Qingyue tertawa, “Saudara kedua lebih murah hati daripada Saudara ketiga.”
“Istriku, orang yang murah hati cenderung kalah…” kata Xiao Yuchuan.
Xiao Yishan setuju. Dia tidak berani menyebut Yue'er sebagai istrinya, dan mendengarkan saudara ketiga memanggilnya istrinya setiap hari membuatnya frustrasi. Setiap kali mendengarnya, hatinya terasa masam dan getir, tetapi dia tidak memiliki keberanian seperti saudara ketiga. Saudara ketiga tidak takut ditolak oleh istrinya, tetapi dia... dia takut.
Lagipula…dia berbeda dari saudara ketiga.
Saudara ketiga tampan, sementara dia…
Ketika dia melihat wajah istrinya yang tidak cantik, semakin dia ingin menghabiskan waktu dengannya, semakin dia merasa menyukainya. Sekarang setelah dia menjual resepnya, dia tidak ingin istrinya menyesal menjualnya dengan harga murah dan patah hati, jadi dia segera berkata, "Yue'er, tidak apa-apa menjualnya dengan harga murah juga. Lima tael perak tidak buruk."
“Harganya tidak murah. Bagaimana mungkin saya rugi?” Su Qingyue menjelaskan. “Bagi saya, saya sudah menghabiskan semua tumpukan pakis di sekitar sini. Semua orang di desa tahu bahwa pakis goreng saya dijual dengan harga tinggi, yaitu empat sen per jin. Saya bisa menjual semuanya dalam waktu kurang dari dua jam, dan penduduk desa iri dengan uang yang saya hasilkan. Saat ini, hampir semua orang di desa mencari dan memetik pakis untuk dipelajari dan dijual. Sekarang karena tidak ada lagi pakis yang tersisa di pegunungan sekitar, saya harus pergi ke pegunungan yang jauh untuk mencari pakis, yang terlalu melelahkan.
Jika saya tidak memetik pakis sendiri dan malah membeli pakis segar dari orang lain, mengingat semua orang tahu bahwa pakis goreng laku keras, mereka pasti akan menaikkan harganya. Saya perkirakan harganya paling tidak dua sen per jin, dan orang-orang mungkin tetap tidak mau menjualnya kecuali harganya naik menjadi tiga sen per jin. Mungkin bahkan dengan dua atau tiga sen, tidak ada yang mau menjualnya, semua orang ingin memasaknya sendiri dan menjualnya seharga empat sen per jin. Dengan asumsi saya dapat membeli pakis segar dengan harga dua sen per jin, dan menambahkan biaya minyak, garam, kereta, dan biaya hidup, maka keuntungan per jin hanya akan menjadi satu sen, bukan empat sen per jin seperti sebelumnya ketika saya memetik pakis sendiri.
KAMU SEDANG MEMBACA
Menantu Perempuan yang Bersemangat dan Pria Gunung
RomanceKeluarga Xiao, yang dikenal sebagai keluarga termiskin di antara para pendaki gunung, baru saja menghabiskan seluruh tabungannya sebagai mas kawin untuk menantu perempuan yang cacat, berkulit gelap, kurus, dan bisu. Diejek sebagai pengantin paling j...