Bab 161: menyakiti Saudara Keempat
....
Su Qingyue tersadar, melihat ekspresi wajah Saudara Kedua yang kaku, dan secara alami menyadari bahwa dia tidak suka ditatap seperti ini, "Aku akan mencuci pakaian."
Tatapannya tertuju pada tangannya, memegang mangkuk besar berisi sepotong Tahu putih di dalamnya, dan jari kelingkingnya mengaitkan seikat sayuran hijau yang diikat dengan rumput.
Dia tahu Keluarga Xiao tidak memiliki ladang, jadi jelas, saudara laki-laki kedua baru saja keluar untuk membeli sayur-sayuran dan Tahu.
Dengan wajah malu, Saudara kedua menjelaskan, "Yue'er, hari ini Saudara Kedua tidak menangkap mangsa apa pun saat berburu, dan tidak ada makanan di rumah, jadi aku membelikan kita sayuran. Aku harap kamu tidak keberatan."
Su Qingyue tiba-tiba mengerti bahwa Saudara Kedua merasa malu karena dia tidak menangkap mangsa apa pun, "Pergi berburu di pegunungan, selama kamu kurang beruntung, wajar jika kembali dengan tangan kosong. Saudara Kedua tidak perlu keberatan. Makan Tahu dan sayur-sayuran saja sudah cukup, lain kali... beli saja sayur-sayuran saja sudah cukup, menambahkan sepotong Tahu tambahan hanya membuang-buang uang."
Meskipun Saudara Kedua telah berhasil berburu dua kali terakhir, dia juga sadar bahwa tanpa ladang apa pun, selama masa berburu yang baik, mereka harus menukar mangsanya dengan uang dan menyimpannya untuk membeli makanan selama musim dingin yang keras ketika mangsa langka.
Mungkin tidak akan ada sisa uang di keluarga ini pada akhir tahun; jika tidak, mereka tidak akan terlalu miskin sehingga mereka tidak mau makan siang.
Bagi keluarga yang bahkan tidak makan siang, membeli sayur mayur dan tahu pasti menjadi sebuah kemewahan.
Selama lebih dari sepuluh hari, dialah satu-satunya orang yang makan siang di rumah; mulai sekarang, dia juga akan berhenti makan siang.
Xiao Yishan melihatnya begitu hemat dan terlalu memikirkan keluarga, dan dia merasa bersalah sekaligus tersentuh, "Yue'er, Saudara Kedua pasti akan berusaha sebaik mungkin untuk menghasilkan uang dari berburu dan membuat keluarga kita hidup lebih baik."
Yuchuan belum memisahkan rumah tangganya dari saudara laki-lakinya yang kedua dan keempat, jadi Su Qingyue tidak terlalu memikirkan kata-katanya, "Saya juga akan melakukan yang terbaik." Begitu telinganya tidak lagi tuli, dia juga akan menemukan cara untuk menghasilkan uang.
Xiao Yuchuan keluar dari dapur, mendengar percakapan antara Saudara Kedua dan istrinya, jejak kesedihan melintas di wajah tampannya.
Sebenarnya, Saudara Kedua sangat cakap. Meskipun terkadang dia tidak bisa menghindari kembali dengan tangan kosong, uang yang diperoleh dari menjual mangsa lebih dari cukup untuk pengeluaran sehari-hari mereka. Meski penjualannya tidak menghasilkan banyak uang, setidaknya masih ada pemasukan.
Sayangnya, selama empat tahun terakhir, karena pingsannya yang tidak dapat diprediksi, setiap kunjungan medis harus mengeluarkan biaya beberapa tael; dan Saudara Keempat membutuhkan tiga tael perak setiap bulan untuk uang obat.
Kondisi Saudara Keempat adalah kesalahannya. Jika bukan karena dia, Saudara Keempat tidak akan menjadi seperti ini sekarang.
Karena miskin, keluarga tersebut tidak mampu menanggung penyakit; pengeluaran sebesar itu berarti meskipun dia mampu, dia tetap tidak bisa menabung satu pun perak.
Xiao Yuchuan mengambil mangkuk berisi Tahu putih dan segenggam sayuran dari tangan Saudara Kedua dan berjalan kembali ke dapur.
Xiao Yishan berjongkok di hadapan Su Qingyue, mengambil pakaian yang belum dicuci dari bak mandi besar, dan mulai mencucinya dengan sukarela.
KAMU SEDANG MEMBACA
Menantu Perempuan yang Bersemangat dan Pria Gunung
Любовные романыKeluarga Xiao, yang dikenal sebagai keluarga termiskin di antara para pendaki gunung, baru saja menghabiskan seluruh tabungannya sebagai mas kawin untuk menantu perempuan yang cacat, berkulit gelap, kurus, dan bisu. Diejek sebagai pengantin paling j...