Bab 316: Menjual ikan mati
"Saya tidak akan menjualnya. Jika saya tidak bisa menjualnya, saya akan menyimpannya untuk diri saya sendiri."
"Bagaimana kalau dua sen?"
"Tiga sen dan tidak ada tawar-menawar. Beli saja atau tinggalkan saja. Bahkan jika saya tidak bisa menghabiskannya, saya bisa membuat ikan kering."
"Baiklah, tiga sen saja kalau begitu..." Qian Zhang mengira dia ingin makan ikan, dan dia mencari-cari di sakunya, hanya menemukan satu koin tembaga. "Timbang aku beberapa."
Su Qingyue langsung mengambil seekor ikan kecil dan meletakkannya di atas timbangan. "Tepat tiga sen."
"Ikan ini terlalu kecil... Tidak bisakah kau memberiku lebih banyak lagi..."
"Apakah kamu menginginkannya? Aku bisa memberimu lebih, tetapi kamu harus membayar lebih."
"Lupakan saja, aku ambil yang ini saja." Qian Zhang mengambil ikan yang ditusuk rumput oleh Su Qingyue, membayar uangnya, dan bergumam, "Ikannya terlalu kecil, tidak cukup untuk semangkuk sup..."
"Ck, ck... Qian Zhang benar-benar pelit..." Seseorang di dekatnya menggelengkan kepala dan menatap Qian Zhang dengan tatapan menghina, "Kamu murah hati, ya? Kamu punya banyak uang, bukan? Setidaknya aku membeli seekor ikan, tetapi aku belum pernah melihatmu membayar bahkan setengah sen!"
Orang itu merasa malu dan membeli satu Jin ikan secara impulsif.
Su Qingyue hanya memiliki dua ekor ikan yang tersisa di keranjangnya, dan dia melihat Wang Cuihua datang untuk mengambil air. Dia menusuk kedua ikan itu dengan rumput dan berjalan menghampirinya, "Cuihua."
"Eh, Qingyue, kamu juga di sini." Wang Cuihua baru menyadarinya saat itu.
"Ya. Aku baru saja menjual setengah keranjang ikan, dan sekarang hanya tersisa dua. Sepertinya tidak ada yang mau membelinya, jadi aku akan memberikannya padamu." Dia menyerahkan ikan itu padanya.
"Tidak, keluargamu bahkan tidak punya makanan sekarang..."
"Tidak apa-apa. Hari ini, saya beruntung. Saya menangkap dua keranjang ikan dan sekitar 220 jin jamur."
"Begitu banyak..."
"Ya." Dia mengulang alasan yang telah dibuatnya sebelumnya kepada orang lain, "Saudara keduaku melihat banyak jamur saat berburu tetapi tidak memetiknya, dan ada juga sungai dangkal di pegunungan yang dalam dengan air dangkal dan banyak ikan. Aku mendapatkan semuanya. Kamu tidak boleh menolak, kami tidak bisa menghabiskan semuanya."
"Baiklah kalau begitu." Wang Cuihua mengambil ikan itu, "Aku akan memberimu uang."
"Tidak perlu, ini hadiah. Berbicara tentang uang akan terlalu impersonal." Katanya, "Aku berutang satu setengah tael perak kepada keluargamu. Dalam beberapa hari, ketika aku sudah punya, aku akan membayarnya kembali."
"Tidak perlu terburu-buru."
"Kalau begitu, saya harus pergi. Saya belum memasak di rumah. Saya baru saja mendapat beberapa koin tembaga dari menjual ikan, dan saya ingin membeli makanan. Siapa yang punya makanan untuk dijual?"
"Keluarga Bibi Zhang berjualan tepung dan biji-bijian kasar. Dia orang yang jujur, dan harganya sama dengan harga di kota."
"Saya dulu beli tepung dari dia, tapi saya tidak tahu kalau dia juga jual tepung gandum kasar."
"Keluarganya lumayan. Mereka memiliki beberapa biji-bijian surplus setiap tahun. Harga biji-bijian mereka juga sama dengan harga biji-bijian di kota. Ada juga keluarga lain di desa yang menjual biji-bijian surplus mereka, tetapi harganya setengah sen hingga satu sen lebih mahal."
KAMU SEDANG MEMBACA
Menantu Perempuan yang Bersemangat dan Pria Gunung
RomanceKeluarga Xiao, yang dikenal sebagai keluarga termiskin di antara para pendaki gunung, baru saja menghabiskan seluruh tabungannya sebagai mas kawin untuk menantu perempuan yang cacat, berkulit gelap, kurus, dan bisu. Diejek sebagai pengantin paling j...