46 - 60

134 8 1
                                    

Bab 46: Makan siang istri sudah siap.

....

Bibi Zhang mengikutinya dan melihat jumlah nasi di dalam mangkuk, “Yo, Dashan, Bibi Wang baru saja bilang kamu tidak akan tahu cara hidup hemat, jadi dia menyuruhmu untuk tidak memasak nasi terlalu banyak. Ternyata kamu memanjakan istrimu dengan hanya memasak nasi untuknya?”

Bibi Wang juga melihat ke dapur, “Hei, tidak disangka Su Qingyue, gadis bisu itu, sebenarnya cukup diberkati. Lihat nasinya, bahkan tidak dicampur dengan ubi. Dashan, kamu benar-benar merawat istrimu dengan biji-bijian murni. Istrimu bukan orang yang peka, selama dia punya makanan untuk dimakan, dia tidak akan kelaparan. Menambahkan lebih banyak ubi tidak ada salahnya.”

Xiao Yishan melihat istrinya tidak menanggapi, mengira dia tidak mau makan. Dia berpikir karena dia telah makan begitu banyak apel liar, dia mungkin tidak lapar. Jadi dia hanya mengambil mangkuk dan menutup nasinya, berencana untuk memakannya nanti malam.

Telinga Qingyue sangat sunyi. Dia memang telah mendengar semuanya dan merasa kenyang karena memakan semua apel itu sehingga perutnya tidak dapat menampung makanan lagi untuk saat ini.

Paman Liu juga berkata, “Menantu perempuan keluarga Xiao sangat kurus, jika dia tidak makan lebih baik, saya khawatir dia tidak akan hamil.”

Xiao Yishan merasa malu dengan komentar orang lain tetapi tidak ingin kehilangan kesabaran. Hewan buruan kecil seperti kelinci dan burung pegar dijual berdasarkan berat keseluruhannya, sedangkan mangsa yang lebih besar dijual berdasarkan berat dagingnya setelah disembelih, dikupas, dan dikuliti.

Dia menimbang kedua kelinci itu dan berkata kepada Bibi Zhang dan Paman Liu, yang akan membeli kelinci liar, “Yang satu beratnya 5 jin, yang lain beratnya 5 jin 6 tael. Harganya masih lama, 12 sen per jin.”

Bibi Zhang memandang Paman Liu, “Liu Tua, berikan aku yang beratnya 5 jin. Bibi Hua memintaku untuk membelinya, dan dia berkata sekitar 5 jin adalah yang terbaik.”

“Baiklah,” Paman Liu berterus terang, “Memiliki lebih banyak daging, meski hanya tambahan 6 tael, adalah hal yang baik.”

Bibi Zhang bertanya lagi pada Xiao Yishan, “Dashan, apakah daging rusa roe yang kamu buru masih berharga 13 sen per jin? Saya mendengar dari orang-orang yang baru kembali ke desa dari kota bahwa seorang pemburu menjual daging rusa roe seharga 14 sen per jin kemarin.”

Nenek Sun, penduduk desa, yang datang untuk membeli daging, tidak senang mendengar ini, “Keluarga Zhang, bukankah kamu mencoba membuat Dashan menaikkan harga? Kamu pasti mengira kamu punya terlalu banyak uang di sakumu, ya?”

Bibi Zhang tidak senang, “Ada apa? Dashan adalah orang yang jujur, kami sebagai petani adalah orang yang lugas, dan kami mengutarakan apa yang kami pikirkan. Bukan masalah besar jika harga pasarnya lebih tinggi. Apakah kalian hanya ingin memanfaatkan keluarga Dashan? Anda hanya membeli satu atau dua jin, dan itu hanya beberapa koin tembaga lagi. Apakah itu akan membunuhmu?”

“Ya, itu akan membunuh kami!” Nenek Sun berkata dengan marah, “Keluargamu memiliki kehidupan yang lebih baik, jadi sesekali kamu bisa membeli daging sebagai kompensasinya. Keluargaku tidak memilikinya sebaik milikmu. Sangat sulit untuk mendapatkan satu koin tembaga, yang bisa membeli roti besar.”

Penduduk desa lainnya tidak ikut campur, karena kehidupan setiap orang tidak mudah. Keluarga yang lebih kaya tidak peduli dengan satu atau dua koin tembaga, namun beberapa keluarga harus sangat berhemat untuk membeli makanan daging. Meskipun keluarga Xiao sangat miskin, mereka hidup sebagai pemburu dan tidak kekurangan daging, hanya uang dan makanan. Kalau tidak, bagaimana Xiao Yishan bisa sekuat itu?

Menantu Perempuan yang Bersemangat dan Pria Gunung Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang