Bab 61: Mencuci Rambut
....
Su Qingyue ada di kamarnya, tidak mau berganti pakaian bersih. Dia terlalu kotor dan belum mandi. Jika dia mengganti pakaiannya sekarang, pakaiannya akan kotor lagi, dan dia tidak ingin memakai pakaian kotor setelah mandi. Dia juga tidak mau tanpa malu-malu meminta satu set pakaian bersih lagi kepada kakak keduanya.
Setelah memikirkannya, dia memutuskan untuk memakai pakaian basahnya saja, dan menunggu kakak keduanya menyiapkan air mandi. Kemudian, dia akan mengganti pakaiannya yang basah setelah mandi. Pakaiannya yang basah sudah lama menempel di tubuhnya, jadi tidak ada bedanya.
Saat Xiao Yuchuan hendak memikirkan apa yang harus dilakukan di luar pintu, Su Qingyue membukanya.
Dia bertanya dengan heran, “Istriku, kenapa kamu tidak mengganti pakaianmu yang basah?”
Su Qingyue mengabaikannya dan pergi ke dapur. Dia melihat kompor di kedua sisinya sedang membakar kayu bakar dengan kuat, satu sisi sedang menanak nasi, dan sisi lainnya sedang memanaskan panci besar berisi air panas.
Rambutnya lebih kotor dari tubuhnya, jadi dia pikir dia harus mencuci rambutnya terlebih dahulu.
Melihat air panas yang mengepul di dalam panci, dia mengira itu pasti panas.
Sudah ada setengah toples air di dalam toples air, rupanya kakak keduanya sudah membawakan air kembali. Jika tidak, setelah menambahkan air ke dalam panci besar untuk dipanaskan, tidak akan banyak yang tersisa di dalam toples.
Dia melihat sekeliling dan menemukan hanya ada satu baskom di dapur. Itu digunakan untuk mencuci piring dan sayuran, dan dia juga menggunakannya untuk mencuci buah-buahan sebelumnya. Rambutnya terlalu kotor, jadi dia tidak berencana menggunakannya untuk mencuci rambutnya.
Dia melihat sekeliling ruang penyimpanan tetapi tidak menemukan baskom yang bisa digunakan untuk mencuci rambut. Dia bertanya-tanya apa yang digunakan saudara laki-lakinya yang kedua dan saudara laki-lakinya yang ketiga untuk mencuci rambut mereka? Mengingat bak mandi sudah lama tidak digunakan, mungkin kakak keduanya dan kakak ketiga hanya turun ke sungai untuk mencuci diri dan rambutnya.
Dia hanya menemukan bak mandi kayu besar untuk mandi, yang berat. Dia lemah sekarang dan merasa agak sulit untuk mengangkatnya.
Saat dia membawanya ke halaman, Xiao Yuchuan mengulurkan tangan untuk membantunya, “Istriku, biarkan aku membantumu…”
Dia melemparkan bak mandi ke tanah di halaman dan menemukan dua meja untuk meletakkan baskom kayu.
“Istriku, kamu tidak berencana mandi di halaman, kan?” Xiao Yuchuan mengerutkan kening, “Itu tidak baik. Bagaimana jika penduduk desa yang lewat melihatnya… Haruskah saya kembali ke kamar dan mencari beberapa seprai untuk disobek dan membantumu menghalangi pandangan mereka?”
Sebenarnya dia menduga istrinya tidak akan benar-benar mandi di halaman. Dia hanya ingin menggodanya dan membuatnya tersenyum. Namun, istrinya bahkan tidak melihatnya sekali pun. Bak mandinya ditempatkan begitu tinggi, apakah itu dimaksudkan untuk mencuci rambut?
Su Qingyue mengambil seember air panas dari dapur dan menambahkan air dingin ke dalamnya, sehingga suhu airnya sesuai. Dia kemudian menambahkan air dingin ke dalam panci agar hampir penuh dan panas.
Setelah membawa ember air ke halaman, awalnya dia bermaksud menuangkan semua air ke dalam bak mandi untuk mencuci rambutnya. Namun setelah dipikir-pikir, meski dengan baskom kaki yang besar, rambutnya sangat kotor sehingga sulit untuk mencucinya hingga bersih tanpa air mengalir.
Jadi dia membungkuk, memegang ember air dan berdiri di dekat pagar. Dengan satu tangan, dia menggunakan centong kayu untuk menuangkan air ke atas kepalanya.
KAMU SEDANG MEMBACA
Menantu Perempuan yang Bersemangat dan Pria Gunung
RomanceKeluarga Xiao, yang dikenal sebagai keluarga termiskin di antara para pendaki gunung, baru saja menghabiskan seluruh tabungannya sebagai mas kawin untuk menantu perempuan yang cacat, berkulit gelap, kurus, dan bisu. Diejek sebagai pengantin paling j...