Bab 31: sulaman
....
Xiao Yuchuan menatap Su Qingyue sejenak, tapi dia menolak berjanji untuk tidak mencuri dari rumah lagi. Karena kesal, dia memutuskan untuk tidak memperhatikannya, memasuki ruangan, dan mengambil keranjang jarum dan benang untuk diletakkan di bawah atap.
Su Qingyue berkedip beberapa kali, apakah pria ini benar-benar… menyulam?
Memang benar, dia sedang menyulam pada selembar kain, dengan bunga teratai yang setengah jadi di atasnya. Bunga yang disulam tampak seperti aslinya, hampir seperti bunga asli.
Jahitannya cepat dan rapi, dan sulamannya luar biasa bersih dia adalah seorang penyulam berpengalaman.
Tidak disangka bahwa seseorang yang bisa menyalahkan dirinya sendiri hingga menjadi kepala babi akan begitu terampil dalam pekerjaan rumit seperti itu. Di zaman modern, ini pasti merupakan seni yang hilang. Pada zaman dahulu, biasanya perempuan yang menyulam, dan laki-laki yang bisa bekerja dengan jarum dan benang pasti jarang juga. Xiao Yuchuan melihatnya menatapnya, dan melambai padanya.
Dia pergi menemuinya.
Xiao Yuchuan menyerahkan saputangan bersulam dengan jarum di dalamnya, “Bisakah kamu membantu saya menyulam?”
Dia menggelengkan kepalanya. Dia bisa membunuh orang, tapi menyulam adalah sesuatu yang dia tidak mengerti.
Melihat bunga teratai di saputangan itu, terlihat jelas bahwa itu adalah saputangan wanita. Di rumah ini, selain dia, sang tamu, tidak ada wanita lain. Apakah pria ini menyulamnya untuk kekasihnya? Dia memikirkan tentang wanita muda yang dia temui di jalan yang mencoba ikut campur dalam pertarungannya; wanita itu sepertinya menyukainya dan rupanya mempunyai perasaan padanya. Apakah itu disulam untuknya? Dia tidak menyangka bahwa nama wanita itu adalah Shi Shanzao.
Xiao Yuchuan ditolak olehnya, jadi dia memasang wajah cemberut, “Kudengar saat kamu bersama Keluarga Zhu, kamu akan menjahit dan menyulam untuk menambah penghasilan keluarga kapan pun kamu punya waktu. Meski hasil biasa-biasa saja, kamu tetap bisa menjual saputangan sulaman seharga beberapa koin tembaga. Saya bahkan tidak keberatan pekerjaan menyulammu sangat buruk, tetapi kamu, seorang istri yang malas, bahkan tidak mau membantu saya menyulam. Apakah kamu meremehkan saya karena saya tidak bisa membaca atau menulis, tidak seperti putra kedua Keluarga Zhu yang bisa membaca dan menulis?”
Su Qingyue melirik wajahnya yang bengkak dan mulutnya yang membuka dan menutup; dia benar-benar mempunyai banyak hal yang tidak berguna untuk dikatakan.
“Dasar wanita tua yang bau!” keluh Xiao Yuchuan, “Aku paling benci menyulam barang-barang wanita! Jika bukan karena kamu mencuri delapan tael perak dari rumah, dan keluarga benar-benar membutuhkan uang, apakah saya akan menyerah menyulam sapu tangan wanita agar dapat menghasilkan uang? Saya meminta bantuanmu, tetapi sekarang kamu menolak. Menurutku kamu tidak cukup baik, dan aku khawatir tidak ada seorang pun yang menginginkan saputangan yang kamu sulam.”
Su Qingyue melihat ke langit dan tidak tahu apa yang dia gumamkan.
Sekarang pasti sudah hampir tengah hari, kan?
Apakah pria ini tidak berencana memasak makan siang? Apakah dia, sang tamu, harus memasak? Dia tidak menyebutkan bahwa dia terluka dan perlu pulih, tetapi bahkan jika dia bersedia berjuang melawan luka-lukanya, dia tidak akan merasa nyaman mengganggu panci dan nasi orang lain!
Mungkin… orang-orang di desa kuno tidak makan siang sepagi ini?
Yah… dia akan menunggu lebih lama lagi.
Dia menjadi sedikit lapar, dan dia tidak ingin kesulitan keluar dari sungai nanti saat dia pergi mandi.
Di jalan berlumpur keras di desa, Xiao Yishan telah kembali dari berburu. Begitu langit cerah, dia naik gunung, tempat dia biasanya tinggal sampai gelap sebelum kembali.
KAMU SEDANG MEMBACA
Menantu Perempuan yang Bersemangat dan Pria Gunung
RomanceKeluarga Xiao, yang dikenal sebagai keluarga termiskin di antara para pendaki gunung, baru saja menghabiskan seluruh tabungannya sebagai mas kawin untuk menantu perempuan yang cacat, berkulit gelap, kurus, dan bisu. Diejek sebagai pengantin paling j...