.
Sekiranya sudah seminggu keluarga Pamin di Jogja. Mereka sudah berkeliling kota. Dari yang timur, utara, barat, hingga selatan mereka jelajahi semua.
Sampai-sampai Bulin tidak sanggup untuk menemani mbahkung menjaga tokonya. Karna Ino sejak hari ketiga disana sudah rewelnya minta ampun. Tidak mau ditinggal dan maunya digendong.
Sejenak Pamin mau menggantikan gendongan pun Ino tak mau. Harus buna nya yang menggendong. Kalo kata Ino "Apak dendongnya nda benel" alias kadang digendong galon.
Alih-alih biar Ino berhenti rewel malah makin kejer nangisnya. Jangan dicontoh ya bun. Nda baik.
Perjalanan pulang pun tak selama waktu berangkat. Ya jelas saja. Berangkat nya mereka saja tahun baru. Pasti macet sana sini. Sehari mereka dijalan lumayan senggang. Beberapa kali pun mampir ke rest area untuk sekedar jajan cemilan. Bonus Rino sekarang jadi tambah gembul dan terlihat lebih besar ketimbang seminggu lalu. Agaknya Rino makmur di Jogja.
"Bun, besok kalo masuk SMP, Rino mau di Jogja aja sama Mbah." celetuk Rino secara tiba-tiba waktu di rest area.
Bulin tampak mbrambangi (berkaca-kaca)
"Rino ngga mau ya tinggal sama buna lagi?"
"Ngga gitu bun. Rino kemaren diajak main sama mbah ke pendopo Taman Siswa. Disana lagi digelar lomba teater. Kata mbah ada sanggarnya. Rino mau ikut itu." jelasnya agar Bulin tak salah paham.
"Eleh. Kek bisa ekting aje lo."
"Ya aku mah gajago ekting ka. Yang jago ekting cuma ka Kino sama Ino doang. Aku mah apa atuh." Rino ngenunduk.
"Tuh kan. Cemen begitu mau ikut teater. Gini gue kasih tau lu. Kalo mau ikut seni begitu kudu bisa berekspresi. Elu kudu punya kepercayaan diri. Mental lu juga kudu stabil. Elu dikatain dikit aje mleyot. Ntar kalo udah masuk sanggar elu dikata gurunya minder."
Kino ni sekali ngomong ngeselin taoi ada betulnya emang.
"Kamu tuh. Adeknya di support jangan dibikin down gitu." bela Bulin.
"Ih gapapa bun. Lagian yang dibilang ka Kino bener. Rino serius ini mau sekolah di Jogja aja. Tinggal sama Mbah. Besok Rino bakal lebih giat lagi deh belajarnya biar masuk SMP Favorit. Buna tenang aja. Rino bakal kuat kok." Gayanya sambil nepuk-nepuk dada dengan bangga.
"Buna ka Ino nomongin apaci? Ino nda nerti."
"Besok Kak Rino mau tinggal sama Mbah kalo udah mau lulus" kata Bulin halus.
Kino sama Pamin yang berakhir dengerin mereka ngobrol cuma sesekali nyelewengin mata. Sebelum masuk mobil pun Pamin sempet ngegeret Kino ke kamar mandi.
"Apasih pak. Geret-geret aja emang Kino kambing?" omelnya.
"Ssssttt. Liat tuh. Ada cewe Canㅡ"
"BUNAAAAAAAAAAAAPFFFFDDDTT"
Suara Kino langsung tersumbat tangan Pamin.
"Wadulan."
(ngaduan)"WKWKWKWKWK. Lagian si bapak udah punya Buna yang asemlehoy cikidumdum gitu masih ada zina mata."
"Bukan gitu. Diliat baik-baik! Itu siapaaaa." Tangan Pamin memegang kepala Kino dan mengarahkan ke cewe yang dimaksud Pamin.
"Bangsat."
"Cih. Dasar anak muda. Roman picisan. HEH MAU KEMANA NO? AYO PULANG!"
Kino langsung lari nyamperin ke cewe tadi. Cewe itu lagi sama cowo. Dan kebetulan Kino liat sendiri kalo mereka pegangan tangan di atas meja.
"Han." panggil Kino.
Yang dipanggil jelas saja menoleh.
Terkaget, terkejut, terjungkal, terjerempab. Ga ding ~
Spontan Hani menjauhkan tangannya dari si cowo didepannya.
"L-loh Kino kok sampe sini?" tanyanya masih gemetar.
"Abis jalan sih. Untung bapak kasih liat kalo ada kamu disini. Jadi ya ga perlu susah - susah lah aku buat mertahanin lagi hubungan kita."
"MAKSUDNYA APA KINO?"
"Ya kan kamu pinter, dicerna sendiri aja."
Setelah kalimat terakhir itu, Kino langsung berlari menuju mobil tak menghiraukan panggilan dari Hani.
"HUEEEEE BUNAAAAAAA. HANI SELINGKUH HUEEEEEE"
(kira-kira begitu ekspresi Kino wkkwk)
"Hah. Gimana No?"
"Tadi bapak tu liat kaya pacarnya Kino lagi makan di cafe sebelah tu. Tapi sama cowo. Terus pas Kino liat lagi pegangan tangan. Yaudah kayanya selingkuh kan terus udah jelas pasti Kino putusin." jelas Pamin dengan rinci.
"Ooooo... Jadi matamu jelalatan to?" sindir Bulin.
(Mata kamu liriklirik)"Heh. Rasopan ro bojone. Ya ga gitu. Kan ngga sengaja tadi tu pas liatnya si pacarnya Kino yang anaknya mantanmu tuh. Ewh banget. Untung ngga jadi besanan sama mantanmu."
Pamin menunjukan muka julidnya. Setelah agak tenang, baru menjalankan lagi mobilnya.
Kino cuma diem aja sampai rumah. Ngga ngomong sedikitpun. Kasian putus cinta :(
.
.
oks. dah segitu.
Kayanya chapter depan, Rino sama Ino upgrade visual nya. wkwkkwKarna mulai Chapter depan, Mau langsung ke beberapa tahun kemudian biar kek sinema sinema di tipi gitu xixixixi.
KAMU SEDANG MEMBACA
Noa's Family ~
HumorLEEKNOW LOKAL. semoga menjadi keluarga yang selalu memberi hiburan kaum-kaum rebahan :)