17.

745 154 20
                                    

.

Malam takbir ini terasa meriah. Banyak peserta lomba takbiran lewat depan rumah Pamin. Karna Ino masih kecil jadi liat didepan rumah sedang Rino ikut takbiran. Pamin tim memantau jalanan biar ngga serabutan barisnya.

"Bunaaaa itu kaa Inoooo ~" tunjuk Ino ke Rino yang ada dibarisan pegang gendang.

"Wah iya itu ada akang gendang" jawab Bulin.

"KAAA INOOOOO KAAA INOOOOOO"

Teriakan Ino ngalahin suara gema takbir barisan depan. Rino yang denger juga cuma liatin aja tanpa ekspresi.

"Bunaa akaa Ino nda iat Inoo yaa?"

"Liat tadiii.."

"Api nda dawab adi as Ino anggil bunaaaa"

"Kan kak Rino gaboleh ngomong dibarisan.."

"Tenapa bunaa?"

"Ya kan lagi ada yang takbir.."

"Tabir apa bunaa?"

"Itu.. Allahuakbar... Allahuakbarr.."

"Ooooooo tu tabir bunaa?"

"Iyaaa.."

"Ecok alo Ino dah dede au itut tabir!"

"Iya besok yaaa kalo dah kuat jalan jauh.."

Ino manggut-manggut sambil liatin rombongan lainnya yang masih lewat sampe habis.

.

Keesokan harinya, kelyarga Pamin siap-siap buat sholad eid. Btw Kino idul adha nya di propinsi orang yess..

"Mas gek cepet selak mulai."

"Sabar to dek. Peci ku neng ndi?"
(peciku dimana)

"Halha mau wes tak cepakno neng kasur bareng klambimu. Mosok ra eruh?"
(Lhah tadi udah tak siapin di kasur sama bajumu. masa ngga liat)

"Ora ono mbok tenan. Nek ngapusi aku bagus wes. Tapi aku jujur dadi luweh bagus."
(ngga ada beneran. kalo bohong aku jadi ganteng. tapi aku jujur jadi lebih ganteng.)

Bulin langsung otw kamar sambil gendong Ino. Ngeliat ke kasur dan emang gaada. Udah dibolak balik selimutnya juga gaada.

"Buna ari apacihhhh" gerutu Ino yang kepontang panting karna Bulin nundak nunduk terus.

"Peci bapak Ino.. In............. Kamu kemanain peci bapak Inoo? Tadi buna ninggalin kamu disini."

"Eci tu apaaa?"

"Buat tutup kepala. Topi. Ino tau topinya bapak yang disini?" Bulin nunjuk ujung kasur tempat terakhir taruh peci.

"Ndatauuuu....."

"DAH KETEMU DEK! DITERAS ISI PASIR!" teriak Pamin dari luar.

Culin auto kedepan nyusul Pamin dan liat beneran pecinya isi pasir. Lagi juga tadi sebelum mandi, Ino main pasir. Pas bokongnya gatel baru masuk dan sambat ke Bulin langsung dimandiin tanpa Bulin cek keluar.

"Tadi siapa yang bilang nggatau hem?"

Ino cuma nyengir tanpa bersalah. Taulah ya anak kecil ekspresinya gimanaaaaaaa.

"Weslah. Tak jipukne neh."
(Udahlah tak bilin lagi.)

Pas udah diambilin Bulin, Rino juga udah siap didepan nunggu mau sholat bareng di masjid.

Hari yang cerah untuk jiwa yang sepii ㅡ weh

Lepas sholat, keluarga Pamin manthengin di masjid nunggu jam penyembelihan.

"Mas iku onok Mantan." kata Bulin. Pamin auto panik.

"Mantan e sopo?" tanya Pamin.

"Iku lho Mantan giliran nomer 3 le mbeleh."
(itu mantan giliran nomer 3 disembelih)

Pamin udah mau keringet dingin dikira ada mantannya juga disana taunya kambing yang diqurbankan keluarga Pamin dinamain Mantan sama Bulin :)

Jadi Bulin dengan bangga mengikhlaskan mantan untuk disembelih. Semoga menjadi berkah..

Selamat hari Raya Idul Adha buat yang merayakan!
jangan kebanyakanakan daging ya. Diimbangi sayurnya juga nanti njeglek. Apalagi yang darah tinggi hati-hati banget ya jaga kesehatan biar bisa makan aneka olahan daging beberapa hari kedepan!

 Apalagi yang darah tinggi hati-hati banget ya jaga kesehatan biar bisa makan aneka olahan daging beberapa hari kedepan!

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.

salam dari buah yang nggak jatuh-jatuh wkkwkwkw

Noa's Family ~Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang