Hari H.
Hari keberangkatan Alaska, hari ini.
Siang ini pukul sebelas siang, menuju Boston, seorang diri.
Di antar ke Bandara sama Ambu, Abah, Angkasa, Yuju juga. Tentu aja, seseorang yang jadi alasan Alaska milih kuliah ke luar negeri juga hadir. Althea Megan ada di sana juga.
Cewek itu udah dari tadi nahan tangis nya, berat tau pisah sama sahabat sendiri itu.
"Bah, Mbu, Aa' pergi dulu ya?" Alaska pamit ke Abah sama Ambu nya, dia saliman.
"Baik-baik di Boston nya. Tiap hari telpon Ambu, biar bisa mantau perkembangan kamu." Ambu nya ngasih nasihat ke anak tengahnya itu.
"Inget, A. Kamu di Boston bukan sekedar kuliah, ada hal lain yang jadi tanggungan kamu di sana." Abah nya nambahin.
Megan ga ngerti tanggungan apaan, tapi bodo amat.
"Woi, cabut nih gue?" Alaska nge fist bump abang kembarnya yang keliatan mau ikutan nangis kayak Ambu nya tapi ga bisa.
"Pulang tiap tahun lo! Awas aja kalo enggak!" Angkasa meluk kembarannya itu. Sayang betul aslinya Angkasa ke Alaska, cuma itu anak kayak bangkai, ga bisa di ajakin sibling goals.
Terus Alaska jalan ke depan Yuju yang cemberut. "Entar yang bantuin gue Snm siapa?" Yuju nangis, dan langsung melukin Aa nya itu.
Alaska ketawa. Aslinya dia ga mau ke Boston. Tapi— dia mau move on, ya walaupun bukan cuma itu sih alasan Alaska sebenarnya.
Masih masalah background keluarganya, mereka udah di usik. Dan Boston satu satunya tempat buat Alaska bisa nyelesein permasalahan yang bersangkutan sama background gelap keluarga dia.
Dan ini juga salah satu alasan kenapa Alaska ga mau jalin relationship sama Megan. Dia ga mau Megan terjerumus ke lingkar masalah background gelap keluarga dia. Cukup dia sama Jagatra's yang ngurus beginian.
Sehabis meluk Yuju, Alaska langsung berpindah ke sahabatnya yang udah mulai nangis.
"Ga usah balik ke Indo lah lu!" Megan ngomong.
Alaska ketawa. "Kangen lu entar sama gue kalo gue ga pulang pulang."
"Berisik lo mah, Ska!"
"Entar Ambu daper menantu orang Boston ya ga, Meg?" Ambu nanya.
Megan ngangguk. "Nambah PR Ambu sama Abah tuh, pas mau nikahan bolak balik Boston, kan?" Megan ketawa kecil.
"Ah kayaknya ga deh, ga sanggup Ambu mah. Mau yang orang Indo aja lah." Ambu ngebales.
Sekalian ngode sih, siapa tau Megan peka gitu kan. Tapi ya— Althea Megan kan kepekaan nya mendelep ke perut bumi. Udah ketelan di segitiga Bermuda.
Alaska narik Megan buat dia peluk. Alaska ga mau nangis, tapi kenapa rasanya berat banget, mata dia panas, tapi sebisa mungkin dia tahan.
Ambu nya yang ngelihat itu langsung secara diem diem nge hapus air mata anaknya itu, biar ga ketahuan Megan kalau sosok cowok nyebelin yang nyebat di rooftop dua tahun lalu itu nangis.
"Heh, udah dong nangis nya, jelek banget lu ini!" Tegur Alaska ke Megan yang ga mau lepasin pelukannya.
"Diem lu!" Megan ngeratin pelukannya. "Apapun itu, tiap hari lu harus nelpon gue. Biar lu inget kalo lu punya sahabat cantik kayak gue!" Terus Megan lepasin pelukannya.
"Yeu Tante!" Alaska ngangkat tangannya buat ngusap mata Megan. "Baik-baik lo, jangan banyak tingkah, kurang kurangin ke club nemenin Gala."
"Iyaa.."
Alaska natap Megan, ada rasa buat dia batalin keberangkatan nya Boston, tapi Alaska ga bisa, dia mau move on, dia punya kerjaan lain juga.
"Sebelum penerbangan, Ambu sama yang lain mau beli makanan buat kamu dulu ya? Ngobrol dulu gih sama Megan." Ambu nya tuh peka kalau anaknya butuh privasi, makanya dia ngajakin keluarga dia nyari makanan buat Alaska.
Begitu di tinggal, makin menjadi lah tangis Megan yang udah dia tahan dari tadi.
"Ya Gusti kok makin kejer ini tangis nya?" Alaska ketawa, mau ngakak tapi ga bisa, ya udahlah ketawa kalem aja.
Makin di tanyain Megan nya makin nangis. "Tega lo ninggalin gue?"
"Ya namanya juga kuliah loh, sekali seumur hidup nih gue bisa dapet kuliah bagus." Alaska narik Megan lagi buat dia peluk. Tangannya ngusap ngusap kepala belakang Megan.
Megan nenggelamin dirinya di pelukan Alaska, kepala dia di simpen di perpotongan leher Alaska mengingat tinggi mereka ga begitu beda jauh. "Entar lupa ga lo sama gue? Entar lo kalo punya pacar malah ga anggep gue sebagai sahabat lo lagi, gimana?"
"Ga bakal ya elah, pemikiran lo tuh dangkal amat?" Alaska ketawa kecil lagi, walaupun aslinya dia nangis, cuma ga separah Megan.
"Nanti gue kangen lo gimana?" Megan nanya.
"Skype ada Althea Megan. Udah dong nangis nya?"
Makin di suruh berhenti ya makin nangis lah Megan-nya. Susah berhenti yang ada ini mah.
Wajar sih, udah dua setengah tahun bahkan hampir menginjak tiga tahun dia sama Alaska jadi sahabat.
Udah banyak hal yang mereka lalui bareng. Mulai dari tragedi rooftop sama rokok juga permen strawberry, tragedi matematika yang memaksa Alaska buat ajarin Megan sampai akhirnya di traktir minum starbak.
Tragedi Jeffrey yang kepaksa Alaska ngaku sebagai pacar Megan. Tragedi di sirkuit balap liar yang bikin Megan trauma buat bikin Alaska kesal lagi.
Adegan pelukan di vespa yang Megan lakuin tanpa sadar bikin Alaska baper.
Dan beberapa bulan lalu targedi Midnight Ride Car ala dua pasangan yang lagi pacaran, lagi ngelakuin date. Segitu banyaknya eksistensi ketemu mereka, jelas itu berbekas banget di pikiran Megan.
Bahkan Megan sendiri ga pernah kepikiran kalau dia sama Alaska bakalan sahabatan sampai kapan. Ga pernah kebayang sama Megan kalau dia bakalan jalanin dunia perkuliahan itu tanpa Alaska yang udah nemenin dia semasa putih abu-abu nya.
Karena awalnya Megan pikir dia bakalan bareng Alaska terus di setiap tingkatan yang mereka lalui. Ternyata sekarang udah enggak.
"Baik baik lo di sana." Megan ngomong sambil lepasin pelukannya.
"Iya. Lo juga."
"Belajar yang rajin, lo bilang mau sarjana nya tiga setengah tahun, biar cepat kelar sampai spesialis."
Alaska ngangguk.
"Terus juga jangan coba-coba makan sembarangan, lo calon dokter, harus makan yang sehat biar lo sehat terus. Nah kalo di sana ada bear brand jangan lupa paketin ke gue, biar gue tau rasa bear brand di Boston." Megan ngomong lagi.
Alaska ngangguk. "Anything for bestie."
Megan ketawa.
Alaska natap Megan, dia ga pernah nyangka kalau ending nya bakal begini. Pada akhirnya dia milih jalannya sendiri, ninggalin Megan.
Ya udahlah, kalau ujungnya Alaska ga bisa jadiin Megan pasangan nya, seenggaknya apa yang udah mereka komitmen kan sebagai seorang sahabat udah cukup buat Alaska.
Toh dengan cukup jadi sahabat nya Megan, Alaska ngerti kok kalau mencintai seseorang ga harus sampai memiliki. Di sini Alaska paham, kalau jadi penopang Megan aja udah bikin dia ngerasa cukup.
Karena dengan begitu, Megan bakalan tetap ada di jangkauannya tanpa ada kata putus.
---
KAMU SEDANG MEMBACA
We | Im Changkyun ✓
Novela JuvenilTentang Kita Kita yang dipertemukan semesta untuk mematahkan persepsi tua orang-orang tentang persahabatan lawan jenis Tentang Kita yang dipertemukan semesta untuk memahami arti menyukai sendiri Tentang Kita yang dipertemukan semesta untuk belajar...