Tujuh Belas

3.3K 604 146
                                    

Reiga

"Jadi udah kalian berdua lurusin nih? Yakin?"

"Plis deh, kalian bertiga bisa nyantai gak? Kan gue udah jelasin dari kemaren, masalahnya udah clear. Kayak apaan aja grebek-grebek rumah orang, baru pulang juga."

"Gini, Vel, kita mau mastiin aja takutnya lu kenapa-napa."

Tadinya gue mau buru-buru masuk dan menepati ucapan gue terhadap Wiya— ciumin dia sampe puas. Tapi kayaknya harus batal, soalnya pas kita baru nyampe gerbang, tiba-tiba aja tiga orang lelaki turun dari mobil dan langsung pasang badan.

Siapa lagi kalau bukan bodyguard-nya Wiya; Ari, Nino, sama Theo.

"Gak liat nih gue rapet banget sama Reiga?" Wiya masih gak melepaskan gandengannya di lengan gue. Dia keliatan jengkel, mana dari tadi Nino gak berhenti ngomong dan melayangkan bermacam-macam tuduhan. Kali ini gue setuju sama Wiya. Di diri Nino kayaknya emang hidup seekor setan anarkis yang demennya menyulut keributan.

"The, lo gak jelasin ke Ari sama Nino kalo semuanya udah clear?" Gue menatap Theo yang entah kenapa mukanya stress banget.

"Udah, tapi mereka pengen mastiin langsung. Gue baru banget balik seminar di Karawaci, terus tau-tau diajakin ke mari sama mereka." Penjelasannya cukup membuat gue paham kalo situasi Theo serba salah banget pas ngehadapin dua temennya yang emosian ini.

"Masuk dulu deh, gak enak sama tetangga." Gue membuka pintu gerbang lebar-lebar supaya tiga orang itu bisa masuk ke dalam. Sore-sore gini, banyak tetangga yang bersiap pergi ke mesjid dan otomatis keributan di depan rumah gue memancing rasa penasaran mereka. Takutnya mereka ngira gue ditagih debt colector pinjol— ya walau perawakannya emang mirip-mirip sih.

"Pertama, gue udah jelasin semuanya ke Velia. Yang dia liat di rumah sakit itu kesalahpahaman, walau memang ceweknya tuh mantan pacar gue. Dia perawat di sana, otomatis besar kemungkinan buat kita ketemu dan gue gak bisa nolak kunjungannya apalagi itu jam kerja dia. Kedua, gue juga udah jelasin alasan kenapa gue gak ngasih tau dia kalo gue masuk rumah sakit. Ini semuanya bener-bener salah paham dan miss komunikasi antara gue sama Veli. Ketiga, ada hal lain yang gak bisa kita sebutin. Tapi sekarang kita udah beresin semuanya dan di antara gue sama Veli udah gak ada masalah lagi."

Gue nyaris tidak bernapas saat memberikan penjelasan yang lebih mirip seperti pidato kepala sekolah itu. Daripada emosi gue meninggi dan ujungnya pengen baku hantam, mending gue ngomong panjang lebar sampai mulut gue mengeluarkan busa.

"Makasih buat perhatiannya, maaf juga kalo masalah ini ikut bikin resah kalian semua. Tapi beneran, lo semua gak perlu khawatir soal apa-apa lagi. Ke depannya, gue bakalan lebih hati-hati dan selalu mengutamakan komunikasi. Masih ada yang mau ditanyain dan kurang jelas di telinga kalian?"

Nino menautkan kesepuluh jari-jemarinya, "Lu sayang gak sih sama Velia? Lo pas nikahin dia ... beneran karena lo suka ke dia dan pengen hidup sama dia, atau karena ada alasan lain yang gak kita tau apa?"

"No, gue rasa pertanyaan lo udah kelewatan deh." Ari melerai. Kalau Theo jelas diam karena dia juga pernah melayangkan pertanyaan yang sama kepada gue beberapa hari lalu.

"Sebego-begonya orang, nggak ada yang nikah tanpa kecocokan dan tanpa rasa sayang. Kalo gue gak sayang sama Veli, ngapain gue bawa dia pulang lagi ke rumah ini setelah kesalahpahaman itu terjadi?" Agaknya dua kalimat tersebut berhasil membuat Nino terpuaskan. Matanya udah gak segeram tadi, lebih keliatan tenang walau mukanya masih belum ramah seperti Nino biasanya.

"Lo tau kan, Rei, buat kita Veli itu bukan cuma temen, tapi juga keluarga. Dia kayak saudara, adik, kakak, bahkan ibu bagi kita." Iya, gue tau, Ri. Bahkan di mata temen lo yang satu lagi, Alawiya Velia adalah perempuan yang dia suka. "Meski gak nunjukin secara langsung, kita peduli banget sama dia. Kita ikutan ancur pas liat dia nangis-nangis di rumah dan ngasih tau kalo alasannya itu lo."

113Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang