"satu, dua, tiga, empat- eh kok berhenti sih nak" kata Indira pas Azila belajar jalan dan berhenti di langkah ke 4, terus bengong ga tau deh lihatin apa "eh tuh kan" Indira langsung nangkap Azila yang mau jatoh "nyenyen" kata Azila "hm, yaudah" kata Indira terus ngebawa bayi umur 10 bulan itu ke kamar buat ditidurin karena udah waktunya tidur siang dan Indira harus mempersiapkan masakan masakan buat di jual nanti sore.
"Huuuft, semangat Indira" gumam Indira yang nyemangatin dirinya sendiri.
Iyap, Indira udah berhenti kuliah, suatu pilihan yang berat yang bahkan ayah sama ibunya Indira kecewa banget sama Indira. Indira berhenti kuliah karena pengen fokus nyari yang buat Azila.
Sempet adu mulut sama ayah dan ibunya. Karena seperti yang ayahnya Indira bilang, kondisi tubuhnya Indira ini emang gak kayak orang orang normal pada umumnya. Indira punya beberapa kelainan yang emang gak kelihatan secara fisik, dan punya beberapa penyakit bawaan lahir yang sering kambuh. Itu bikin ayah sama ibunya Indira bener bener gak tega biarin Indira cari uang sekalipun mereka ngebantu buat modal. Karena dari kecil Indira udah tumbuh tanpa rasa kekurangan.
Dan padahal Indira juga mau lulus, tapi sekali lagi semua itu ada di Indira, gimana maunya Indira ya itu juga yang jadi keputusannya Indira.
Sekarang ini Indira juga udah buka warung ya gak gede sih, ayahnya bikinin kayak ruko gitu di depan rumah, dan buka setiap jam 3 sore sampe jam 7 malem. Indira baru jualan 1 bulan yang lalu dan ya karena rumahnya Indira ini ada di pinggir jalan raya dan deket kampus dan otomatis rame dong, dan banyak juga yang beli padahal masakannya Indira gak begitu enak.
Sekarang ini Azila juga udah mulai bisa jalan, dan tentu Indira mulai was was sama pergerakannya Azila, takut jalan kemana mana terlebih Azila suka mejeng di depan rumah soalnya banyak bunga, Azila suka banget sama yang namanya bunga atau tanaman.
Dan sejak Indira gak kuliah, Indira pun nyuruh ibunya pulang soalnya Indira udah ngerasa bisa ngurus Azila sendiri sambil nyambi masak.
"Nah udah" gumam Indira pas udah kelar masak buat di warungnya, ada 10 macam menu, ya sebagian emang udah dimasak pagi jadi pas mau dijual tinggal di angetin lagi "tinggal ditata deh" gumam Indira terus nata nata masakannya di etalase.
"A a" si bayik yang tetiba keluar rumah dan nangis nyari bundanya "udah bangun" kata Indira terus langsung ngegendong Azila "yuk mandi dulu" kata Indira terus mandiin Azila.
Bayi umur 10 bulan itu nampak bahagia bermain air, dia emang paling suka pas mandi. Dari jaman baru lahir kalo udah waktunya mandi tuh anteng banget.
"Selesai" kata Indira terus ngebawa Azila ke kamar buat ganti baju.
"Azila, Azila anaknya siapa?" Tanya Indira "nda" jawab Azila "bundanya Azila yang mana?" Tanya Indira, Azila nunjuk Indira "aaaa pinter, anaknya bunda udah makin gede" gumam Indira yang jadi terharu.
"Bismillah semoga aja hari ini laris" gumam Indira sebelum buka warung berdoa dan dulu terus ngebuka pintu dan jendela.
15 menit kemudian, langsung dan tu banyak para mahasiswa kampus yang dateng buat beli makan ke warungnya Indira, soalnya kalo nunggu abis Maghrib keburu abis.
"Alhamdulillah, abis" gumam Indira pas masakannya udah abis di jam 7 pas. "Mbak kulo mantok riyen nggih" kata orang yang jadi buruh cuci piring di warungnya Indira "o njeh Bu, niki damel njenengan" kata Indira ngasih upah buat orang yang jadi buruh cuci piring tadi "o njeh mbak, matursuwun" kata orang tadi terus pergi.
Udah 1 tahun tinggal di Jogja lumayan lah ya Indira bisa bahasa Jawa dikit dikit.
"Alhamdulillah uang udah mulai kekumpul, bisa rayain ulang tahunnya Azila" gumam Indira.
Ayahnya Azila udah gak pernah lagi nanyain kabarnya Azila atau Indira, padahal mereka masih sama sama nyimpen nomor WhatsApp yang bahkan tiap kali Indira bikin status atau sebaliknya ya sama sama lihat tapi gak ada respon sama sekali, Indira rada sakit sih pas Agung bikin status di WhatsApp nya lagi gendong anak dari istrinya. Rasanya bener bener iri, soalnya Azila gak pernah ngerasain itu. Tapi Indira biarin aja toh dari awal Agung emang udah gak mau tanggung jawab dan malah nyuruh Indira gugurin kandungannya.
"Anakku udah gede aja, kayak baru kemarin nahan sakit buat ngelahirin makhluk kecil ini" batin Indira sambil ngelus kepalanya Azila "maafin bunda ya nak, sampe sekarang belum bisa jadi ibu yang baik buat kamu" kata Indira terus meluk Azila.
Indira inget dulu pas ngelahirin Azila susahnya minta ampun karena ternyata Azila ini posisinya sungsang alias kepala diatas kaki dibawah. Padahal pas di USG semuanya normal tapi kayaknya pas mau dilahirin tu bocah muter posisi haha.
2 jam setelah Azila lahir, Indira pendarahan mendadak, dan itu parah banget sampe harus di transfusi darah 4 kantong.
Gak nyangka nya Indira bisa besarin makhluk gak berdosa itu walau tanpa suami.
Beberapa minggu kemudian...
"Horeeeee, tiup lilinnya" kata ayah ibunya Indira, kakak kakaknya Indira dan Indira sendiri "huuuuuuft" Azila niup lilinnya tapi ada air liurnya juga yang muncrat bikin lilinnya gak mati mati "hahaha gimana sih" kata Indira terus niup lilinnya dan ngelap mulutnya Azila yang udah basah gara gara iler. "Yeeeee" si bayik yang sekarang udah genap umur setahun yang bersorak seneng terus nyaplok roti tart nya pake tangan mungilnya.
Hari ini bayi kecil itu udah setahun ada di dunia. Ngasih keceriaan di hidupnya Indira. Nemenin Indira dengan segala tingkah nya yang menggemaskan sekaligus menyebalkan.
Sekarang bayi yang gak diharapkan oleh ayahnya sendiri itu tumbuh jadi anak yang bener bener pinter. Dia udah mulai bisa ngomong dan lari lari.
"Gak nyangka banget Azila sekarang udah setahun. Kayak baru kemarin aja gitu ngelahirin dia. Nahan sakit 9 jam" kata Indira "kamu udah jadi ibu yang hebat buat Azila" kata ibunya Indira terus ngelus kepalanya Indira.
KAMU SEDANG MEMBACA
Azila dan Bunda
ComédieCuma ada 1 malaikat dihidup aku, namanya bunda ~Azila Putri Azalea