Tidak Berguna

160 17 3
                                    

"Aku bangga sama kamu"
Kalimat itu, tak pernah kau dengar sekalipun. Karena, memang tak ada yang bisa dibanggakan darimu.

Kau tak bisa apa-apa
Tak ada hobi khusus yang kau suka
Tak ada harapan untuk bercita-cita
Tak ada impian yang ingin kau raih segera. Sebab, kau terlalu takut melangkah

Kau iri dengan mereka yang bisa membanggakan orangtua. Tetapi, kau takut menjadi mereka yang gagal ditampar realita. Kau ingin menjadi Sang juara, tetapi takut jika harus merasa kalah. Kau ingin kembali berharap, tetapi kau takut jika hasilnya tak sesuai dengan nyata.

Akhirnya, kau hanya ingin menjadi biasa. Bercita-cita sesederhana mungkin.
Dengan gambaran hidup yang tenang.
Di tempat yang kau idamkan.

Sayangnya, menjadi biasa juga perlu usaha. Tidak melulu hanya dari do'a dan bergantung pada takdir Yang Maha Kuasa. Sebab, ketenangan tidak bisa kau dapat di dunia. Akan selalu ada cobaan dan godaan yang menghampiri manusia.

"Dan kami pasti akan menguji kamu dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa, dan buah-buahan. Dan sampaikanlah kabar gembira kepada orang-orang yang sabar, (yaitu) orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka berkata "innalillahi wa inna ilaihi rajiun" (Sesungguhnya kami milik Allah dan kepada-Nyalah kami kembali). Mereka itulah yang memperoleh ampunan dan rahmat dari Tuhannya, dan mendapat petunjuk"
(QS. Al-Baqarah : 155-157)

Jadi, tidak apa-apa jika harus gagal saat kau sudah berusaha. Tidak apa-apa jika hasilmu tak sesuai dengan proses yang kau lakukan. Tidak apa-apa jika belum ada yang bisa kau banggakan.

Sebab, Allah selalu menghargai setiap proses yang kau lakukan untuk kebaikan. Yang kau lakukan hanya perlu bersabar. Semua orang pasti ada waktunya untuk bahagia. Jika bukan sekarang, maka mungkin di masa depan. Jika bukan di dunia, maka pasti akan di surga-Nya. Insya Allah.

Ahad, 26 Desember 2021
-nr

Aku Tidak Baik-Baik SajaTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang