23. Pergi

15.2K 1.5K 438
                                    

Sajak ku tentang cerita cinta,
Kau datang membawa tinta,
ku kira kisah kita akan berlanjut
Rupanya kau hanya membuang noda pada putihnya kertasku dan berlalu.

*****

Tok tok tok...

"Nana, bunda boleh masuk?" Ketukkan pintu dan suara bunda di balik pintu bikin Jaemin tersentak dan tersadar dari lamunannya.

Buru-buru Jaemin hapus air matanya sebelum ngejawab bunda.

"Masuk aja, bunda."

Setelah dapet izin dari Jaemin, bunda buka pintunya dan masuk ke dalem kamar anak semata wayangnya yang di ikutin sama ayah.

"Nana kenapa, sayang? Kata mbok Sanah, dari pulang kuliah Nana langsung masuk kamar dan gak keluar-keluar. Apa Nana ada masalah? Coba Nana cerita sama bunda." Tanya bunda dengan suaranya yang selalu terdengar lembut.

"Iya, sayang. Kalo ada apa-apa cerita sama ayah dan bunda." Ayah ikut nimpalin.

"Bun," Jaemin natap wajah cantik di depannya dengan perasaan campur aduk.

Tanpa ngelanjutin ucapannya, Jaemin menghambur meluk bundanya erat. Jaemin ngerasa bersalah dan ngerasa gagal jadi anak. Dia anak satu-satunya bunda sama ayahnya. Tapi, dia malah bikin aib buat orang tuanya.

"Kenapa, sayang? Coba cerita ke bunda. Bunda sedih deh, sekarang Nana gak mau lagi cerita sama bunda." Bunda ngusap punggung Jaemin.

Bunda longgarin pelukannya, dahinya mengernyit waktu liat anaknya nangis.

"Nana kenapa? Kok, nangis?" Tanya bunda panik liat Jaemin nangis. Di harusnya air mata yang basahin pipi chubby Jaemin.

"Bun, yah..."

Jaemin gak lanjutin kalimatnya. Sementara bunda nungguin apa yang akan di ucapin sama Jaemin.

"Kenapa, sayang?"

Baru aja Jaemin mau buka mulut, tiba-tiba aja ada yang bergejolak di dalem perutnya yang bikin perutnya kayak di aduk-aduk dan mual. Jaemin turun dari tempat tidur dan buru-buru masuk ke dalem kamar mandi buat ngeluarin isinya perutnya.

Jaemin berusaha ngeluarin isi perutnya, tapi, gak ada yang keluar sama sekali. Dan muntahannya cuman keluar cairan bening doang.

Bunda sama ayah yang ngeliat Jaemin buru-buru lari ke kamar mandi dan muntah-muntah langsung nyusul ke dalem kamar dan bantu mijit tengkuknya.

"Kamu sakit, Nana? Kita ke rumah sakit, yuk?" Bunda sama ayah nuntun Jaemin ke tempat tidurnya lagi. Bunda nanya sekaligus nawarin Jaemin ke rumah sakit. Tapi, Jaemin gelengin kepalanya nolak.

"Bunda, ayah," Jaemin ngeraih tangan bunda sama ayah buat dia genggam.

"Nana minta maaf," Bunda sama ayah ngerutin dahinya keheranan. Kenapa anaknya ini tiba-tiba minta maaf? Padahal, 'kan Jaemin sama sekali gak berbuat salah.

"Minta maaf buat apa, Nana? Perasaan, Nana nggak buat salah ke bunda sama ayah deh. Iya, 'kan yah?" Sahut bunda minta persetujuan dari ayah yang di anggukkin sama ayah.

"Nana minta maaf karena udah gagal jadi anak. Nana udah buat kesalahan besar, Nana udah ngecewain bunda sama ayah."

Bunda sama ayah makin di buat bingung sama ucapan Jaemin. Tapi, ucapan yang di keluar dari mulut Jaemin selanjutnya bikin bunda sama ayah kaget.

"Nana... Ha-mil." Lirih Nana hampir kayak bisikkan. Tapi, masih bisa ayah sama bunda denger.

Bagai tersambar petir di siang bolong. Bunda tersentak dan refleks narik tangannya dari genggaman tangan Jaemin. Jaemin nangis sambil nundukkin kepalanya gak berani natap kedua orang tuanya. Air mata bunda jatuh meleleh dari sudut matanya.

Om Jeno ✔Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang