30 : Surat

3 1 0
                                    

Assalamualaikum
VOTE DULU YA



Karena barang nya ditemukan oleh seseorang lantas ia berniat untuk mengucapkan sesuatu kepada orang yang sudah menemukan nya.

"Gua mau bilang terimakasih sama orang itu tapi gimana caranya?"

"Lo tulis dikertas aja nanti kita kasih ke ustadz yang ngajar disini" ujar Aca. Zahra mengangguk paham.

"Kalo dipondok itu mau ngobrol sama lawan jenis harus pake surat ya?"

"Ga juga sih, tapi biasanya anak santri pada surat-suratan gitu" ujar Aca. "Apalagi yang doi nya satu pesantren" imbuh nya sambil tersenyum miring.

"What? ada yang pacaran Ra?"

"Ada, mereka komunikasi nya lewat surat"

"Kalo ketahuan dimarahin?"

"Pasti, biasanya dikasih hukuman juga"

"Kenapa mereka ga ngobrol langsung kan satu pondok?"

"Karena mereka bukan mahram, saling menjaga aja takut terjadi hal-hal yang tidak diinginkan" ujar Aca menatap Zahra "Salah satu nya zina" imbuh nya

"Itu termasuk zina?" Aca mengangguk

"Gua jadi insecure sama lo, ilmu agama lo jauh sama gua"

"Ga boleh insecure, kalo lo mau belajar insyaallah bisa"

Zina adalah perbuatan yang dibenci oleh Allah. Dalam Islam kita dilarang untuk mendekati zina. Karena zina salah satu perbuatan yang menimbulkan dosa besar. Larangan zina tertuang dalam Q.s al-isra ayat 32.

وَلَا تَقْرَبُوا الزِّنٰىٓ اِنَّهٗ كَانَ فَاحِشَةً ۗوَسَاۤءَ سَبِيْلًا

artinya : Dan janganlah kamu mendekati zina; (zina) itu sungguh suatu perbuatan keji, dan suatu jalan yang buruk.

Jenis-jenis Zina:

1. Zina Al laman yaitu jenis zina yang biasa nya terjadi melalui panca indra. Zina ini dibagi lagi menjadi 4 yaitu :
- zina ain adalah zina yang dilakukan oleh mata.
- zina qalbi adalah zina yang dilakukan oleh hati.
- zina lisan adalah zina yang dilakukan oleh lisan atau ucapan.
- zina tangan adalah zina yang dilakukan oleh tangan.
2. Zina muhsan adalah zina yang dilakukan oleh orang yang "sudah menikah".
3. Zina ghairu muhsan adalah zina yang dilakukan oleh orang yang "belum menikah".

semoga kita terhindar dari zina ya readers ☺️

**

Ini malam terakhir mereka di pondok Abi Aca karena ada urusan lain yang harus dikerjakan di Tangerang oleh Abi Aca.

"Ca ini gua udah tulis" ucap Zahra menyodorkan surat.

"Mau ikut?"

"B-boleh"

Dua orang itu berjalan kesana kemari mencari ustad Riza. Ustadz Riza merupakan salah satu guru di pondok pesantren tersebut dan juga merupakan keponakan Abi Aca. Ia juga tangan kanan Abi Aca dalam mengurus pondok ketika Abi Aca berada di Tangerang.

"Assalamualaikum ustadz" ucap Aca. Ketika sedang berada di pondok menurut nya lebih sopan jika memanggil dengan sebutan ustadz walaupun itu saudara nya sendiri.

"Walaikumsalam ada apa ca?" jawab Ustadz Riza.

"Temen Aca mau titip ini buat santri yang udah mengembalikan tasbih dia kemarin" ujar Aca menyodorkan sebuah surat yang terkemas rapi didalam amplop.

Bukan UntukkuTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang