14 :: Gimana mau tenang?

582 124 13
                                    

A.
Aku nemuin sesuatu yang aneh pagi ini. Aku ngeliat ada pisau kecil di sela sepatu mahal Jaevan. Selanya memang terlihat sengaja di buat untuk menaruh pisau itu. Agak serem sih, tapi pas aku inget-inget lagi. Jaevan jarang pake sepatu itu. Mungkin cuma koleksi dia aja.

Setelah beberapa pertanyaan yang timbul, aku kembali membereskan seisi kamar. Udah hampir satu bulan aku gak beres-beresin barang. Mumpung hari sabtu dan sendiri juga di rumah. Daripada gabut mending aku beresin aja semuanya.

Keanehan kedua, aku menemukan bercak darah di kemeja putih Jaevan. Kemeja ini belum sempat ke laundry karena ketinggalan. Gamungkin Wine karena Jaevan gapernah minum, lebih tepatnya dia gasuka sama alkohol.

Aku kembali overthink.

"Na? kamu ngapain disitu? Lagi ngobrol sama baju kotor?" suara Jaevan membuatku menjimprat kaget dan cepat-cepat mengembalikan bajunya ketempat semula.

"E-engga, aku lagi beres-beres aja. Kamu kenapa balik lagi? Katanya mau ke kantor?"

Jaevan menautkan kedua alisnya menatapku. "Ada yang ketinggalan di kamar, Na." Jaevan langsung masuk kedalam kamar untuk mengambil sesuatu. Aku gatau dia ngambil apaan, paling charger laptop atau berkas pentingnya.

Aku lanjut menyapu lantai, dan ngepel. Agak cape tapi yaudah anggap aja belajar jadi istri yang baik.

"Aku, berangkat lagi ya." Jaevan menghampiriku dan mengecup singkat keningku. Setelah aku mengangguk, dia lantas melenggang pergi.

Agak penasaran apa yang Jaevan ambil. Aku lantas masuk kedalam kamar melihat apa yang tadinya ada sekarang jadi tidak ada. Jaevan ngambil apa ya? yaampun aku kenapa jadi cewek super kepo kayak gini sih? aku masih nyapu lantai dengan mata mengecek sekeliling.

Semua utuh kok, kecuali....

Lemari sepatu itu semi terbuka.

Rasa penasaran semakin menghantuiku, kulihat kedalam lemari dan ternyata.

Pisau di sela sepatu itu hilang.

Lemes. Jadi, Jaevan ngambil pisau itu?

"B-buat apa....?" Lirihku pelan.

B.
"Jadi, Jaevan pulang cuma mau bawa pisau yang ada di sela sepatunya itu?" Nia bertanya padaku sambil mengaduk kopi dingin miliknya.

Sore ini aku memutuskan untuk pergi ke café bersama Nia untuk curhat. "Iya, gua juga nemuin beberapa bercak darah belakangan ini. Gua takut Jaevan sakit, Ni."

"Lu itu tolol apa tolol sih? Kalo darah doang iya deh lu boleh khawatir Jaevan sakit parah kayak di sinetron gitu, tapi kali ini ada senjata tajam yang terlibat. Gua gaberani ngomong macem-macem sih, tapi coba lu selidikin dulu. Gua takutnya dia punya gen psikopat."

Aku terdiam. Logikanya gamungkin anak tunggal terpandang seperti Jaevan itu memiliki darah psikopat. Gamasuk akal aja gitu, kalo emang Jaevan bener psikopat juga pasti aku udah ada di surga sekarang. Gayakin masuk surga sih hehe..

"Jaevan anak orang kaya dan berpengaruh di negara ini. Selain usaha besarnya apa ada pekerjaan sampingan Jaevan sebagai psikopat atau mafia?"

Mataku sedikit membelalak kemudian memukul tangan Nia cukup kasar. "Jangan sembarangan deh, masa iya gua istri dari psikopat atau mafia. Lu pikir ini apaan? Drakor vijenjo?"

"Yakan gada yang tau. Apalagi selama lu tunangan sama Jaevan, baru-baru ini aja kan lu deket dan sering ngobrol sama dia? mungkin banyak hal yang masih Jaevan sembunyiin dari lu."

Aku mengangguk singkat. "Bisa jadi."

"Yaudah sekarang mah positip aja dulu, jangan mikirin hal gajelas. Kecuali Jaevan berperilaku mencurigakan. Nah itu patut buat di selidiki kayak perkara kondom waktu itu."

Mengingatnya aku kembali tertawa. Apalagi pas Nia ketemu sama Jaevan. Kaku banget kayak kanebo kering.

C.
"Gimana hari ini, Jae? ada masalah di kantor?" tanyaku seraya meletakkan sepiring buah-buahan di atas meja.

Jaevan menggeleng dengan senyuman manis. "Aman kok. Oh iya boleh minta tolong gak?" tangannya mengeluarkan sesuatu dari saku celana.

Pisau itu..

"Tolong cuciin. Bekas aku makan apel tadi di mobil sambil nunggu macet."

Aku bengong. Anjir?! Jadi kecurigaan aku dan Nia itu salah? Dia bawa pisau ini buat makan apel di mobil? Ini aku udah gila kayaknya karena overthink terus. Malu sendiri K A M P R E T.

"Kenapa bengong? Gamau? Yaudah aku aja yang cu---"

"Engga! Aku aja!" Aku lantas mengambil alih pisau itu dari Jaevan dan melangkah menghampiri wastafle.

Yatuhan sekarang aku ngerasa bersalah banget sama Jaevan. Kenapa aku terus overthink sih sama dia? padahal Jaevan kayaknya udah percaya banget sama aku. Mau minta maaf tapi bingung gimana cara buat ngejelasinnya. Terlalu konyol.

"Na, aku laper. Mau eksperimen makanan gak?" Jaevan tiba-tiba nyamperin aku. Dia ngusapin perutnya.

Aku menoleh. "Eksperimen gimana?"

"Gatau. Nyampurin makanan random mungkin?"

"Jangan ngadi-ngadi deh, Jae. Gak sekalian lu campurin pake air kencing?"

"Kalo gitu lu yang ngadi-ngadi." Sahut Jaevan kemudian tertawa.

Jaevan membuka pintu kulkas dan lemari makanan. Emang udah nyaris pada abis sih soalnya aku belum ada belanja bulanan lagi. "Besok hari minggu. Mau belanja bulanan sama aku gak, Na?"

"Boleh, tapi emangnya kamu gak ke kantor?"

"Itu nomor sekian, yang pertama itu kamu."

Yaampun Jae. Rasanya meleleh banget ngedenger omongan kayak gitu. Mau teriak tapi takut di kira kesurupan sama tetangga. Kalo kata di wattpad ada kupu-kupu yang berterbangan di dalam perut. Eak.

"Aku ngewattfood deh ya." Jaevan yang nyerah nyari makanan langsung ngeluarin hp dari saku celana. Dia ngelangkah ke ruang tengah dan duduk di seberang tv menyala.

Aku masih ngegosok pisau yang agak lengket ini, galama setelah beres aku hendak menghampiri Jaevan.

Langkahku terhenti dengan mata melebar.

"Jae...!!" Aku berlari menghampiri Jaevan yang kini memegang hidungnya.

Jaevan mimisan lagi.

"Kamu kenapa?!" Aku panik sambil meraih beberapa lembar tisu untuk menahan darahnya. "Jae, ke rumah sakit yuk? Gua takut lu kenapa-napa." Air mataku sudah menggenang.

Gatau panik sama khawatir jadi satu tuh rasanya bener-bener nyiksa.

"Aku gapapa, Na. Aku cuma lagi gampang kedinginan aja." Alasan yang sama Jaevan lontarkan.

Beberapa menit darah itu mengalir, akhirnya berhenti. Bibir Jaevan terlihat sedikit pucat sekarang, dia bersandar di sofa sedangkan aku mengambil vitamin dari dokter Park waktu itu.

Jaevan meminumnya dua pil untuk meningkatkan daya tahan tubuhnya. "Jae, ke rumah sakit aja yuk? Aku khawatir kalo kamu kayak gini terus-terusan." Kataku menatap Jaevan sendu.

Jaevan memegang tanganku erat. "Engga, gausah. Aku beneran gapapa." Senyum manis Jaevan terbentuk di barengi dengan air mataku yang menetes.

Tuhan, tolong berikan jawaban padaku secepat mungkin. Rasanya cape gabisa hidup tenang seperti ini...

(✓) TSUNDARETempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang