Semenjak gue nganterin Arin ke kamarnya malem itu, dia jadi di gap sama temen-temen sekamarnya, terutama dua cewek yang ngaku bestie nya Arin. Si Ivana sama Andrea.
Jujur gue kaga tau kenapa mereka harus musuhin Arin cuma karna hal sepele kayak gitu. Arin selalu berusaha buat bersikap biasa aja depan gue sama Dilan, tapi gue sering mergokin dia ngelamun sendiri.
Sekuat-kuatnya cewek, kalo di serang sama banyak orang apalagi yang titelnya temen pasti ujungnya kepikiran kaga sih?
"Bego lo Marcel."
"Kok lu ngegas sih?"
Mia ngehela napas, dia emang manggil gue buat ketemuan di warung deket posko buat nyeritain apa yang terjadi di kamar dia gara-gara gue. Iya, Mia sekamar sama Arin, Ivana juga Andrea. Ada satu lagi cewek kaga tau siapa, jujur sampe hari ini gue belum hapal semua anak cewek.
"Ivana tuh demen sama lo. Liat lo ngegendong cewek lain ya marah lah dia. Lo juga jadi cowok jangan php bisa kaga si?"
"Hah?"
Kalem, gue kaga ngerti dah serius. PHP apanya gue? Gue bahkan kaga pernah ngerasa ngasih harapan ke siapapun. Dan lagian satu-satunya cewek yang gue perhatiin akhir-akhir ini cuma Arin. Gue nganter Ivana ke puskesmas waktu itu juga supaya dia kaga nyusahin Arin dengan kelayapan mulu.
Terus apanya yang PHP in Ivana dah?
"Gue tau lo sahabatan sama Arin, tapi jangan sampe sahabatan lo itu ngancurin perasaan cewek yang suka ama lo, apalagi mereka temenan."
"Tapi gue kaga ngerasa ngasih harepan ke Ivana, anjir."
"Dahlah, intinya gue kaga mau tau beresin masalah ini. Kasian Arin terus-terusan di gap sama temennya sendiri, kasian Ivana juga yang terus-terusan lo PHP in."
Mia ninggalin gue sendirian buat balik ke posko. Gue masih kaga habis pikir, tepatnya kaga ngerti kok bisa Ivana demen sama gue. Tapi apapun alesannya dia kaga berhak ngegap Arin cuma karna perasaan sepihaknya.
Kalo emang dia suka sama gue, kaga usah ngelibatin Arin jadi korban, makin kaga demen jadinya gue sama itu cewek. Gue udah muak sama drama-drama apalagi yang nyangkut percintaan. Udah cukup gue ngeliat drama yang dibuat bokap.
Baru juga gue mau pergi dari ini warung dan pergi ke rumah wakif tanah yang gue urusin, Ivana lari kecil nyamperin gue sambil berkaca-kaca gitu matanya. Gue kaga tau dia kenapa tapi dia ngadu ke gue kalo Arin ngusir dia dari puskesmas padahal dia mau bantu.
"Dia bilang apa sama lu?"
"Arin bilang gue nggak guna..."
Ntar dulu kok gue kaga asing ya sama ini kata-kata. Gue inget Andrea pernah bilang gini juga ke gue pas ketemu sama dia di deket posyandu yang dia bantuin karna lagi nganter dokter ke sana. Dia bilang kalo Arin ngatain Ivana kaga guna.
Hmm.
"Tapi sebenernya Arin kaga salah-salah amat sih bilang gitu, no offense."
Ivana keliatannya kayak kaget banget sama jawaban gue. Salah kah? gue cuma ngomong apa adanya karna emang dari hari pertama dia cuma beban nama buat divisi kesehatan. Gue kaga pernah liat Ivana beneran kerja di puskesmas buat bantuin apapun.
"Lo kok gitu sih?"
"Lu jangan lupa kalo gue Tata Tertib, gue kaga ngebedain anak-anak divisi manapun. Kalau emang salah ya salah."
"Lo kayak gini karna punya perasaan ke Arin 'kan?"
"Tau apa lu soal perasaan?"
Ivana diem ngeliat gue yang cuma ketawa karna dia kaga bisa jawab lagi pertanyaan gue. Begitu gue beranjak dia nahan tangan gue, dan di situ gue tau kalo sebenernya mereka emang bener kaga tulus temenan sama Arin. Ivana ngejelek-jelekin Arin pake fakta yang gue tau kalo semua itu kaga bener.
Dia bahkan bawa-bawa hal tentang Arin yang buruk banget ngeapresiasi kebaikan orang makanya kaga banyak orang yang mau temenan sama dia di kelas. Ini cewek didiemin lama-lama ngelunjak juga.
"Terus masalah buat lu? Urusan lu sama gue bukan sama Arin, kenapa dia yang harus lu salahin? Lu ngasih makan dia tiap hari? ngebiayain kuliahnya? kaga 'kan."
"Tapi gara-gara dia gue kaga bisa dapetin lo!"
"Lu kayaknya salah naksir orang deh."
"Marcel!"
"Mau gue temenan sama Arin atau kaga, gue kaga akan suka sama lu, dadah."
Gue ngelambain tangan dan ngelanjutin langkah gue buat pergi ke rumah wakif tanah yang gue urusin. Gue tau, sikap gue yang kayak gini mungkin bakal berdampak makin buruk ke Arin. Tapi kalo udah kayak gini, itu jadi masalah gue juga.
Sorenya, sepulang dari rumah wakif gue ngeliat Arin pulang bareng Rio. Kayaknya mereka makin akrab dah, syukurlah kalo emang Arin masih ada temen yang bisa dia ajak ketawa bareng. Walaupun sampe sekarang gue masih kaga ngerti kenapa rasanya gue kaga nyaman banget ngeliat Arin berduaan sama Rio.
Rio manggil gue buat ngajakin pulang bareng karna emang kita semua udah beres proker hari ini. Mereka lagi ngomongin proker utama yang katanya udah hampir rampung. Pantesan semalem Dilan kayaknya sibuk banget sama pembukuan karna emang udah jalan sejauh ini program mereka.
"Lan!"
Gue manggil Dilan buat numbalin dia nemenin gue biar kaga jadi obat nyamuk gini. Kebetulan kayaknya dia juga baru pulang dari lokasi Protama. Timingnya pas banget emang, jadi kita jalan pulang berempatan.
"Kalo mau nanya tentang dia, noh duaan juga tau."
Arin nunjuk Gue, juga Dilan yang lagi ngebuka botol air mineral dia. Katanya Rio lagi merhatiin satu cewek yang katanya kita semua kenal. Ngedenger kayak gitu gue ngerasa lega aja kaga tau dah kenapa, perasaan kaga enak yang tadi juga berangsur-angsur melega gitu.
"Siapa emang?"
"Natusha anak Desain Interior semester emp—Dilan lo kaga papa?!"
Rio keliatan panik banget pas Dilan kesedak air minumnya. Kenapa dah itu makhluk satu. Dilan bilang dia minumnya salah, malah masuk tenggorokan bukan kerongkongan makanya jadi kesedak gitu.
"Santai, lanjut."
Tapi ceritanya kaga lanjut karna udah keburu sampe di posko. Dilan sama Rio udah duluan karna gue nahan tangan Arin buat pergi sebentar ke warung sebelah posko yang tadi siang jadi tempat gue nangisin anak orang.
"Ngapa?"
"Lu kaga papa?"
"Kaga papa, kenapa?"
"Lu kayak lagi nyimpen masalah. Kaga usah sok kuat sendirian cerita sama gue dah."
"Kayak lo tau aja masalah gue."
Arin cuma ketawa doang dan bilang bukan apa-apa, tapi gue tau apa yang terjadi sama dia sekarang karna emang penyebabnya juga gue. Arin ninggalin gue buat duluan masuk ke posko dan ngajakin gue masuk karna emang udah menjelang petang, apalagi malem ini ada evaluasi.
Kok jadi rumit gini sih anjir.
KAMU SEDANG MEMBACA
Trio Ghaib: The Other Side
RomanceOrang ganteng juga punya masalah idup, sial. ------- Another diary of Trio Ghaib. Warn: Timeline dan alur cerita berbeda dengan series originalnya. Sincerelly Love, Lylac.