Epilog

361 13 0
                                    


.o0o.

“Bahkan sampai akhir pun tidak ada keadilan untuk orang-orang seperti kami, benar begitu suamiku?” ucapku yang kini telah terbaring lemah tak berdaya di tempat tidur.

“kita benar-benar kehabisan waktu untuk mencari keadilan, kita sudah cukup tua suamiku” ujarku sambil menahan tangis.

“kau jangan berbicara lagi istriku, kau sedang sakit, jangan khawatirkan apapun karena tuhan pasti membalas semua yang telah mereka lakukan” ujar Baskara dengan menggenggam tangku

“suamiku, terimakasih hingga saat ini pun kau masih terus bersamaku dan menerima kekurangan ku, jika ada kehidupan selanjutnya, bahkan jika kau membenci ku aku akan terus mencintaimu suamiku, sampai kapanpun”

    Ini sudah akhirnya, tetesan air mata terakhirku menutup semua akhir kisah kelam yang telah ku lalui. Aku pergi pada umur 76 tahun tanpa ada keadilan yang pantas untuk orang-orang sepertiku.

Baskara yang melihatpun mengeluarkan air matanya, ini benar-benar akhir.

“Keadilan pasti datang istriku… keadilan pasti datang… aku juga akan terus mencintaimu istriku….”

Akhirnya dengan perasaan sedih Baskara ikut menutup matanya, tanpa melepaskan genggaman tangan pasangan ini pun akhirnya menjemput ajal mereka dengan tangan yang saling bertautan dan berharap bahwa keadilan itu akan datang walaupun mereka sudah tiada.

.o0o.
Tamat
.o0o.

Chapter berikutnya adalah fakta sejarah kejadian apa saja yang dialami oleh eks Jugun ianfu

JUGUN IANFU : Aku Bukan Misaki Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang