Mama Rani

2.4K 151 0
                                    

Dbarrr.....
"Mas,aku minta maaf "ucap mama rani
Mala yang baru saja bangun meliat mamanya sudah tergeletak di bawah dan ada pecahan gelas
"Kamu itu,udh berapa tahun jadi istri aku,masa begini aja ngk tau"
"Iya mas aku salah,maaf"
"Knp mah,mah awas jangan disentuv nanti tangan mama luka"
Mala memegang bahu mamanya,dan menuntunnya bangun
"Pah,biasa ngk sih jangan kasar sama mamah"
"Mal,udh mama yang salah"
"Hah,lebih baik minum kopi di luar aja"pergi papanya

Tiba tiba neneknya datang dan menyindir mamanya
"Kmu tuh jadi istri itu seharusnya kurangin buat suami kamu marah"
"Maaf mah"
"Mah,untuk apa minta maaf,mamah ngk salah lagian papa aja yang dikit emosian"
"Mala,kurang ajar sekali kmu"
"Ya kan fakta,nek mala saranin deh cukup nyalahin mama,dan belain papa"
"Mala"
"Mal,udh syg ayo kita ke kamar nak"
"Terus siapa yg bersihin pecahan kaca itu"
"Biar aku nanti mah"
"Ngk,biar mala yanh bersihin,mamah istrihat aja"
"Makasih ya syg"

#####
Mama rani menuju ke kamar,dan mengistirahatkan diri.
Mengingat kenangan berpuluh tahun kembali

10 tahun yang lalu

"Aku mencintai kmu"
"Serius,kak"
"Iya,maukah kmu menikah denganku"
"Iya"

Saat itu mama rani sangat bahagia menikah dengan pria yang dicintainya yaitu maxime seorang bule,mama rani yang hanya seorang gadis desa tidak tau bahwa pria yang dicintai ini adalah seorang mafia/pembunuh berantai.

Sampai akhirnya,saat putranya berusia 1 tahun,suaminya maxime ditangkap karena kasus pembunuham dan mama rani mengetahui fakta bahwa semua yang ia nikmati sekarang adalah hasil pembunuhan,kecewa marah hancur itu yang dirasakan mama rani,ia memutuskan untuk bercerai dan meninggalkan semua kenangan bersama maxime

"Kmu ceraikan aku"
"Maaf,tapi kesalahan kmu udh fatal,mas aku ngk mau anak aku punya ayah seorang pembunuh"
"Aku minta maaf,tapi tolong jangan tinggalkan aku"
"Maaf mas"

######
Usai bercerai dari maxime,rani begitu hidup sengsara.karena ia sama sekali tidak tau harus kerja apa,akhirnya ia bertemu rara sahabatnya.rara menolong rani dan menyuruhnya untuk tinggal bersama mereka.dan rani bekerja dengan rara mengurus butik.

Rara telah menikah dengan irwan pria yang telah dicintainya sejak sma,dan rani tau irwan seperti apa.irwan adalah idola rani saat sma.dirumah itu rara memiliki mertua yang sangat kuno dan cerewet.

"Aduh ra,kmu itu jangan malas malasan dong,itu piring di dapur ayo dicuci"
"Mah,perut rara sakit jadi"
"Kmu yah,jangan jadi kan kehamilan kmu sebagai alasan untuk malas malasan"
"Buk,biar saya aja yang cuci piring"

Itulah perlakuan buruk dari mertuanya,bahkan ibu mertuanya itu serba tradusional.selalu melarang rara untuk ke dokter.dan selalu menyarankan jamuan.
"Ibuk tuh dulu minum ini,kamu tau ramuan ramuan ini akan buat kmu kuat"
"Daripada ke dokter"
Tapi kondisinya rara jelas berbeda,ia sering mimisan dan pingsan.irwan suaminya juga jarang di rumah karena mengurus pekerjaan di luar kota

#####

Tiba waktunya rara melahirkan,dan mertuanya itu memangil dukun beranak untuk membantu kelahiran rara
"Buk,ngk sebaiknya rara dibawa ke rumah sakit"
"Udh diam aja kmu,saya dulu melahirkan dibantu sama dukun ,ngk harus ke rumah sakit"

Rara akhirnya melahirkan buah hatinya.tapi sayang tubuh rara sangat lemah.
"Ran,ahh aku rasa ngk kuat lagi"
"Rah,kmu jangan banyak gerak dulu"
"Ran,aku titip anak aku,jaga dia anggap kayak anak kmu"
"Ngomong apa sih kmu rah,liat anak kmu dia mirip banget sama kmu"
"Cantik,nak mama akan beri kmu nama mala"
"Mala,nama yang cantik"
Saat rani menengok ke rara,dia meliat sahabatnya telah tertidur lelap
"Ra"tangis rani

#####
Kepergian rara,menjadi pukulan keras untuk irwan tapi tidak mertuanya.bahkan ia mengatakan ini akibat rara terlalu banyak ngeyel padahal....
"Coba aja rara dengarin mama,ngk malas malasan,dan rajin minum ramuan pasti ngk akan terjadi"
"Ra,knp kmu secepat ini ninggalin aku"
"Eakkk" tangis mala yang digendong rani
"Anak itu,ini semua gara gara anak ini"
"Mas,jangan salahkan mala bayi ini ngk salah"
"Ahh"

Baru 5 hari rara meninggal,mertuanya menyuruh irwan untuk menikah lagi
"Wan,kmu itu masih muda ,apalagi kmu itu butuh pewaris,dan bayi kmu itu butuh seorang ibu"
"Mah,aku ngk bisa"
"Ahh,gini aja kmu nikah aja tuh sama rani,dia itu penyayang keliatannya,dan juga anak kmu dekat banget sama dia"
"Tapi mah"
"Udh nurut aja deh"

Pernikahan rani dan irwan diselengarakan ,tapi rani mendapat sindiran dari warga warga
"Kok bisa ya,sahabatnya baru meninggal dia malah menikah dengan suaminya"
"Jangan jangan,emang udh direncanakan nih"
"Wih serem dong,aduh kasihan ya anaknya"

Irwan mendengar semua itu,dan ada rasa negativ dari irwan terhadap rani

Malam pertama
"Aku ingin tanya sama kmu"
"Tanya apa mas"
"Apa kmu penyebab rara meninggal"
"Maksud kmu mas"
"Bisa aja,kmu ingin menikah dengan aku lalu menyingkirkan rara"
"Mas,rara itu sahabat aku,ngk mungkin aku ngelakuin itu ke dia"
"Tapi knp semenjak kmu disini,ini semua bisa terjadi"
"Mas,ini karena"
"Karena apa"
"Knp kmu diam,jadi benar ,dengar aku rani apapun yang udh kmu lakuin ke rara walau ngk ada bukti aku ngk akan maafin kmu"
"Mas aku ngk gitu"
"Dan satu lagi aku ngk akan pernah mencintai kmu karena cuma rara yang aku cintai"

#####

1 tahun pernikahan,rani mendengar kabar bahwa maxime telah dibebaskan karena jaminan.ada rasa takut bahwa maxime akan mengambil andryan dan melakukamn sesuatu kepadanya.akhirnya rani memutuskan menemui maxime

"Ran,itu kmu"
"Berhenti,jangan sentuh aku"
"Ran,aku udh bebas sekarang kita akan mulai hidup yang baru"
"Aku ngk nyangka pembunuh seperti kmu bisa cepat dibebaskan"
"Aku punya teman,dan dia yang bebasin aku"
"Aku ngk peduli,oh ya aku kesini mau ngasih tau kmu,bahwa kmu jangan gangu aku lagi ,karena aku udh menikah dan udh punya anak"
"Apa"
"Kalau kmu ganggu aku,atau nyakitin keluarga aku,maka besok kmu akan liat aku dan anak kmu mati"
"Jadi kmu"
"Itu aja,oh ya aku berharap kmu bisa bertobat"

#####

9 tahun kemudian

"Saya hamil dok"
"Iya"
"Buk,tolong dijaga kandungannya"
"Makasih ya dok"

Malam harinya saat duduk bersama
"Mas,buk ada yang ingin rani bicarakan"
"Bicara aja"
"Aku hamil"
"Ooh"
"Ya udh jaga diri kmu,pastikan bayi itu harus lahir dengan sehat"

Sama halnya dengan rara dulu,rani juga diperlakukan buruk oleh ibu mertuanya bahkan irwan pun tidak peduli.syukurnya ada andryan dan mala.
"Knp sih nenek sejahat itu sama mamah"
"Andi,jangan gitu nak nenek kmu itu baik"
"Andi ngk suka nenek"
"Mah,kak andi benar ,nenek itu jahat banget"
"Syg,sini gimanapun nenek dia nenek kalian,jadi andi dan mala harus sayang sama nenek.

####
Rani melahirkan anak laki laki bernama bima,dan kini bima telah berusia 8 tahun,dan mala 18 tahun,serta andi 20 tahun.

Tapi andi telah berubah banyak,ia bahkan jarang pulang.sedangkan mala dan bima lah yang selalu ada untuk rani.

"Ra,makasih udh lahirkan anak sebaik mala,aku bersyukur bisa jadi ibu dari gadis baik kayak mala"

Mala mendengarkan semuanya
"Mah,mala bersyukur punya mama sambung sebaik mama,dan pastinya mama rara juga tenang disana karena telah mencarikan mama sebaik mama rani"

#####

Ini kisah mala dulu guys 🙃

Impian sahabatTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang