¹⁶ sesuai prediksi 🏳️

160 36 7
                                    

Enggak seperti sebelumnya--fokus ke sesi praktik meja--hari ini Aco memberikan task sesuai kisi-kisi troubleshooting. Geboy dan Randu diberi Honda Beat dengan spesifikasi dan permasalahan yang sama--kondisi enggak menyala. Tugas mereka ada dua: menormalkan motor itu dan memberikan servis berkala 32.000 km. Keduanya diberi waktu 60 menit.

Aba-aba dari salah satu juri memulai pertandingan. Geboy dan Randu segera mengerjakan tugas tanpa saling pandang, bersalaman, atau basa-basi lebih dulu. Dengan gaya dan pemahaman masing-masing, mereka memeriksa kendaraan customer bengkel dengan teliti dan hati-hati.

Fokus, fokus, batin Geboy terus menerus.

Ia sudah berhasil menyalakan motor milik-nya setelah menelusuri berbagai bagian yang bisa menjadi sumber 'kerusakan'. Meski terasa cepat dan sejenak mau bernapas lega, Geboy langsung meralatnya sebab Randu sudah memulai servis lebih dulu, entah sejak kapan. Ia pun tergesa-gesa mengambil tools dan memulai pengecekan. Sayangnya, sang lawan tampak berpindah posisi yang menunjukkan ia sudah satu step di depan.

Geboy yang semula pelan dan santai menikmati tugas itu sontak terlihat kalang kabut. Ia bahkan sempat salah mengambil alat dan berkali-kali meleset dalam menyetel sesuatu. Denting obeng yang jatuh ke lantai enggak terhitung lagi pengulangannya. Aco refleks menggigit bibir ketika melihat itu.

"Slow down, keep calm."

Aco terus mengulang kalimatnya yang hanya bisa didengar diri sendiri. Dua ucapan itu biasanya bisa menenangkan Geboy dari kepanikan. Tapi, enggak untuk sekarang. Ia cuma sanggup bergumam. Aco harus adil dan enggak condong ke salah satu saja.

Keringat dingin Geboy pun berdatangan. Degup jantungnya enggak karuan saat melihat jarum jam yang terasa makin cepat saja. Ia segera menampar diri lalu kembali fokus menyelesaikan keseluruhan servis. Kurang dari lima menit--sebelum waktu habis, Geboy berseru bahwa ia sudah selesai.

Sedikit aneh, Randu dua menit lebih lambat darinya.

"Oke, kalian bisa nunggu dan istirahat dulu," imbau Aco.

Geboy menelan ludah dan mengangguk. Sekilas, ia menoleh ke arah Randu yang tersenyum tipis menatap hasil kerjanya. Ia sungguh terlihat tanpa beban. Chill sekali. Saat mereka enggak sengaja saling pandang pun, Geboy hanya diberi seringai enggak terdefinisi yang agak menyebalkan.

Hanya lima menit dari itu, Komal dan Kira kembali ke bengkel. Gadis yang menenteng dua cup coffee dan satu box martabak manis itu segera mendekati Geboy dan duduk di sampingnya. Randu mendengkus, memutar bola matanya malas, lalu duduk di sofa yang terpisah jauh dari mereka. Ia memandangi lekat-lekat, berharap dirinya yang di sana, sambil memakai dalam hati. Sementara Geboy, sedikit melupakan hasil yang masih abu-abu dengan kopi dingin dan kepulan aroma mentega cair.

"Yah, gue telat, ya? Padahal pengen semangatin lo. Tadi tempat martabaknya antre banget, sih." Kira mengerucutkan bibir.

Sebelum menjawab, Geboy mengusir Komal menggunakan tangannya. Untung, sahabatnya itu cukup peka dan segera menyingkir. Kini mereka hanya berdua dalam satu kursi panjang.

"Sori, ya. Gue sengaja minta Komal ngajak lo keluar," ungkap Geboy jujur. Ia enggak mau membiarkan Kira clueless seperti ini.

"Maksudnya?"

"Ya biar lo gak lihat gue sama Randu tanding tadi."

Kira mengerutkan kening. "Kenapa? Lo malu? Atau gue ada salah?"

Geboy buru-buru menggeleng. "Nggak, kok. Tapi, ada suatu hal yang nggak bisa gue jelasin. Gue bener-bener minta maaf. Maybe next time, lo bisa nonton balapan gue aja. Gimana?"

Asoy Geboy ✔Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang