Apa sih yang lebih nyenengin dari melek malam? segelas kopi dan juga tumpukan layout? Sumpah ya, gak ada yang nyenengin, tapi gua berusaha mensugesti kepala gua biar terus ngerasa seneng.
Bukan kenapa-kenapa. Perkara kalau gua gak ngelarin tugas hari ini, jatah jajan gua sebulan pasti raib. Tau raib, gak Lo? Lenyap! Musnah! Luluh lantah!
Mungkin perkenalan ini bakal telat, tapi telat lebih baik dari gak sama sekali. So, nama gua Anjeli. Orang-orang manggil gua Jeli. Kadang ager. Apa aja deh, sesuka mereka.
Gua hidup dengan seorang ibu paruh baya yang menolak disebut nenek di usianya yang mau enam puluh. Gak penting soal beliau, yang penting adalah gua yang pengangguran dan jadi benalu di hidupnya.
Kenapa gua gak kerja adalah masalah pribadi gua. Bisik-bisik aja, gua anaknya insecure-an parah. Gua paling gak tahan ada di keramaian, gak bisa stres, dan tidur gua harus delapan belas jam baru gua bisa berpikir normal.
Akibatnya ya gua jadi gak bisa fokus dalam satu pekerjaan. Berasa kaya gua gak cocok di dunia kerja yang ramai manusia dan penuh cobaan.
Tapi tenang. Tuhan Yang Maha Adil menciptakan job untuk orang semacam gua. Apa itu?
Tratatatata tcs!
Gua free writer. Penulis bebas yang nulis apa aja buat dapet duit. Bisa ngisi kolom liputan di surat kabar, nulis novel online, atau jadi ghost writer murahan yang rela diutangin tulisan sampai sepuluh bab.
Buat sekarang, kerjaan begitu sih asik aja, sampai gua melihat kalau pekerjaan ini bakal ancur dalam dua tahun ke depan.
Kenapa?
Platform novel mulai tahu bahwa mereka bisa dapet penulis lepas tanpa bayaran. Mereka punya trik mendapat novel tanpa banyak keluar dana.
Wajar, sih. Kan mereka butuh duit juga. Mana banyak yang baca gak mau bayar, kan? Ya harus puter otak juga akhirnya.
"Hoam!" Gua ngucek-ngucek mata yang pegel parah. Mau tahu caranya? Pertama, tutup mata lu, buat tanganlu mengepal, terus lu teken deh mata lu sambil tanganlu digoyang-goyangin. Usahain tutup mata, apa lagi kalau elu bukan atlet debus.
"Hoam lagi!" Padahal gua udah minum kopi item lima gelas, tapi ngantuk banget kaya gak tidur lima hari. Mau diganti rokok, tapi gua gak ngerokok. Emang harus ngopi, kayaknya.
Tidur aja?
Siapa mulut laknat yang nyuruh gua tidur?
Gak bisa, ya adek-adek! Gua harus kejar setoran lima belas ribu kata. Belum lagi commission gambar gua harus kelar subuh ini.
"Bang! Cari kopi, yuk!" Ajak gua ke kucing item kesayangan gua. Enak bener idup tuh kucing. Melungker aja di pojokan udah bisa makan sama boker dengan tenang. "Manja banget jadi kucing, ayo bangun! Idup itu kudu gerak biar bener."
Gua tabok tuh pipi si kucing dan sebelum dia nyakar, gua masukin dia ke dalam tas kucing kesayangan gua.
"Ayo, Bang! Kita berpetualang mencari kopi!"
Lalu gua pun melangkah keluar.
"Brrrrr!"
Udara lagi dingin, apa emang guanya yang masuk angin? Rasanya menggigil bener. Pas gua cek jam, bener aja, udah jam dua pagi, dong. Ini mah waktu sejahtera bagi para jin buat setor saweran.
Tapi gua tetep kudu cari kopi. Ada tuh, sejenis mini market di ujung gang. Kudu banget ke sana, karena jam dua itu waktu yang gak mungkin bagi coffee shop buat buka. Lagian lagak amat gua ke coffee shop? Ngopi dua ribuan aja gua hemat banget belinya.
Gua celinguk kanan, kiri, depan, belakang. Bukan apa-apa. Jam segini serem betul lah kelihatannya. Kaya ada yang ngawasin.
"Meong!"
"Kenapa, Bang? Lu liat sesuatu?"
"Meong!" Dih, ni kucing gak bisa diajak ngomong bener, dah.
"Meong! Meong! Meong!"
Lah, si Abang keluar tas dan lari! "Bang! Mau ke mana? Mini market sebelah kanan! Bang! Tunggu!"
Gua panik banget. Kalau Abang, alias kucing gua lari, dia gak bakal bisa balik ke rumah. Bahaya banget. Gak ada kucing, artinya tikus merajalela, kalau ada tikus gua kudu beli racun tikus. Padahal gua trauma ama racun tikus. Soalnya bentukannya kaya permen gitu, berkilat-kilat dan terlihat nikmat.
"Bang! Mau ke mana?"
Gua lari aja ke sembarang arah, gua bahkan gak tahu kalau di ujung pelarian gua ada jurang yang begitu dalam.
"INNALILAHI! AAAAAAAAAA!"
Seharusnya gua nyebut aja. Ngucap innalilahi malah kaya sebuah doa yang mengiring gua menuju kematian.
BRAK!
Yang gua rasain adalah kepala gua yang nabrak bebatuan. Rasanya nano-nano, yang gua gak tahu apakah kandungan manis, asem, atau asinnya kumplit apa enggak.
Abis itu gua menutup mata. Refleks aja, soalnya kalau pusing, emang enak dipake merem.
Sejam.
Dua jam.
Tiga jam.
Ampe lama banget.
Yang jelas, pas buka mata, gua lihat Abang udah berdiri di dada gua. Lidahnya bahkan jilat-jilatin bekas darah di kepala gua yang entah kenapa gak memunculkan rasa sakit kaya semalem.
"Bang? Kita di mana, sih? Kok bisa ada jurang di deket rumah? Perasaan adanya kali butek, dah."
"Mana gua tahu? Gua aja bingung bisa ada di sini."
Gua mengangguk-angguk menanggapi ucapan Abang, sampai gua sadar ada sesuatu yang aneh dari kucing itu.
"B-bang! Kok lu bisa ngomong?"
Lalu sunyi. Abang menatap mata gua yang bergetar ketakutan.
"Lah iya! Kok gua bisa ngomong? Jel? Kenapa gua bisa ngomong, dah?"
Gua pun bangkit dan menjaga jarak dari Abang. Orang-orang emang bilang kalau kucing item tuh mistis. Sekarang gua tahu kenapa ngejer Abang malah bikin gua berpindah dimensi.
"Pergi gak lu! Gua hajar nih kalau ngedeket!" Gua lempar si Abang pakai batu-batu. Dia ngelak sekali dua kali, sampai lemparan ke sekian bikin dia benjol.
"Eh! Jeli! Dosa lu menganiaya binatang! Lu belum pernah ngerasain gua cakar, ya?" Abang ngancem, dong. Tapi gua gak takut. Jelas banget kalau Abang tuh anomali sejati. Padahal gua gak tahu anomali itu apaan.
"Jel! Stop, gak?" Abang yang murka pun melompat ke wajah gua, dia nyakar-nyakar gua dan bikin gua belingsatan.
"Ampun, Bang! Gak lagi-lagi!"
"Ciaaaat!"
Dan begitulah gua sama Abang yang mencoba untuk beradaptasi satu sama lain. Gua aja, sih. Abang mah cuma perlu adaptasi sama dirinya.
"Kok lu bisa ngomong, sih Bang?" tanya gua sambil bilas bekas cakaran Abang di muka, yang bakal kudu kena terapi laser baru ilang nih bekasnya.
"Tahu, ah Jel. Lagian, dari pada nanya soal gua, kenapa lu gak mempertanyakan tempat kita sekarang?"
Gua teridam. Abang ada benernya juga. Kami saat ini ada di sebuah hutan yang luar biasa aneh. Pemandangan di sini didominasi warna ungu. Pohonnya kaya pohon di iklim sub tropis gitu. Terus, ya, kalau merhatiin lebih jauh, langit di tempat ini tuh kaya cermin yang memantulkan bayangan di tanah yang gua injak. Seakan ada dunia lain di atas sana.
"Ya elah! Ini mah kita nyasar, Bang!"
Abang mendesis kaya ngejek. "Gak usah lu kasih tahu, gua juga udah tahu, Jel. Gua nanya alamat jelasnya."
Baru aja Abang selesai bicara, tiba-tiba ada kumpulan pasukan berkuda yang terlihat mendekat. Gua sampai menunduk biar kaki kuda mereka gak nginjek gua.
Sampai gua sadar kalau mereka mulai berhenti di depan gua.
Seluruh makhluk di atas kuda itu berpakaian perang. Mereka turun dan mendekati gua, juga Abang. Abis itu kita diiket dan di seret ke sebuah tempat antah berantah.
"Adaw! Jangan diseret bisa, gak sih? Lecet ini dua bakpao gua!"
KAMU SEDANG MEMBACA
Ya Elah! Nyasar!!!
FantasyDuh, bingung banget, gua. Niat cari kopi tengah malem, eh malah nyasar. Gua ada di mana, sih?