Dia Si Super Power VS Gua Si Beban Keluarga

1 0 0
                                    

Gua kunyah bakso gua dengan sangat baik. Memastikan tiap sisi bakso lumat gak bersisa, sambil ngeliatin naga yang kibasan sayapnya bikin keringet gua kering.

“Itu apaan, sih?” tanya gua, masih dengan mulut terisi bakso.

“Naga,” jawab Pangeran Cameleon.

“Iya. Aku tahu itu naga, tapi ngapain ke mari?” Eh kok gua jadi santai banget. Berasa lihat selingkuhan dateng aja.

Tiba-tiba naga-naga itu mendarat. Mereka menurunkan para penumpangnya yang membawa beraneka ragam barang yang dikemas dalam sebuah kotak kayu.

Beberapa makhluk berseragam prajurit mengoper semua persediaan pangan itu dan membantu seorang wanita cantik untuk turun.

Si wanita cantik senyum lebar kaya cewek di iklan odol. Dia bahkan berkilau banget cuma dengan bergerak. Curiga sih emaknya dulu ngidam lampu.

“Itu siapa?” tanya gua.

Tiba-tiba Pangeran bergerak mendekati wanita itu dan bukannya menjawab. Dia seperti melupakan gua dan segera memeluk si wanita.

Tahu rasa sakit tapi gak berdarah, gak? Nyeri banget ini yang gua rasa. Gua tahu gua sok jaim kalo berhubungan dengan Pangeran Cameleon, tapi gua juga ternyata gak rela dia meluk-meluk cewek lain.

Pangeran juga kenapa si kudu bertingkah sok akrab gitu? Katanya dia suka ama gua dan mau nikahin. Emang, deh. Semua cowok itu sama. Gede omong aja kalau masalah ati.

Cih. Apa sih yang gua harapkan?

Gua yang bad mood langsung bergerak ke sisi lain kota. Gua duduk di salah satu bangku reot dan nyemilin rayap sebagai lambang kalau gua sakit ati berat.

Eh, eh. Seakan belum cukup, wanita itu menengok ke arah gua, memeluk pangeran dan mencium pipinya. Iya. Pipi pangeran Cameleon yang kaya pahatan pipi patung Pluto.

Wanita itu lalu berjalan tergesa. Dia mendekati gua dengan masih masang senyum lebar. Sementara Pangeran tampak kikuk dan berusaha memisahkan kami.

Plak!

Et dah! Baru aja gua berusaha mau bersikap baik, eh gua ditabok, dong. Merah ini pipi gua sampe berdenyut. Ini emang ada cewek kagak waras, atau guanya emang punya tampang nyebelin sampai ditabok?

“Pulang saja ke negaramu!” jerit wanita itu. “Aku adalah kekasih Cameleon. Aku yang berhak jadi istrinya. Bukan kamu!”

Plot biasa banget. Harusnya gua sadar, orang seganteng Cameleon, walau penyakitan, tapi pasti punya ciwik lah. Dan masa iya bisa suka ama gua yang kaya gulungan sosis solo begitu aja. Cih!

Gua lalu julurin tangan gua. Mencoba biar tetep ramah walau gedeg. “Salam kenal deh, ke-ka-sih-pa-nge-ran. Kenalin, gua beban keluarga, gak lebih dari itu.”

Abis itu gua balik pergi. Gua mending nyabung ayam dari pada patah hati sama cowok kaya Cameleon. Jadi cowok aja udah salah banget, buat dipercaya ucapannya, apa lagi saat dia adalah cowok dari dunia antah berantah ini.

“Aku butuh dia untuk membuatku kembali sehat,” suara Pangeran Cameleon terdengar. “Tolong jangan marah. Aku butuh kamu untuk hidup kerajaan.”

Gua menarik napas pas denger suara samar Pangeran Cameleon. Jadi ini toh alasan kenapa Pangeran berusaha bersikap manis setiap kali ada di deket gua. Jadi dia hanya butuh gua sebagai tolak bala. Tahu aja gua keturunan boneka arwah.

Dah ah! Males banget becanda. Gua butuh udara segar dan sekarang gua harus lebih mikirin, apa kah gua bisa pulang atau gak?

Iya, kan? Gara-gara teralih, gua sampai lupa tujuan utama gua.

Sekarang gua jadi inget tempat di mana Oplah dan Omplah sempet bawa gua. Sebuah tempat yang harus didaki dengan portal menuju dunia gua di atasnya.

Gua pun OTW ke sana sambil berdoa siapa tahu ada ojek lewat. Soalnya jauh banget. Gua berat di betis kalau masalah jalan jauh.

Tiga puluh menit kemudian, pas gua sampe di sisi tebing, gua emang lihat kaya semacam portal bersinar di atas. Kudu banget nih manjat biar bisa ngelewatin portal itu.

Dan soal si Pangeran. Bodo amat dah. Mau dia muntah semen juga gak ngurus guanya.

Masalah sekarang, gimana cara manjat? Ini gua bahenol banget sampe ngangkat badan aja susah. Gua bahkan mulai memaksakan diri dan dua kali jatoh sampe dada gua sesek.

“Semangat, Jel. Kamu bisa! Bukannya lu juga suka diamanati sama emak buat naek genteng bakal benerin Atep? Semangat!”

Dan dengan tekat sekuat kerupuk seblak, gua manjat lagi, menguatkan kaki pada setiap sisi yang mudah dijangkau dan akhirnya menemukan portal.
Bentar. Gua butuh nenangin napas dulu. Engap banget, dah!

Oghey. Next, gua tinggal masuk aja kan? Kagak ada jampi-jampi atau hal yang penting yang harus gua lakuin, kan?

Tapi, baru aja gua melangkah, tiba-tiba seseorang berteriak ...

“Mbak Jeli!”

“MasyaAllah! Apaan tuh?”  Gua nengok dan melihat Oplah dan Omplah udah ada di sisi jurang. Cepet banget buset mereka manjatnya. “Pada ngapain ke mari? Kagak kerja?”

Oplah dan Omplah terlihat panik. Omplah bahkan tergagap sampe kudu ditabok Oplah biar bisa ngomong.

“Perbudakan, Mbak!” jerit Omplah sembari menangis. “Pangeran lagi-lagi mengirim budak ke negara seberang.”

Mak Des! Rasanya dada gua kaya dibogem. Tuh Pangeran emang mukanya aja yang bagus, sifatnya kaya cabe japlak. Ngeselin.

Lekas gua meninggalkan tempat itu. Pelan-pelan tapi, takut aja gua jatoh dan malah benjol mengingat jurang ini sangat curam.

Sempet gua nengok lagi ke arah portal dan melihat sesuatu yang mengusik gua. Sesosok bertudung hitam yang mendekati portal dan membacakan mantra sebelum akhirnya portal hilang.

“Mbak Jeli! Ayo cepat! Kalau kau tak segera menghentikan pangeran, maka keluarga kami akan hilang lagi!” Omplah banjir air mata. Ngenes banget sampe bikin gua pengen ikutan nangis.

Lalu gua sampai di tengah kota. Para Warga duduk terpaksa tanpa suara. Mereka menatap anak mereka yang mulai diikat dan digirinh untuk naik ke atas naga. Sementara Pangeran, Si dongok itu sibuk nyatetin bahan pangan yang jadi timbal balik dari pemberian Budak.

Dengan cepat gua mendekat ke arah pangeran, gua tabok tuh muka ganteng sampe ada bekas merah di pipinya.

“Jel ....”

“Haits! Jangan sebut nama gua pake mulut kotor lu! Sekarang, lepasin para budak!”

“Hey!” Si wanita negeri tetangga tampak marah. Dia hendak membalas tamparan gua pada Pangeran Cameleon, tapi terhalang oleh pria rusak itu. “Dia mungkin calon istrimu, tapi aku punya hak atas semua pertukaran ini.” Si Cewek kelihatan geram. Dia kata gua enggak?

“Lepaskan para warga.” Gua bicara dengan nada yang mencoba sabar. Takut aja kalau gua tabok, ni cewek bakal koma. “Aku berikan apa pun yang kau mau, tapi jangan ambil warga negara ini.”

Si wanita sedikit terperangah sebelum akhirnya tertawa liar. “Kamu tak tahu kalau menukar mereka bisa menyelamatkan kehidupan kerajaan ini? Sungguh berotak udang.”

Bangke ... otak udang kan isinya tahi doang.

“Dengar. Aku bisa saja melepaskan semua warga ini, tapi apa kau yakin bisa membayarnya?”

“Katakan saja apa yang kamu mau. Aku bahkan bersedia memberikan hidupku.” Buset! Ini sih gawat kalau beneran nyawa gua yang buat tukeran. Asal aja ni lidah lemes.

Ya Elah! Nyasar!!!Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang