Tuh ceweknya Si Pangeran menatap gua dan tersenyum. “Menarik,” katanya.
Dih! Menarik? Dia gak tahu gua yang mulai hipertensi gara-gara cobain hari ini gak enak banget.
Tuh cewek lalu berjalan memutari gua. Dia natap gua dari ujung rambut sampai kaki dan bilang, “tinggalkan pangeran untukku.”
“Oh siap, itu!” Gua seneng aja. Lagian pangeran bangke kaya gini ngapa harus dipertahankan?
Gua tatap tuh pangeran. Gua pelajari rautnya yang keruh dan mulai pucat.
Eh tahu-tahu ....
Gedabruk!
Ya elah. Si anak kutil jatuh pingsan lagi. Ya Allah, ni orang sarapannya kangkung apa gimana? Letoy banget semangat idupnya.
Si Pacar Pangeran sontak panik. Dia manggilin para prajurit dan membawa Pangeran ke istana. Dia juga ngintilin tuh sambil bawa naga.
Dan gua ....
Gua di sini aja, deh. Males banget ngurusin dua manusia itu. Kesel aja ama lagaknya. Dari pada ngikutin mereka, enak juga bantuin para budak buat lepasin tali.
Eh, lagi sibuk, ada ujung tombak yang mengarah ke leher gua. Bikin gua makin gedeg dan pasang muka ngamuk.
“Apa lagi, neh?” tanya gua dengan nada tinggi. Bodo amat dah kalo abis ini leher gua ditebas. Eh tapi, kalau kepala gua putus, bukannya jadi gampang nyari kutu, ya?
Tiba-tiba Oplah dan Omplah berdiri sebagai tameng gua. Mereka bahkan mengacungkan pedang dan bersiap menyerang.
“Kalian akan mati kalau sampai ada orang kami yang terluka.”
Baru aja Oplah ngomong gitu, eh prajurit negara lain malah ngetawain. Mereka bahkan mengarunhi pedang mereka dan membuat Oplah dan Omplah jatuh dengan satu dorongan tangan yang ringan.
Kayanya kedua kerdil bawahan gua bakal kena hajar, sampai ada sekelebatan yang mencakar muka para prajurit dan gigit leher mereka sampe ngucurin darah.
Tada ... Abang datang sebagai pahlawan. Emang the best majikan gua satu ini. Jarang dapet bagian di cerita, tapi sekalinya nongol malah jadi pahlawan.
“Grrrrrr!” Abang pasti marah banget. Itu sih yang gua pikir, sampai dia bilang, “orang ini gua liatin dari tadi. Dia yang Maling bakso abis lima mangkok tapi malah gak bantuin kerja.”
Gua narik napas. Emang Abang ini ekstra ordinary cat. Gua tahu dari dulu kalau tingkahnya gak wajar, ternyata otaknya juga gak sinkron sama keadaan.
Tapi gua jadi punya ide. Selagi Abang ngamuk dan nyakarin para orang luar itu, gua nyabut pedang salah satu lawan dan ngacungin ke leher si lawan itu.
“Wanita sial! Apa yang kau lakukan?” Pengawal itu mencoba melepaskan diri sampai Oplah mengacungkan pedangnya tepat di selangkangan si pengawal.
“Udah nikah, belum?” tanya gua dengan suara yang nyebelin banget. “Berani bergerak, masa depan hancur, nih.”
Gua lalu kasih kode ke Omplah buat bebasin para tawanan. Gua masih gak rela ama yang namanya perbudakan, selegal apa pun hal itu di tempat ini.
“Bawa mereka bersembunyi. Gua gak mau sampai ada satu pun yang tertinggal.”
Gemuruh panik terdengar dari arah warga. Mereka buru-buru nyelametin diri sampai gua sadar kalau gua ditinggal.
Pucet? Pasti. Rasanya kaya alian darah gua berhenti dan bikin gua mati suri. Mau teriak minta tungguin, tapi gengsi. Dan kurang ajarnya lagi, Oplah ikutan lari ninggalin gua sendiri.
Suara tawa yang serem terdengar. Pengawal si putri negara lain melirik ke arah gua dan memandang tajam.
“Kau bisa pilih, mati mudah, atau mati dengan sangat menyakitkan?”
Di sini lah kecerdasan gua diuji. Dan di sini lah gua sadar kalau otak tegang gara-gara mikir bakal bikin gua jatuh pingsan.
Hooh. Gua pingsan tanpa menemukan jawaban atau pun bisa melawan. Keberanian yang gua tunjukkan tadi lenyap dan menyisakan rasa dingin di kulit gua.
Bodo amat ah, mau ditebas juga.
___
Pas gua sadar, gua ada di kamar. Leher gua masih utuh si. Syukurnya gitu. Abang juga kayanya keadaannya baik-baik aja. Sisanya cuma sudut menyebalkan yang berisi si Pangeran bernama Cameleon yang mukanya kaku banget kaya dimaskerin tepung terigu.
Dia lalu mendekat ke arah gua dan menjulurkan tangannya ke kening gua.
“Gak usah sok perhatian,” ujar gua sambil nepis tangan itu. “Gua tahu belanglu kaya apa. Lu bersikap seolah jatuh hati sama gua cuma biar gua mau dinikahin, kan?”
Pangeran tersenyum. Manis banget lagi senyumnya.
“Kamu marah?” tanyanya.
“Kimi mirip? Nyinyinyi. Klise banget pertanyaanlu.”
Pangeran lalu rebah di sebelah gua dan menatap gua dengan lembut.
“Kau sangat manis saat marah.”
Ini gua diazab apa gimana, sih? Gua dulu itu terkenal suka mempermainkan hati pria dan sekarang gua malah ngerasa kalau hati gua dipermainkan.
Mana pemainnya manis banget.
Tangan Pangeran Cameleon lalu menarik rambut gua dan menciumnya. Bikin gua sebel aja. Kan ada sih bagian lain yang sangat bisa untuk dicium.
“Dia dan aku sudah lama terikat satu sama lain.” Pangeran Cameleon bicara tanpa melepas tatapnya. “kami harus tetap bersama sementara aku juga berjuang untuk bisa menikahimu.”
Adeh ... buaya emang, ya.
“Dia bisa memberikan bahan pangan dari negaranya yang subur tanpa harus meminta lagi budak, asalkan kami bersama. Dia mengatakan janji itu tadi.”
Gua terdiam. Cameleon memanglah Cameleon. Sosok bunglon dengan berbagai warna kulit untuk berbaur demi bisa melindungi diri. Kali ini gua sadar kalau nama itu begitu cocok buat dia. Seseorang yang selalu penuh intrik agar bisa hidup tenang.
“Pergi.” Gua tanpa ragu mengusir pria itu. Terserah dia Pangeran atau bahkan nabi, gua gak akan menerima sosok yang begitu picik walau mukanya kaya Jaehyun NCT. Bagi gua, terlalu menyakitkan menerima sosok picik itu di hati gua yang pink babi ini.
Dan seperti keinginan gua, Pangeran pergi begitu saja. Dia bahkan gak niat minta maaf gitu. Paling gak ngerayu pake coklat kek. Bikin gua kesel aja.
___
Keesokan harinya, gua lihat para naga dan juga tuannya pulang kembali ke asal mereka. Benar aja, si ciwik slebew itu menuruti ucapannya dengan tak membawa satu manusia pun bersama rombongannya. Sesuatu yang gua syukuri dalam diam.
Oplah dan Omplah juga bilang, mungkin kalau dia jadi dinikahin pangeran, dia yang bakal jadi ratu, mengingat dia punya kuasa. Dih!
Ya udah lah. Toh yang penting gua tahu jalan pulang. Gua tahu gimana cara kembali ke dunia gua tanpa harus mikirin si anak emas bernama Cameleon itu. Mau dia mati juga bodo amat.
Lalu pintu kamar gua diketuk. Oplah dan Omplah terlihat membawa satu lembar gaun indah yang dibuat dari beludru.
“Kami akan merayakan pesta di pusat kota.” Omplah mendekatkan gaun beludru itu dan kayanya mau gua make gaun itu. “Gaun ini adalah gaun yang warga buat semalaman. Bahannya berasal dari bahan yang sangat langka. Warisan leluhur kami yang tak bisa sembarangan kami beri.
Gua terpana. Kok bisa gaun ini sebagus ini diberikan ama gua?
“Lu pada mau gua make gaun ini?”
Ditanya begitu Oplah dan Omlah tersenyum. “Tapi tentu bukan barang gratis, Mbak Jeli. Tuker lah dengan tuak satu galon. Masa pesta gak minum.”
Etdah!
KAMU SEDANG MEMBACA
Ya Elah! Nyasar!!!
FantasyDuh, bingung banget, gua. Niat cari kopi tengah malem, eh malah nyasar. Gua ada di mana, sih?