"Waktu itu gratis, Tapi tak ternilai harganya. Kamu tidak dapat memilikinya, tetapi kamu dapat menggunakannya. Kamu tidak dapat menyimpannya, tetapi kamu dapat menghabiskannya. Sekali kamu kehilangannya, Kamu tidak akan pernah bisa mendapatkannya kembali".
#Harvey Machir
"Hidup tak semudah membalikkan telapak tangan, tetapi dengan telapak tangan kita. Kita dapat mengubah hidup jauh lebih baik lagi."
#Puputmput159
Hari terus terlalu, bulan, bahkan tahun pun sudah berlalu dengan begitu cepat. Sudah setahun aisyah tinggal di pesantren dan selama setahun itu pula keluarga aisyah tidak pernah mencarinya sama sekali. Dan tentang perlombaan waktu itu, pesantren Al Muftar mendapatkan juara dari tiga perlombaan yang ikuti, yaitu juara 1 hafidz Al Qur'an, tablighul islamiyah juara 1, dan lomba antar bahasa juara 2.
Dan selama setahun itu pula pesantren banyak perubahan. Di mulai dari fara masuk ke dalam circle kamar Ibunda Hajar, dan aisyah yang lumayan sudah dapat ilmu banyak di pesantren ini. Gus fatih selama beberapa bulan ini memutuskan untuk membantu pesantren dan perusahaannya sedang di kendalikan oleh orang kepercayaannya. Walaupun begitu, gus fatih tetaplah seorang CEO nya.
Kembali ke kondisi sekarang. Santriawati sedang belajar di kelas dan selama setahun ini aisyah bersahabat dengan masny, fara dan sella.
"Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh"ucap salam gus fathi ketika masuk ke dalam kelas.
"Waalaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh"jawab mereka semua yang ada di kelas.
"Silahkan buka buku kalian, dan jangan lupa mencatat kita akan bahas tentang kitab jurumiyah"ucap gus fathi yang mengajar di kelas aisyah dengan wajah yang datar.
Bab Kalam - الكلام
الكَلَامُ: هُوَ الَّلفْظُ المُرَكَّبُ المُفِيدُ بِالوَضْعِ
Kalam adalah Lafadz yang tersusun yang berfaedah dengan bahasa arabوَأَقْسَامُهُ ثَلَاثَةٌ: اِسْمٌ وَفِعْلٌ وَحَرْفٌ جَاءَ لِمَعْنَى
Kalam terdiri menjadi 3 (tiga) yaitu isim (kata benda), fi’il (kata kerja) dan huruf yang bermaknaفاْلِاسْمُ يُعْرَفُ: بِالْخَفضِ وَالتَّنْوِيْنِ وَدُخُوْلِ اْلَألِفِ وَالَّلَّامِ وَحُرُوْفِ الْخَفْضِ وَهِيَ: مِنْ، وَإِلَى، وَعَنْ، وَعَلَى، وَفِي, وَرُبَّ، وَالْبَاءُ، وَالْكَافُ، وَاللاَمُ، وَحُرُوْفِ القَسَمِ وَهِيَ: الْوَاوُ، وَالْبَاءُ، وَالتَّاءُ
Isim (kata benda) dapat diketahui dengan jar, tanwin, alif lam (al).
Huruf jer adalah
مِنْ (dari), إِلَى(ke), عَنْ (dari), عَلَى(di atas),فِي (di), رُبَّ (jarang), بِ (dengan), كَ (seperti), لِ (untuk) Isim dapat dikenali juga dengan huruf qasam (sumpah) yaitu waw, ba dan ta.وَالْفِعْلُ يُعْرَفُ بِقَدْ، وَالسِّيْنِ، وَسَوْفَ، وَتَاءِ التَّأْنِيْثِ السَّاكِنَةِ
Fi’il (kata kerja) dapat diketahui dengan قَدْ (sungguh/terkadang), سَ (akan) ، سَوْفَ(akan) ، تَاءِ اَلتَّأْنِيثِ اَلسَّاكِنَةِ (ta ta’nits yang mati)وَالْحَرْفُ مَا لَا يَصلُحُ مَعَهُ دَلِيْلُ اْلاِسْمِ وَلاَ دَلِيْلُ الْفِعْلِ
Huruf adalah kata yang tidak ada tanda isim dan fi’il.Kitab Matan Al-Jurumiyah merupakan salah satu kitab yang menjadi rujukan dalam ilmu nahwu dan banyak diajarkan di pesantren dan sekolah agama di Indonesia. Kitab matan al Jurumiyah yang terdiri bab bab yang disertai dengan contoh yang ringkas dan mudah dipahami. Kitab ini dikarang oleh syeikh Ibnu Aajurruumi Muhammad bin Muhammad bin Dawud As-Shanhaji Alfaasiy.....ujar gus fathi yang menjelaskan di depan sambil mencatat di papan tulis
"Fahimtum?"Tanyanya.
"Fahimna"jawab mereka .
"Baik silahkan lanjut mencatat"ujarnya dan segera duduk kembali.
Mereka semua lantas mencatat dan seperti biasa ada yang bertanya dan di jawab langsung oleh gus fathi. 15 menit kemudian mereka selesai, dan gus fathi segera pamit pergi karena akan di lanjutkan pelajaran kedua oleh gus fatih sang adik.
Tidak menunggu waktu lama gus fatih pun masuk kedalam kelas dan mereka semua mendengarkan apa yang gus fathi sampaikan.
#PENGERTIAN NORMA DAN MACAM - MACAM NORMA
🖊️ pengertian norma
Norma sosial adalah kebiasaan umum atau aturan yang menjadi pedoman perilaku dan sudah ada dalam suatu kelompok masyarakat serta memiliki batasan wilayah tertentu. Batas norma sosial adalah perilaku yang pantas bagi suatu kelompok masyarakat, Sehingga juga dapat disebut sebagai kaidah sosial atau peraturan sosial.
macam - macam norma
✿. Norma Agama
Norma yang satu ini menjadi pedoman hidup bagi manusia yang bersumber dari Tuhan Yang Maha Esa. Isi dari norma ini berupa perintah, ajaran, dan larangan. Sanksi dari pelanggaran norma agama berupa dosa dengan balasan di akhirat kelak.
✿. Norma Kesusilaan
Norma yang satu ini bersumber dari hati nurani manusia. Norma kesusilaan mendorong manusia untuk berbuat baik dan menghindari perbuatan buruk. Jika seseorang melanggar norma ini, biasanya mereka akan mendapat sanksi berupa penyesalan, dicemooh, bahkan dikucilkan dari masyarakat.
✿. Norma Kesopanan
Norma kesopanan didasari beberapa hal, seperti kebiasaan, kepantasan, kepatutan yang berlaku di masyarakat. Norma kesopanan berasal dari pergaulan manusia.
Yap, norma ini bersumber dari kebiasaan, adat istiadat, budaya dan nilai-nilai masyarakat. Tata sopan santun tersebut mendorong seseorang untuk berbuat baik, meski terkadang tak berasal dari hati nurani. Tetapi, hanya untuk sekadar menghargai orang lain dalam pergaulan sosial.
✿. Norma Hukum
Norma hukum bersumber dari negara atau pemerintah yang diatur dalam Undang-Undang. Norma hukum memiliki sifat memaksa untuk melindungi kepentingan dalam pergaulan hidup di masyarakat.
Norma hukum juga sebagai pelengkap norma-norma lain dengan sanksi tegas dan nyata. Sanksinya itu tegas, memaksa, dan mengikat, seperti penjara dan denda...ujarnya panjang lebar menjelaskan dan ketika sudah menjelaskan mereka semua lantas mencatat.
Gus Fathi mengajar tentang ilmu nahwu atau ilmu fiqih, sedangkan sang adik gus fatih memang mengajar tentang ilmu sosial (Ips). Setelah mereka semua selesai mencatat, dan seperti biasa yang mereka lakukan setelah selesai mencatat adalah mereka bertanya dan di jawab langsung oleh gus fatih.
"Baik karena pelajaran kedua sudah selesai, mari kita akhiri kelas ini dengan membaca doa penutup"ucap gus fathi.
Mereka membaca doa dan setelah itu gus fathi pun pamit pergi. Ketika gus fatih sudah keluar, mereka yang ada di kelas pun berhamburan untuk keluar juga, karena kelas sudah berakhir. Aisyah dan sahabatnya membereskan buku dan lain sebagainya baru setelah itu mereka berempat lantas keluar.
Oh iya penasaran gak sih sama perusahaan Gus fathi sama adiknya itu berkembang dalam bidang apa? Gus fathi merupakan CEO perusahaan dalam bidang tambang atau sering di sebut pengusaha tambang. Sedangkan sang adik Gus fatih merupakan CEO perusahaan dalam bidang transportasi, yang mana dia menjual dan membuat berbagai macam alat tranportasi seperti mobil, pesawat, kapal pesiar dan lain sebagainya.
Walaupun begitu mereka berdua merupakan anak yang tidak sombong dan selalu rendah hati. Mereka berdua mempunyai rumah di masing masing negara perusahaan, Rumah mereka terbilang megah seitalia dan seamerika untuk usianya yang masih muda. Karena memang mereka berdua sering di sebut dengan sultan amerika dan itali. Walaupun begitu mereka tidak bersaing, mereka tetap rendah hati dan selalu memandang harta itu hanya titipan semata. Karena itulah pondok pesantren Al Muftar gratis tanpa biaya apapun, karena semua biaya dan fasilitas apapun itu sudah di tanggung sendiri keluarga besar Al Muftar.
KAMU SEDANG MEMBACA
Aisyah & Ujiannya[End]
Teen Fiction📌 FOLLOW SEBELUM BACA📌 Ketika hati ingin hijrah, tetapi keluarga malah menentang. Bagaimana rasanya? Perjalanan hijrah yang Aisyah lewati, banyak melalui rintangan dan ujian. Akankah Aisyah mampu untuk melewati ujiannya? Lantas bagaimana kelanjut...