Saat kamu belum bisa memahami dirimu sendiri, berhenti untuk mencoba memahami banyak orang.
Memahami diri sendiri itu sangat sulit. Aku ingin memahami lebih jauh tentang diriku, tapi aku bingung harus mulai dari mana.
Mungkin langka pertama, adalah mencari tau apa saja yang aku sukai.
1. Makanan dan minuman apa yang paling aku sukai?
2. Warna apa yang menjadi favoritku?
3. Lagu apa yang paling sering aku dengarkan?
4. Baju seperti apa yang sering aku kenakan?
5. Saat aku bosan, apa yang selalu aku lakukan?
6. Kenyamanan seperti apa yang aku inginkan?
7. Apa yang ingin aku raih saat ini dan beberapa tahun ke depan?
8. Apa yang ingin aku lakukan kedepannya?
9. Apa yang menjadi hobiku?
10. Suasana seperti apa yang membuatku nyaman?
Sepuluh pertanyaan yang aku ajukan, terdengar sangat mudah. Tapi bisakah aku menjawabnya? Tentu saja! Mungkin aku akan menulis jawabannya di sebuah buku atau kertas, lalu menyimpannya di tempat yang aman. Agar, saat aku mulai kesulitan mengenali diriku atau menjadi diriku sendiri. Aku bisa kembali menjadi diriku sendiri dengan melakukan apa yang aku sukai.
Dan saat orang-orang mulai memprovokasi diriku tentang hal hal yang mereka sukai. Aku memiliki jawaban yang akan membantuku untuk tetap menjadi diriku sendiri.
Tidak semua orang tau apa yang benar-benar mereka sukai. Jadi saat aku bisa melakukannya, bukankah aku sangat keren😎
Tapi, ada satu catatan penting yang ingin aku tulis. Yaitu....
Jika ternyata apa yang aku sukai, adalah hal yang tidak disukai oleh orang-orang di sekitarku, aku harus tetap menyukainya. Karena ini adalah hidupku, apa yang aku sukai dan tidak aku sukai adalah hal bisa aku kendalikan, dan hanya aku yang boleh mengendalikannya. Karena aku tidak bisa mengendalikan apa yang orang lain suka dan tidak suka, aku tak perlu repot-repot melakukannya.
Hidup mereka bukanlah tanggung jawabku. Semua hal yang mereka suka, bukan berarti aku harus menyukainya. Dan semua hal yang tidak mereka suka, bukan berarti aku tidak boleh menyukainya.
KAMU SEDANG MEMBACA
Pelukan untuk Diriku
Non-FictionBanyak orang diluar sana merasa lelah dengan semuanya. Mereka sibuk mencari hal yang bisa membuat mereka bahagia, dan membuat mereka tenang untuk menjalani hari-hari yang ada. Padahal, ada hal yang bisa mereka lakukan, untuk mendapat kebahagiaan dan...