12. bocil kompleks

3 0 0
                                    


Jika dipikiran orang-orang tinggal di area perkompleks-an itu akan damai, tentu saja itu salah besar. Di setiap kompleks pasti ada aja yang selalu bikin keributan apalagi anak tetangga yang kadang ada yang nakalnya bikin sakit kepala.

Miriplah kayak bocah kompleks di tempat Pak Gio dan Rumah Cenrana sekarang. Sebut saja namanya Ayuni dan Ayini, mereka berdua anak kembarnya Pak Santo, umur mereka 10 tahun dan sekarang udah kelas 4.

Kerjaan Ayin dan Ayun kalau pulang sekolah pasti main sepeda keliling kompleks usilin orang-orang yang ada di sana.

Orang tua Ayun dan Ayin dua-duanya pekerja, Papanya dokter bedah tulang sedangkan mamanya pengacara. Makanya keduanya sibuk banget sampe kadang anak kembar itu dititip di tetangga mana aja yang penting bisa jagain Ayun Ayin, kadang juga Ayun dan Ayin ditinggal aja di rumah tapi tetep diawasin sama tetangga.

Ayun dan Ayin punya baby sitter sebenarnya cuman baru-baru ini baby sitter nya mengundurkan diri karena alasan khusus makanya sekarang Ayun dan Ayin balik dititipin lagi ke tetangga sampe orang tua Ayun Ayin dapat baby sitter baru lagi.

Kayak sekarang. Sepulang sekolah, Ayun dan Ayin langsung ke rumah Pak Gio diantar Pak Santo—papanya Ayun Ayin— hari ini si kembar dititipin di rumah Pak Gio dan yang jagain tentu aja si Bian soalnya cuman Bian yang nganggur.

Bian mah seneng-seneng aja soalnya katanya bakal dikasih upah sama Pak Santo.

"Ayun sama Ayin kerja pr dulu ya baru main sama abang." Ayun sama Ayin masih nurut sama Bian soalnya emang udah kebiasaan si kembar buat kerjain Pr dulu sebelum main.

"Ayun sama Ayin mau makan siang apa?" Tanya Bian.

"Gak usah bang, tadi Mama udah siapin bekal kok untuk makan siang, Mama nggak mau repotin tetangga katanya." Bian cuman senyum paksa terus anggukin ucapan Ayin.

"Guys." Ayun sama Ayin nengok ke Bian pas dipanggil.

"Di kompleks kita ada penghuni barukah?" Tanya Bian. Dia bicara tentang Cesa, gadis yang dia temuin tadi pagi.

"Ada bang, cewek kayaknya seumuran kak El deh." Jawab Ayun.

Jangan heran kalau si kembar tau tentang itu, si kembar ini termasuk yang paling cepet dapat info kalau udah soal kompleksnya. Maklumlah, bocahnya penuh rasa penasaran terus friendly abis jadi kalau tetangga butuh info tentang kompleks biasanya tetangga tinggal cari si kembar.

Hebat banget emang anak sekecil itu bisa dapetin info tentang kompleks.

"Tinggal di mana?" Tanya Bian sekarang penasaran.

"Kita belum tau sih bang, rencananya mau kenalan bentar." Kata Ayin tanpa lepas pandangannya dari buku tulisnya.

"Kalau gitu kasih tau abang ya kalau udah tau?" Ayun sama Ayin langsung geleng kepala.

"Harus ada hadiahnya dong kalau mau dapat info." Bian lupa kalau Ayun sama Ayin bukan bocah biasa.

Iya, bukan bocah biasa. Diumur mereka yang masih 10 tahun itu mereka udah tau yang namanya kalau mau sesuatu harus ada imbalannya. Nah, bocil ini selalu minta imbalan atas informasi yang mereka berikan.

"Oke, kalian mau apa?" Tanya Bian akhirnya.

"Di depan kompleks ada toko es krim baru, beliin ya bang." Bian ngangguk sambil senyum.

Untung anaknya gak minta yang mahal-mahal.

"Abang beliin tapi janji kasih tau abang ya?" Ayun sama Ayin akhirnya ngangguk sambil ketawa seneng.

———

Karena udah masuk jam makan siang, Kala rencananya mau ajak Lea buat makan siang bareng sekalian jalan-jalan dikit sebelum masuk jam kerja lagi. Sekalian juga si Kala pengen tanya sesuatu ke Lea.

Tapi rencana itu tentunya gak sat set sat set jadi seperti yang Kala bayangin soalnya sekarang Kala lagi duduk gelisah di kursinya sambil gigitin kuku jari tangannya, gak lupa kakinya juga gak berhenti gerak saking bingungnya dia mau ajak Lea dengan cara apa.

Ini semua gara-gara kentut. Coba aja waktu itu Kala gak kentut depan Lea mungkin aja Kala gak bakal secanggung sekarang.

Walaupun Lea udah memaklumi, tapi ya namanya juga malu apalagi di depan doi loh ini, Kala malunya bukan malu yang biasa lagi tapi malunya ya malu banget.

"Kala!" Kala tersontak kaget pas tiba-tiba ada yang panggil namanya dan Kala lebih kaget lagi pas tau yang panggil namanya adalah Lea.

"Sejak kapan kamu di sini?" Tanya Kala.

"Sejak tadi." Jawab Lea terus ketawa kecil soalnya lucu liat muka panik Kala.

"Eh? Serius?"

"Iya. Kamu dari tadi dipanggilin gak nyaut-nyaut, pikirin apa sih? Kayaknya cemas banget sampe gigitin kuku gitu."

"Ah, cuman mikirin tugas magang kok." Jawab Kala bohong.

"Kalau gitu mau makan siang bareng gak? Sekalian ngobrol." Ajak Lea bikin Kala mendelik kaget.

Perasaan tadi dia yang mau ngajak Lea buat makan bareng duluan deh kenapa jadi Lea yang ngajakin dia. Tapi bagus sih, tapi kenapa? Kala terdiam sekarang lagi sibuk putar otaknya.

"Kenapa diam? Gak mau kah?" Tanya Lea akhirnya dan Kala langsung ngangguk semangat.

"Ayok ayok!" Kala langsung berdiri dari duduknya, dia ambil jaketnya yang tergantung di punggung kursi terus langkahin kakinya buat samain dirinya sama Lea.

Lea senyum terus jalan lebih dulu sementara Kala ikutin Lea disamping Lea.

Mereka gak makan di tempat jauh kok, seperti biasa, kafe langganan mereka yang ada di depan perusahaan.

Setelah pesan makanan, mereka langsung cari tempat duduk yang kosong dan khusus buat dua orang. Posisi mereka sekarang duduk hadap-hadapan dengan meja bundar di tengah sebagai penghalang mereka berdua.

"Jadi, kamu diapain sama tugas magang sampe secemas itu?" Pembahasan Lea bikin Kala makin bingung jawabnya gimana soalnya tadi cuman jawaban bohongnya. Kala gak nyangka Lea bakal bahas itu sesampainya mereka di kafe.

Apa Kala jujur aja ya?

Jangan dong, mau malu lagi?

"Gak papa kok, aku udah dapat jawabannya, gak usah khawatirin tugas magang aku." Jawab Kala terus ketawa canggung.

"Loh? Aku gak khawatirin tugas magang kamu," Kala rasanya mau menyublim aja denger itu.

"Aku khawatirin kamu." Dan seketika mata Kala kembali mendelik sebab ucapan terakhir Lea.

Dari mau menyublim jadi meleyot.

"Kamu loh sampe gigitin kuku jari gini, kalau kuku kamu rusak gimana?" Jantung Kala makin gak karuan detaknya pas Lea ambil tangan Kala terus diperhatiin setiap kuku Kala yang tadi Kala gigitin itu.

"Ah ini hahaha gak papa kok udah biasa." Kata Kala sumpah canggung banget.

"Udah biasa?! Jangan kebiasaan, gak bagus ih jorok, biarpun kukumu keliatan bersih tapi tetep aja ada kuman didalamnya." Kala cuman senyum aja diomelin Lea.

"Kok malah senyum?" Tanya Lea masih dengan muka marahnya.

"Kamu lucu banget soalnya." Kata Kala diakhiri ketawa kecilnya.

"Apanya yang lucu, aku lagi marah loh ini?"

"Iya, kamu marah tapi lucu."

Lea udah gak bisa sembunyiin lagi rona merah dipipinya karena jujur wajahnya memanas karena malu sekarang.

"ATAS NAMA MBAK AZALEA."

Lea buru-buru berdiri pas denger namanya dipanggil staffnya, timing yang pas buat sembunyiin muka salah tingkahnya.

Tapi biarpun begitu, Kala anaknya pekaan jadi gerak gerik sekecil apapun yang Lea lakuin Kala bakal tau itu, Kala tau kalau Lea sekarang salah tingkah karena ucapannya tadi.

Diam-diam Kala cekikikan lagi, bahkan kala udah lupa situasinya tadi yang cemas cuman karena bingung mau ajak makan Lea kayak gimana.
.
.
.
.
.
.
To Be Continue.

Rumah Cenrana Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang