Komplek cenrana ini punya satu kegiatan lagi yang wajib warga ikutin, yaitu kerja bakti tiap hari minggu.Kegiatannya ada bersihin selokan komplek, sapu jalanan, cabut rumput liar, tebang pohon atau gunting bunga yang mati, sampai menanam pohon baru pun ada.
Semua itu dilakukan dengan kerja sama antar warga. Biasanya para lelaki yang kerja bakti sedangkan para wanita masak bersama buat makan satu komplek setelah selesai kerja bakti.
Anak-anak juga ikut serta dalam kegiatan ini, biasanya anak-anak disuruh buat pungut sampah yang berserakan.
Pagi ini, di hari minggu.
Seperti biasa, para warga komplek udah siap dengan baju santainya, mereka bahkan udah hafal sama tugas mereka masing-masing.
Oh iya, sudah seminggu sejak Pak Gio sama Kala sakit di hari yang sama. Untungnya mereka sembuh dengan cepat jadinya bisa ikut kerja bakti di hari minggu yang cerah seperti sekarang.
Bedanya cuman si Kala masih ada flunya tapi udah lebih baik dari pas awal dia sakit. Paling tinggal batuk sama ingus melernya.
Karena penghuni kontrakan terbilang bukan warga komplek tapi masih warga komplek jadi biasanya penghuni kontrakan cuman join anak kecil buat pungut sampah.
Seperti sekarang, Kala sibuk ngintilin Ayin yang lagi pungut sampah yang ada di bawah pos ronda.
Ayin yang masuk ke bawah pos rondanya sedangkan Kala yang pegang karung sampahnya biar Ayin bisa langsung masukin sampahnya disitu.
"Ikut masuk kali bang ke sini, masa cuman aku aja yang pungut sampah?" Kata Ayin gak terima dia kerja sendiri.
"Abang mana muat masuk ke dalam sana." Balas Kala yang ada benarnya juga.
Sebenarnya bawah pos ronda gak kecil-kecil amat. Seperti yang Ayin minta, Kala sebenarnya bisa aja masuk ke dalam kolong pos ronda terus bantuin Ayin angkat sampah tapi karena Kala orangnya sangat amat skeptis jadi dia milih buat tetep berdiri sambil terima sampah yang Ayin kasih.
Ayin liatnya cuman kasih mata julidnya ke Kala terus kembali masuk ke kolong pos ronda.
"Dasar bocah." Kata batin Kala ngatain.
Beda sama Kala yang ngintilin Ayin.
Rean malah ngintilin Ayun yang lagi angkat sampah juga tapi di tempat lain.
Lebih tepatnya Ayun bersihin sampah yang ada di dekat gazebo tempat Livi selalu nongkrong.
Di gazebo itu juga ternyata ada Saka yang lagi bersihin debu di gazebonya pake kemoceng.
"Kenapa sampe di kemocengin sih?" Tanya Rean ke Saka, dia heran aja padahal itu cuman gazebo kecil tapi kayaknya kebersihannya nomor satu deh.
"Ya biar bersihlah masa biar kotor." Ya gak salah sih jawaban Saka tuh, tapi kenapa Rean emosi ya dengernya.
"Karena tempat favorit lo sama Livi ya? Makanya harus bersih terus." Tebak Rean terus ambil duduk di gazebo itu karena jujur Rean capek ngintilin Ayun angkat sampah.
"Salah satu alasannya juga sih." Jawab Saka sambil masih kemocengin gazebo, sekarang Saka bersihin bagian atapnya yang emang rendah itu.
"Ka, lo punya pacar ya?" Rean gabut banget sampe mutusin buat nanyain Saka pertanyaan itu.
Lumayan jugalah ya sekalian kumpul info sebelum makin deketin Livi.
"Tau darimana lo? Lo kenal Isa?" Tanya Saka curiga.
"Gak lah, gue cuman nebak."
"Oh, kirain lo kenal Isa terus suka sama cewek gue."
"SUUDZON BANGET LU ANJIR!" Kesel Rean akhirnya.
KAMU SEDANG MEMBACA
Rumah Cenrana
RandomIkuti kisah tiga orang pemuda buat luluhin hati pak Gio si pemilik Rumah Cenrana tempat mereka berlindung sekarang biar bisa dapetin anak gadis Pak Gio. apakah anak desa itu bisa taklukkin hati pak Gio dan dapetin restu?