Chapter 12: How much is your love

13.2K 480 120
                                    


Apa aku mengalami banyak cedera? Kenapa rasanya sakit seperti ini?

"Umh..." Tanpa sengaja aku menutup mulutku rapat-rapat dan rasa sakit menjalar ke seluruh perutku. Rasanya, sakit ini bahkan sampai ke ususku.

Perlahan aku membuka mataku dengan susah payah dan melihat langit-langit putih yang terlihat cukup familiar.

Kenapa begitu familiar? Sepertinya hal seperti ini pernah terjadi sebelumnya. Sial, aku terbangun lagi di rumah Phi Johan.

Aku mencoba untuk bangun.

"Pelan-pelan." Aku menoleh untuk melihat suara itu. Ada seorang wanita yang tampak baik hati. Dia mengulurkan tangannya untuk membantu menenangkanku.

Beberapa saat kemudian, aku berpindah ke posisi duduk bersandar pada kepala tempat tidur. Memang benar lukanya sangat sakit, tapi aku bisa menahannya. Ketika aku melihat sekeliling, aku melihat bahwa tidak ada orang lain di ruangan itu...

"Tuan baru saja pergi."

"Tuan?"

"Tuan Johan."

"Oh..." Aku mengangguk mengerti. Phi Johan juga ada di sana sebelumnya. "Dan, eh...anda?"

"Bibi Da, akulah yang merawat tuan muda dan pengurus rumah tangga di sini. Bagaimana keadaanmu?"

"Apa lukamu sakit sekali?" tanya Bibi Da padaku dengan ekspresi sedikit khawatir.

"Aku baik-baik saja."

"Bagus. Kau sudah diperiksa dokter dan gejalanya tidak terlalu serius. Hati-hati saja dengan lukanya, oleskan obatnya dan minum sesuai waktu sendiri agar sembuh."

"Terima kasih," kataku, "dan Bibi Da... Apa anda yang merawatku?"

"Ya, sejak tadi malam, tapi Tuan muda yang menjagamu sebelumnya."

"Oh, begitu."

Phi Johan juga menjagaku...

Apa yang dia katakan tadi malam: "Apa yang kubilang padamu? Sudah kubilang jangan bekerja di sini." Itu membuatku mengerti bahwa dia sudah tahu jika aku bekerja diam-diam. Dia tahu aku berbohong padanya, tapi dia tidak peduli, dan dia datang untuk membantuku... seperti terakhir kali. Kali ini juga.

"Kenapa dia begitu baik padaku?"

"Nong, Bibi belum pernah melihat Tuan muda semarah ini sebelumnya."

"..."

"Tuan benar-benar menakutkan. Meski biasanya dia sedikit marah dan kesal, aku belum pernah melihat kemarahan seperti ini sebelumnya."

"Dan Phi Johan... Apa yang dia katakan?"

"Tuan tidak mengatakan apa pun. Tapi raut wajahnya menunjukkan bahwa dia sama sekali tidak baik. Seolah-olah dia khawatir dan marah, tapi tanpa mengetahui perasaan mana yang utama, lalu Tuan meninggalkan ruangan ini, meskipun dia berada di sini hampir sepanjang malam."

"Khawatir?" Aku mengulangi kata-kata orang lain dengan bingung. "Ya... itu, dia mungkin tidak ingin melihatku sekarang."

"..."

"Bibi berpikir mungkin..."

"Dia sangat marah sehingga dia tidak ingin melihatku. Tapi dia sangat khawatir sehingga dia juga tidak ingin meninggalkanku."

"Ya."

Sekarang aku merasa sangat bersalah karena dia sangat mengkhawatirkanku, tapi aku berbohong padanya dan menyebabkan masalah baginya juga. Jika aku tidak datang untuk bekerja tadi malam, mungkin ini tidak akan terjadi.

[END] NORTH : HOW MUCH IS YOUR LOVETempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang