Bab 14-2 : Ringkasan kehidupan pria bahagia

12 2 0
                                    



Sangat lelah karena belajar hari ini. Anak-anak di departemen perlahan-lahan berlari ke area kegiatan untuk melanjutkan persiapan stan penjualan. Sebenarnya, aku ingin menelepon untuk mencari P'Faifah dan menanyakan keberadaannya, karena aku ingat bahwa ibunya harus pulang hari ini, jadi aku khawatir tidak dapat bersiap tepat waktu untuk mengantarnya.

Namun sebelum aku bisa mewujudkan pikiranku, mataku menangkap sosok tinggi yang tengah antusias mewarnai dan membuat tanda di stan kecil kami.

"Kamu tidak ke mana-mana?" Aku tidak menunggu lama dan menghampirinya sambil mengajukan pertanyaan itu tanpa takut dianggap agresif.

"Tidak, aku akan tinggal dan membuat tanda."

Dia tetap menundukkan kepalanya, tidak terpikir untuk mengangkat mukanya dan menatap satu sama lain bahkan untuk sesaat pun.

"Aku bertemu P'Yotha di sore hari. Aku melihat dia mengatakan dia harus pergi ke bandara sepulang kuliah."

"Ah, tapi aku tidak mau pergi." Aku perlahan menekuk lututku dan duduk hingga wajah kami sejajar.

Karena aku tidak ingin dia bersedih lalu duduk dan menggerutu kemudian bahwa jika dia memutuskan untuk memilih pilihan lain hari itu, itu akan lebih baik. Itu akan menimbulkan pertanyaan yang tidak ada habisnya, antara tetap bekerja di stan atau pergi mengantar ibumu ke bandara, yang tidak terlalu menyakitkan.

"Kamu tidak tahu kapan akan bertemu ibumu lagi. Mungkin sebulan atau setahun dari sekarang. Saat itu kamu akan tenggelam dalam perasaan itu lagi."

"Lalu apa?"

"Jangan paksakan diri untuk menderita lagi."

Tangan yang memegang sikat terhenti, dan bersamaan dengan itu terdengar desahan lelah.

"Jadi, bisakah kamu ikut denganku?"

"Ya."

Aku menjawab ya dengan suara tegas. P'Faifah menepis semua alasan yang dilontarkan dan segera menuju ke bandara. Sepertinya pesawat akan lepas landas pukul 9, tetapi kami harus tiba lebih dulu. Lalu, mengapa harus melewati kemacetan lalu lintas yang tidak berujung?

Tentunya jika itu sebuah film, sutradara dan penulis skenario akan menggoda karakter utama yang mungkin tidak dapat hadir tepat waktu.

Saat memasuki area penumpang, P'Faifah memanggil saudaranya. Entah siapa orangnya, tapi tidam lama kemudian telepon pun dijawab. Dia hanya mengucapkan 2 atau 3 kalimat sebelum menarik tanganku dan berjalan perlahan ke area check-in. Di sana aku melihat semua orang yang aku kenal dengan jelas termasuk ibunya, P'Newton, P'Yotha dan P'Gun. Dan sekarang P'Faifah berjalan sampai ujung namun tidak lupa menyeretku.

"Tidak bisakah aku tidak pergi?"

Kakinya berhenti dan aku membuka mulut untuk berbicara langsung kepada senior itu.

"Kenapa?"

"Karena ini urusan keluargamu. Bagiku, aku ingin kamu bersama ibumu, katakan padanya apa yang kamu rasakan, jadilah dirimu sendiri dengan cara yang tidak harus dipaksakan." Setidaknya hari ini, sebelum kalian tidak akan bertemu satu sama lain untuk waktu yang lama. "Dan aku akan tunggu di sini, aku tidak akan pergi kemana pun."

"Jika aku kembali, kamu harus tinggal di sini."

"Ya."

"Jangan menghilang. Jika aku menangis, kamu harus memberiku bahumu untuk bersandar." Aku tertawa keras dan mengangguk untuk mengiyakan.

P'Faifah tersenyum sebelum berbalik dan pergi. Aku hanya bisa berdoa agar dia cepat pulih.

Aku tidak tahu siapa yang mengatakan apa satu sama lain, dan lebih lagi, aku tidak ingin memberikan perhatian seperti aku melakukan pada banyak hal.

[END] PF10L - FWTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang