Oh, Sakura ada di sini?"
Maejo menjentikkan jarinya ke arah Sehwa, wajahnya bengkak karena aksi terakhirnya. Ia tidak memanggil Sehwa untuk memeriksanya. Sehwa tahu tentang hal itu, tapi ia tidak bisa memikirkan tempat lain untuk berpartisipasi selain di tempatnya duduk. Ia mengasihani dirinya sendiri karena ia bahkan tidak dapat menemukan tempat untuk melakukan menghangatkan diri di depan perapian. Tapi, dia tidak bisa mengingat saat-saat dalam hidupnya ketika dia tidak melakukannya.
"Kenapa kamu bergerak begitu lambat seperti bajingan yang belum makan dalam sehari."
Sehwa dengan hati-hati menyingkir, mengabaikan kata-kata Maejo. Tidak mungkin untuk mengetahui apakah air yang tergenang di tanah itu adalah air hujan atau air mayat yang membusuk. Tentu saja, dia tidak akan bisa menghindari kakinya basah meskipun dia berjalan dengan hati-hati. Tanah di bawah gudang lusuh itu tidak rata dan dihiasi genangan air yang tidak diketahui asalnya.
"Ugh..."
Benar saja, air kotor itu akhirnya memercik sampai ke pergelangan kakinya. Beberapa orang yang sedang minum dan menghangatkan tangan mereka di perapian menertawakan Sehwa. Seolah-olah mereka tidak mengerti mengapa ia terus berusaha menghindari air kotor itu padahal hanya ada perbedaan antara yang lebih dalam dan yang tidak terlalu dalam.
Entah mereka tertawa atau tidak, Sehwa kembali berjalan dengan hati-hati. Itu adalah sifatnya. Bahkan jika dia tahu itu tidak akan berhasil, dia tidak akan terburu-buru, dan dia akan terus mencari sisi baru meskipun dia tahu dia tidak bisa mengubahnya. Sederhananya, dia memiliki ketabahan, tetapi dia tidak bisa memahami subjeknya.
Kebanyakan orang di sini melihat Sehwa dari sudut pandang yang terakhir. Bukankah itu yang dimaksud dengan kehidupan di luar sana? Bagaimanapun, air di tanah adalah air limbah. Tidak peduli seberapa keras kau mencoba, air itu tidak akan secara ajaib berubah menjadi air suci atau sampanye.
Tetap saja, Sehwa menegakkan punggungnya. Anak tombak itu berjalan memutar, dan sambil mendengarkan kata-kata di belakang, dia membuat postur tubuh yang lurus dan menggoda langkahnya dengan lembut.
Tentu saja, Sehwa tidak berbeda dengan mereka yang mengejeknya. Dia tidak percaya pada Tuhan, tetapi dia percaya pada uang. Dia hidup dengan berbohong dengan lidah dan wajahnya, menjual apa saja yang bisa dia jual. Bahkan kemarin, saat menusuk lengan bawah pelanggan dengan jarum, dia mencuri sejumlah uang beberapa kali lipat dari jumlah yang dijanjikan. Sehwa jauh lebih terampil dalam jenis pekerjaan ini daripada menggertak atau menipu dalam perjudian.
Dia tidak ingin berpura-pura menyendiri dalam hal seperti itu. Namun, mereka mengatakan bahwa tidak semua sampah itu sama. Dia pikir itu tidak masuk akal. Bahkan jika itu adalah kotoran yang sama, ada perbedaan besar antara sisa makanan dan mayat yang membusuk. Paling tidak, dia ingin menjadi sampah yang bisa didaur ulang. Jadi Sehwa bekerja keras untuk tidak merendahkan dirinya sendiri. Dia tidak berjalan-jalan sambil memercikkan air dan meludahkan dahak ke mana-mana. Kadang-kadang dia membayar denda atas nama pekerja yang sakit, dan dia rela menggunakan uangnya ketika dia melihat anak-anak yang kelaparan.
Tindakan tidak masuk akal itulah yang membuat Sehwa tetap hidup sampai hari ini.
Kemunafikan di tengah jalan ini membuat Sehwa hidup sebagai manusia, bukan sebagai sampah di luar masyarakat.
"Tapi, kenapa wajahmu selalu seperti itu setiap kali aku melihatmu?"
Tangan kasar dengan sidik jari yang setengah terhapus dengan ceroboh meraih wajah Sehwa.
"Kenapa bajingan yang tidak punya apa-apa selain meja terus berkeliaran seperti ini? Kau akan kehabisan pelanggan."
"Aku sudah membayarmu dengan baik, jadi itu bukan urusanmu."